Toolkit Motor yang Harus Dipunya Kalo Bapak Hobi Bongkar-Bongkar Motor di Rumah

Bacaan 4 menit

Punya hobi yang bisa dilakuin kalo lagi senggang emang perlu banget Pak biar ada variasi kegiatan yang bisa dilakuin selain pulang pergi ngantor. Kali aja dari hobi bisa diseriusin dan akhirnya ada penghasilan dari situ. Salah satu hobi yang mungkin Bapak suka adalah bongkar pasang motor. Tapi sebelum nekunin hobi ini, ada baiknya buat nyiapin apa aja toolkit motor yang dibutuhin buat bongkar-bongkar motor nanti.

Kunci T

toolkit-motor-kunci-T

Kunci T atau orang sering juga bilang shock T handle ini cukup penting untuk memudahkan bongkar baut-baut yang ada di motor. Kunci T yang cukup sering digunakan adalah T8 dan T10. Kegunaannya dari mulai mengendurkan dan mengencangkan baut, cover CVT dan lain sebagainya. Harganya juga bervariasi Pak, tapi kalau Bapak beli yang sekitaran Rp26.000,- juga udah lumayan bagus dan nyaman buat dipake.

Kunci L

toolkit-motor-kunci-L

Gak jauh beda dari kunci T, secara fungsi kunci L ini juga gunanya buat mengendorkan dan mengencangkan baut. Baut yang dikencengin atau dikendorin ini bentuk kepalanya bulat, tapi punya lubang bentuk segi enam atau juga kepala bintang. Nah, kunci L ini bisa bantu buat ngopreknya. Harganya sendiri bervariasi Pak, tapi kalo Bapak beli di harga Rp135.000,- juga udah bagus dan udah lengkap satu set biasanya.

Pasti Bapak butuh juga: Rekomendasi Merek OEM Sparepart Sepeda Motor

Obeng

toolkit-motor-obeng

Seperti yang kita tau, obeng jadi salah satu perkakas yang penting banget, jadi harus siap sedia di rumah karena kegunaannya yang banyak. Apalagi buat toolkit motor yang ngebantu banget buat bongkar pasang kendaraan. Tapi buat milih obeng yang udah satu set, perlu juga kita tau apa aja kegunaan dari masing-masing jenis obeng yang ada di dalemnya biar tau kita mau pake yang mana. Buat satu set obeng harganya bermacem-macem, buat toolkit motor sendiri harga obeng Rp206.000,- udah cukup bagus.

Kunci Shock

toolkit-motor-kunci-shock

Toolkit motor yang gak boleh ketinggalan dan harus selalu siap sedia ada di kotak pandora adalah kunci shock ini. Fungsinya sendiri buat masang dan ngelepasin mur atau baut yang ada di motor, kayak baut yang ada di roda, shockbreaker, dan cover mesin. Kelebihan kunci shock ini adalah Bapak jadi lebih leluasa pas pake dibanding alat lainnya. Buat kunci shock yang bagus di harga Rp273.000,- udah mantep banget ini.

Kunci Ring Pas

toolkit-motor-kunci-ring-pas

Kalau diperhatiin, kunci ring sama kunci pas udah kayak adik kakak yang letaknya sebrangan cuma beda sisi doang. Kunci ring yang bentuknya lingkaran mirip heksagonal, dan kunci pas yang bentuknya huruf U atau lingkaran yang rahangnya kebuka. Fungsinya sendiri hampir mirip, tapi kunci ring punya cengkraman yang lebih kuat dibanding kunci pas. Buat harganya sendiri satu set kunci ring pas ini udah dapet yang bagus di Rp350.000,-, Pak.

Baca mumpung lewat Pak: 8 Rekomendasi Merk Sparepart Motor Terbaik Selain OEM

Tang

toolkit-motor-tang

Bapak pasti tau dong tang ini juga sering dipake buat keperluan perbaikan di rumah. Dari kegunaannya sendiri buat toolkit motor, tang ini bisa untuk memegang, memotong, menjepit, melepas, dan memasang komponen yang perlu ditambahnkan pada motor. Untuk satu set tang, Bapak perlu ngeluarin Rp185.000,- tapi tergantung merk dan kualitasnya ya Pak, makin nyaman dipake makin mahal juga harganya.

Impact Driver atau Obeng Ketok

  toolkit-motor-obeng-ketok-impact-driver

Obeng ketok ini punya teknik penggunaan yang sering disebut impact driver. Makanya sering banget disebut obeng ketok atau impact driver. Fungsinya sendiri buat ngelonggarin baut dan mur yang ukurannya lebih gede dan kaku, makanya tekniknya sendiri harus diketok-ketok biar bisa keluar bautnya. Sopan santun nomor satu Pak soalnya ketok-ketok dulu. Harganya sendiri mulai dari di Rp101.000,- udah dapet yang smooth suara ketrokannya, lumayan bagus ini.

Hammer 1,5 Lbs

toolkit-motor-hammer-palu

Sebenernya ada banyak jenis palu dan kegunaannya. Buat toolkit motor sendiri, hammer atau palu yang digunakan tentu yang khusus buat perakitan atau perbaikan mesin motor. Yang paling penting adalah handling hammer-nya enak dan nyaman digunakan. Kalo buat hammer banyak banget merk yang jual, Bapak bisa beli di harga Rp58.000,- buat dapetin hammer atau palu yang bagus.

Ratchet Wrench 1/2 inch

toolkit-motor-ratchet-wrench

Sama kayak kunci lainnya Pak, kunci ratchet ini fungsinya buat menyesuaikan mur atau baut di kendaraan. Tapi, kunci ini gak direkomendasiin buat dipake di baut yang masih rapet atau baut yang masih kepisah. Soalnya, kunci ratchet ini sebenernya dipake buat mempercepat proses pengencangan atau pengenduran baut aja. Kunci ratchet yang bagus, pertama pas dipegang gagangnya enak dan nyaman, udah gitu full besi dengan grip yang ngebungkus bagian bawah besinya, dan bunyi yang dihasilin juga smooth. Harga Rp160.000,- biasanya udah dapet yang bagus, Pak.

Digital multitester

toolkit-motor-digital-multitester

Salah satu toolkit motor yang penting juga nih. Digital multitester adalah alat ukur yang dipake buat ngukur besaran kayak tegangan, arus, dan hambatan di rangkaian listrik. Toolkit motor ini cocok buat pemula kayak Bapak yang baru mau ngulik soal motor, akurasinya tinggi dan kegunaannya banyak banget. Harganya Rp86.000 udah bisa Bapak ulik-ulik sendiri ini.

Penting juga Pak: Bagian Mesin Motor yang Wajib Dicek Saat Musim Hujan

Jack Stan 3 Ton

toolkit-motor-jack-stan

Biasanya dipake buat bongkar ban motor bagian depan. Kalau biasanya Bapak suka liat orang bongkar ban depan motor diganjel pake batu atau kayu, jack stan ini bisa bantu buat bongkar roda depan motor tersebut. Harganya Rp249.000,- udah bisa dibawa pulang Pak.

Tracker universal

toolkit-motor-tracker-universal

Alat ini biasanya dipake buat penahan pas Bapak mau bongkar mangkok belakang motor kalo Bapak main cvtan. Spesial tool ini kalo karatan juga gak masalah, gak akan ngurangi kegunaannya. Di harga Rp83.000,- juga Bapak udah bisa dapet ini alat.

Jangka Sorong Digital 8 inch

toolkit-motor-jangka-sorong-digital

Jangka sorong jaman sekarang udah banyak yang pake digital, tapi buat pemula mending pake jangka sorong manual buat belajar. Karena jangka sorong ini lumayan sensitif, buat naronya juga kudu apik jangan sampe disalahgunakan buat kegunaan lain apalagi kalau disimpen sembarangan, bisa-bisa keakurasiannya berkurang. Harganya sendiri di Rp458.000,- Pak, bisa lebih mahal kalau Bapak beli yang lebih bagus lagi kualitasnya.

Sebelum nekunin hobi bongkar pasang motor ini, mending kumpulin duitnya dulu aja Pak atau bisa nyicil buat toolkit motornya. Bisa dimulai dari yang multifungsi dulu biar kepake buat ngebenerin yang lain.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 4 menit
Dilihat :
183

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait