Warisan Terbaik yang Bisa Orang Tua Kasih buat Anaknya

Bacaan 2 menit

Namanya juga orang tua, pasti bakal ngasih yang terbaik buat anaknya, begitu juga warisan yang nanti bakal di warisin. Kalo ngitung berapa materi yang cukup buat dikasih ke anak nanti sebagai warisan dan mikir harus kerja berapa lama biar target tercapai, kayaknya masing-masing orang punya target yang beda-beda. Tapi warisan pan bukan cuman soal materi doangan, beberapa hal ini juga perlu diwarisin ke anak.

Kemandirian

Warisan Terbaik yang Bisa Orang Tua Kasih buat Anaknya

Sebagai orang yang hidup lebih lama dari anak-anak kita, pasti Warga paham bener gimana kerasnya kehidupan kalo kita kagak bisa hidup mandiri. Kunci dari kemandirian di anak sebenernya cuman kepercayaan yang dikasih sama orang tuanya. Coba mulai biarin anak ngelakuin hal-hal sederhana kayak buang air di toilet sendiri, pake baju pilihannya sendiri, atau ajak anak buat bersih-bersih rumah, nantinya hal-hal tadi bakal otomatis dilakuin tanpa harus disuruh-suruh lagi.

Biar makin deket sama anak: Kamus Slang Gen Alpha biar Kalo Ngobrol sama Anak Nyambung

Kemampuan pemecahan masalah

Warisan Terbaik yang Bisa Orang Tua Kasih buat Anaknya

Kebiasaan yang harus orang tua terapin biar anak bisa punya kemampuan menyelesaikan masalahnya sendiri adalah dengan ngajak anak diskusi. Diskusi ini kagak sekali dua kali doang dilakuin, tapi kudu bener-bener sering. Isi diskusinya sendiri bisa dimulai dari kenapa masalah yang ada dihadepannya terjadi, apa yang harus dilakuin kalo nemu masalah kayak gitu lagi, gimana sikapnya ngadepin masalah tersebut, dan lain sebagainya. Diskusinya yang ringan-ringan aja, intinya biar anak mau berpikir lebih keras dan terbiasa dengan penyelesaian masalah yang bakal diadepin ke depannya.

Rasa tanggung jawab

Warisan Terbaik yang Bisa Orang Tua Kasih buat Anaknya

Cara terbaik buat ngajarin anak bertanggung jawab adalah dengan kasih contoh yang bener. Hal-hal sederhana di rumah kayak naro remot TV di tempatnya sehabis dipake, beresin mainan yang udah gak dimainin lagi, atau cuci piring sehabis makan juga jadi salah satu cara paling efektif. Kalo anak udah punya rasa tanggung jawab yang tinggi, orang tua juga jadi kagak khawatir buat ngelepasnya di kehidupan serba kejem ini.

Bisa dicoba juga: Gimana Cara yang Tepat buat Ngajarin Anak Bilingual Tanpa Khawatir Speech Delay

Berani dan percaya diri sama tantangan baru

Warisan Terbaik yang Bisa Orang Tua Kasih buat Anaknya

Salah satu warisan yang paling penting juga nih biar anak kagak menya-menye di lingkungan dia berada. Karena hidup adalah soal menghadapi berbagai tantangan, rasa percaya diri dan berani buat ngadepin tantangan tersebut juga perlu dilatih sama orang tua. Kayak ngajarin anak biar bisa ngendarain sepeda, orang tua bisa sebagai pelindung dan pemberi support sampe anak bisa jalan dengan sendirinya.

Ilmu bunglon alias beradaptasi

Warisan Terbaik yang Bisa Orang Tua Kasih buat Anaknya

Yang kagak boleh keliwat salah satunya ya ini, ilmu buat cepet beradaptasi. Emang kagak semua anak bakal suka di tengah banyak orang, apalagi cepet berbaur di lingkungan baru. Tapi sebagai orang tua kita perlu kasih pemahaman kalo dimana pun kita berada, beradaptasi sama lingkungan tuh perlu. Kasih tau juga kalo kagak semua hal di lingkungannya perlu diserep dan diikutin, ambil baiknya buang yang buruknya.

Gak ada yang lebih berharga dibanding ilmu kehidupan yang orang tua kasih ditiap waktu bareng anaknya. Yang kayak begini justru jadi bekel paling awet buat anak-anak kita nanti biar aman ngejalanin hidupnya.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
232

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait