Bagian Mesin Motor yang Wajib Dicek Saat Musim Hujan

Bacaan 4 menit

Orang-orang yang mobilitas sehari-harinya pake motor, pasti paham banget kalau lagi musim hujan harus ekstra hati-hati soal perawatan motor. Soalnya di musim hujan pengguna motor kadang harus menerjang badai sampe banjir yang bikin motor kemungkinan besar bagian-bagian mesinnya kemasukkan air. Buat jaga-jaga biar motor tetep prima di musim hujan, bagian-bagian mesin motor ini wajib dicek.

Keadaan busi motor

bagian-mesin-motor-busi

Sebelum menggunakan motor, coba cek udah ketutup belum sambungan antar kabel koil dan cop busi dengan sealer. Biasanya perlu karet biar bisa nutup sela, jadi air bisa dicegah masuk ke antara koil dan cop busi, makanya perlu diperhatikan kerapatan cop businya. Posisi busi dan cangklong busi yang rendah juga bisa bikin rawan terendam air atau genangan saat hujan. Busi harus dilapisi pelindung juga, seenggaknya pelindung ini bisa meminimalisir air masuk ke area pengapian. Terus gimana kalau udah kemasukkan air? Nah, kalo udah kemasukan air, bisa semprot pake pelumas atau cairan khusus ke kepala busi agar airnya bisa cepat kering. Kalo bingung cari cairan pengering dimana, bisa buka busi lebih dulu terus keringin pakai kain kering, baru dah bisa pasang lagi businya kalau udah kering. Tapi tunggu beberapa saat dulu ya kalau motor mau digunakan kembali.

Kali aja Bapak butuh: 8 Rekomendasi Merk Sparepart Motor Terbaik Selain OEM

Kondisi lampu pada motor

bagian-mesin-motor-lampu

Saat hujan pastikan lampu motor selalu dalam kondisi menyala buat mencegah terjadinya kecelakaan. Tapi tetap hati-hati juga, soalnya lampu saat menembus hujan lebat bisa berembun. Biasanya karena seal pada lampu tidak rapat dan mika headlight-nya sudah retak atau pecah. Kalo headlamp berembun, nanti tinggal semprot angin buat dihilangkan embunnya lalu seal-nya dirapatkan lagi. Perlu diperhatikan juga, lampu pada motor tuh bermacam-macam, ada yang pakai LED dan ada yang pakai bohlam konvensional. Lalu bagusan mana?  Perbedaan lampu LED dan bohlam konvensional pada motor bisa diperhatikan dari warnanya. Biasanya rata-rata LED bawaan pabrik lampu yang digunakan berwarna putih, bukan kuning seperti bohlam konvensional. Saat kena media udara seperti hujan atau kabut, lampu ini gak akan maksimal karena sebagian justru mantul ke arah pengendara sendiri. Lampu berwarna putih emang lebih modern tapi saat hujan deras sifatnya bakal jadi seperti cermin. Tapi lampu LED yang spesifikasinya 3.000 sampe 6.500 Kelvin harusnya masih aman menembus hujan karena temperatur cahaya lampu yang dimiliki punya karakter warna putih atau kekuningan. Kalo LED yang gak tembus hujan biasanya punya karakter warna putih kebiruan.

Perhatikan knalpot

bagian-mesin-motor-knalpot

Walopun motor jaman sekarang sudah pakai knalpot yang bagus dan gak bakal keropos kalo kerendam banjir atau hujan, tapi gak ada salahnya buat jaga-jaga knalpot kemasukkan air bisa dengan cara menghidupkan motor, lalu angkat ban depan dengan ngeposisiin sepeda motor tegak atau berdiri biar air keluar dengan sendirinya. Ciri knalpot yang bocor umumnya bakal bikin suara jadi aneh, cempreng kayak suara Bapak kalau nyanyi. Biasanya gara-gara keropos atau berlubang juga, makanya penting buat rajin bersihin motor kalau abis kena hujan, soalnya kalau knalpot kemasukkan air, mesin jadi rusak dan bisa bikin water hammer atau kondisi air masuk ke dalam ruang bakar. Terus motor juga jadi sulit dinyalakan, bisa jadi air sudah membasahi busi. Yang ditakutkan juga oli bakal bercampur air, kalo debit air yang masuk cukup banyak. Nah, buat ngeceknya bisa liat dipstick oli mesin dan cek warna oli yang ada di dalem mesinnya. Biasanya kalo udah kecampur bakal berubah warna jadi kecoklatan, kalau udah berubah warna gini mending ganti oli langsung.

Sikat mumpung lewat: Rekomendasi Merek OEM Sparepart Sepeda Motor

Bagian tutup oli

bagian-mesin-motor-tutup-oli

Tutup oli yang gak kepasang dengan baik bisa bikin air hujan masuk ke sela-sela dan bercampur sama oli yang ada di mesin. Perlu juga buat perhatikan kondisi karet seal (O ring) di tutup oli, kalo udah menipis mending langsung buru-buru ganti. Soalnya karet seal ini yang bisa jaga kebocoran pelumas, jaga kotoran dan material lain masuk ke sistem, serta kasih batasan cairan supaya tidak tercampur.

Lihat kondisi filter

bagian-mesin-motor-filter

Pas musim hujan, baiknya kita cek apakah bagian filter motor khususnya box filter ada baut yang hilang, slek, atau bolong. Soalnya box filter yang kurang rapat bisa bikin air jadi gampang masuk, apalagi filter ini gak boleh kena air sama sekali karena sifatnya yang gampang hancur dan terhisap ke mesin. Kalau udah terhisap mesin, motor bakal jadi mogok di tengah jalan, repot Pak. Nah, filter sendiri fungsinya buat menyuplai udara bersih dari luar supaya masuk ke ruang pembakaran sekaligus masuk ke part yang ada di depan mesin. Perlu perhatiin bener-bener nih, apalagi yang sering nerjang banjir. Buat cegah motor mogok gara-gara air masuk ke bagian filter ini, bisa langsung periksa apakah saringan udara yang ada di motor basah atau tidak, kalau iya mending langsung buru-buru ganti. Kalo motor udah kemasukkan air di filter busa dan nyampur sama udara yang kesedot, suara motor jadi gak enak didenger. Makanya sebelum air masuk ke karburator dan terbawa ke ruang bakar, mending bersihin dulu air yang ada di dalem filter. Kalo filternya terbuat dari kertas, udah pasti harus langsung ganti soalnya udah gak bisa dibersihin lagi karena udah rusak. Kalo filternya terbuat dari busa terus kena air, tinggal semprot kompresor atau jemur di bawah sinar matahari. Tapi kalo motor jadi brebet dan mogok, mending bawa aja ke bengkel buat diambil tindakan.

Penting sebelum beli motor: Rekomendasi Motor yang Bisa Bapak Pilih Berdasarkan Ukuran CC yang Dibutuhkan

Mending repot buat jaga-jaga kerusakan di mesin motor daripada di tengah jalan mesin malah ngadat. Apalagi kalau musim hujan, harus lebih ekstra lagi buat ngerawat motor, Pak.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 4 menit
Dilihat :
85

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait