Gimana Cara yang Tepat buat Ngajarin Anak Bilingual Tanpa Khawatir Speech Delay

Bacaan 3 menit

Banyak sekali orang tua yang sekarang nerapin bilingual atau komunikasi dua bahasa khususnya Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris pas anak masih kecil. Tapi gak sedikit juga orang tua yang ngerasa khawatir kalo ngajarin anak bilingual dari kecil bakal bikin anak jadi speech delay. Padahal kalo dari berbagai penelitian yang ada, ngajarin anak buat komunikasi pake dua bahasa gini justru punya banyak manfaat, bahkan bisa dibilang belom ada hal negatifnya sama sekali. Soalnya di usia anak yang masih sangat muda, sel-sel otaknya masih terus berkembang jadi bikin anak mudah nyerap banyak hal-hal baru terutama bahasa yang diajarin sehari-hari. Makanya penting juga buat ngajarin bilingual sesuai jenjang usianya nih.

Mumpung lewat sekalian juga baca Metode Edukasi Anak Kekinian yang Bisa Jadi Inspirasi Parenting Bapak

Buat anak usia 3-6 tahun

Gimana Cara yang Tepat buat Ngajarin Anak Bilingual Tanpa Khawatir Speech Delay

Anak usia 3-6 tahun biasanya jenjang pendidikannya masih di PAUD atau TK. Jadi kebutuhan bilingualnya juga harus sesuai sama kemampuan anak di usia tersebut. Coba aja kasih tau anak berbagai macam kosakata dalam bahasa Inggris lebih dulu, bisa belajar dari lagu, video, buku atau layar interaktif yang bikin anak tetep happy pas lagi belajar. Tujuannya biar anak bisa kenal sama objek-objek yang ada di sekitarnya dalam bahasa Inggris, begitu juga dengan cara pengucapan dan susunan katanya.

Buat anak usia 7-9 tahun

Gimana Cara yang Tepat buat Ngajarin Anak Bilingual Tanpa Khawatir Speech Delay

Biasannya usia segini anak udah masuk sekolah dasar nih. Kalo udah masuk ke jenjang pendidikan berikutnya, coba buat tambahin lagi pengenalan kosakatanya ke anak. Di usia segini juga anak masih suka hal-hal yang menarik, makanya cara belajarnya juga harus lebih kreatif lagi. Bisa lewat video cerita, nyanyian dan rima, bahkan langsung praktek lewat percakapan-percakapan singkat. Tujuannya biar anak lebih percaya diri lagi sama kosakata yang udah didapet, jadi gak nguap lagi tuh ilmu-ilmu yang udah dikasih ke anak.

Buat anak usia 10-14 tahun

Gimana Cara yang Tepat buat Ngajarin Anak Bilingual Tanpa Khawatir Speech Delay

Beda lagi nih kalo mau ngajarin bilingual pas usia anak 10-14 tahun atau anak-anak yang udah masuk SMP. Biasanya pemahamannya udah lebih luas dan dalem, jadi bisa dilatih dengan percakapan yang lebih kompleks. Tujuannya biar anak jadi paham apaan aja inti percakapan yang lagi diomongin, tau detail spesifiknya soal apa. Nanti kalo anak udah paham sama obrolannya, mereka jadi bisa ikut masuk ke percakapan tersebut. Bisa juga nyelipin kalimat-kalimat yang lebih rumit dalam tata bahasanya biar bisa terus berkembang lagi kemampuannya.

Sayang kalo dilewat 5 Jenis Gaya Parenting dan Efeknya Pada Anak

Buat anak usia 15-18 tahun

Gimana Cara yang Tepat buat Ngajarin Anak Bilingual Tanpa Khawatir Speech Delay

Dari tiap tahap proses belajar bilingual anak dari usia dini sampai usia sekarang, di usia 15-18 tahun inilah yang bakal keliatan banget hasil dari belajarnya. Kalo anak udah bisa ngerti dan paham percakapan yang rumit, bisa nulis berbagai kalimat dengan tata bahasa yang bener, bahkan bisa nyesuain kata atau kalimat apa yang perlu dipake buat ngobrol secara formal atau casual, berarti proses belajarnya udah berhasil. Etapi buat sampe ke keberhasilan ini gak gampang, makanya gak ada salahnya kita sebagai orang tua kasih kursus juga buat anak sesuai jenjang usianya, biar tepat sasaran juga sama kebutuhannya sehari-hari dan buat bekel di masa depan. Nah, salah satu pilihan kursus bahasa Inggris terbaik yang nyediain kelas sesuai jenjang usia anak adalah EF (English First) Kids and Teens. Karena EF ini ada di berbagai penjuru kota di seluruh Indonesia, jadi makin gampang buat dateng ke tempat kursus terdekat dari tempat tinggal.

Anak gak bakal speech delay kok kalo kita sebagai orang tua bisa kontrol dan selalu ingetin anak kapan harus pake bahasa kedua, kapan juga harus pake bahasa utama. Misal, anak udah sering pake bahasa Inggris di sekolah mau itu sama guru atau teman-temannya di sekolah, berarti pas sampe rumah, kita bisa imbangin dengan pake bahasa Indonesia. Begitu juga sebaliknya. Perlu juga buat ajarin anak bahasa apa yang harus dipake pas lagi bersosialisasi di lingkungan anak berada. Jadi, peran orang tua juga penting banget di sini.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 3 menit
Dilihat :
489

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait