Jenis Sparepart yang Cepet Laku Dijual buat Bapak yang Mau Buka Usaha Bengkel Motor

Bacaan 2 menit

Usaha bengkel mah emang gak pernah sepi Pak, apalagi kalo kemampuan Bapak dalam ngoprek motor udah jempol banget. Kalo udah ada modalnya gak usah dientar-entar, eh tapi Bapak juga perlu tau soal hal-hal kecil kayak sparepart-sparepart mana aja yang cepet laku dijual kalo Bapak nanti beneran buka usaha bengkel ini.

Laker atau bearing

sparepart-motor-bengkel-bearing-laker-laher

Laker biasa dikenal juga dengan bearing adalah bantalan yang fungsinya buat bikin gerakan sistem rotating. Bisa bikin motor jadi seimbang juga nih. Nah, tiap laker atau laher ada jenisnya juga, biasanya dibedain sama penomorannya. Nomor laker yang paling banyak dicari adalah 6201, 6301, 6203, sama 6004. Buat laker dengan nomor varian 6201 biasa digunakan buat roda depan Honda matic dan bebek, Beat, Vario, Scoopy, Kharisma, Supra 125, Revo FI, Revo ABS, Supra 125 FI, dan lain sebagainya. Buat nomor varian 6301 biasa dipake buat motor CBR 150R, Spacy Karbu & FI, Scoopy eSP K16, Vario 110 Karbu, Vario 110 eSP, dan lain-lain. Sedangkan nomor varian 6203 biasa dipake motor New CBR 150R K45G, GL MAX, Kharisma, Legenda, Mega Pro, Revo, Supra Fit, Tiger, dan lainnya. Untuk varian nomor 6004 biasa digunakan untuk motor ADV 160 dan PCX 160 K1Z.

Kali aja Bapak butuh: Rekomendasi Merek OEM Sparepart Sepeda Motor

Bohlam

sparepart-motor-bengkel-bohlam

Bohlam pada motor juga jadi salah satu yang paling banyak dicari. Di perjalanan pasti banyak banget faktor yang bikin lampu bohlam motor rusak atau pecah, padahal fungsinya sendiri sangat penting apalagi buat yang sering motor-motoran pas malem. Buat ukurannya sendiri ada ukuran 25W, 18W,  dan 32W, tapi yang paling laku dan banyak dicari adalah lampu bohlam ukuran 25W.

Kampas rem depan

sparepart-motor-bengkel-kampas-rem

Kampas rem ini jadi salah satu yang paling laku, soalnya pasti Bapak juga ngerasain sendiri kalo kampas rem emang rentan banget rusak apalagi kalau sering dipake jarak jauh. Kampas rem depan ini juga banyak varian dan jenisnya, beda motor beda juga jenis yang dipake. Udah gitu bentuk kampas rem di motor matic sama motor bebek beda, kalo motor matic kampas remnya lebih gede ketimbang motor matic. Jadi perlu sediain dua jenis ini juga ya, Pak.

Sekalian nih Pak: 8 Rekomendasi Merk Sparepart Motor Terbaik Selain OEM

Macam-macam variasi

sparepart-motor-bengkel-varian-sparepart

Walaupun ada beberapa sparepart yang lebih banyak terjual atau lebih sering dicari, bukan berarti Bapak gak nyetok variasi sparepart lain. Macam-macam variasi yang lain juga perlu disediain, jadi buat jaga-jaga juga kalo dibutuhin sama customer.

Mumpung lewat Pak: Toolkit Motor yang Harus Dipunya Kalo Bapak Hobi Bongkar-Bongkar Motor di Rumah

Paling penting kalo buka usaha mah konsistennya Pak sama sabar dibanyakin. Tapi kudu belajar lebih banyak juga buat hal-hal kecil kayak gini biar cepet berkembangnya.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
108

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait