Gak Semua Pemberi Jasa Bisa Dikasih Uang Tip

Bacaan 3 menit

Bapak-Bapak yang budiman pasti pernah kalau habis potong rambut, terus bayar sambil ngasih lebihan ke barbernya. Atau abis pulang dari kantor naik ojek online, Bapak kasih tambahan via aplikasi buat si driver-nya. Situasi kaya tadi memang udah lumrah kita temuin dimana pun. Tapi tau kagak Pak, ga semua pemberi jasa itu boleh kita kasih tip? Lessss go kita bahas.

Apa itu uang tip?

Pada dasarnya, tip itu uang yang kita kasih sebagai ucapan terima kasih atas jasa atau pelayanan yang telah diberikan oleh pekerja/pelayan/petugas kepada kita. Praktik ini udah ratusan tahun berjalan di berbagai negara di dunia, bahkan di beberapa negara ada yang mengharuskan memberikan tip di tempat-tempat tertentu seperti restoran di Amerika. Di Indonesia sendiri sebenarnya juga tidak berbeda jauh situsasinya, meskipun tidak sampai ada keharusan untuk memberikan tip. Mulai dari barbershop, rumah makan, sampai tukang parkir dan petugas keamanan komplek pasti udah lumrah kita kasih tip secara suka rela.

Mumpung lewat: Tata Cara Bertamu ke Rumah Tetangga atau Temen Bapak Sampe Dibukain Pintu

Alasan ngasih uang tip

Terus apa sih yang mendorong orang buat ngasih tip?

Sedekah

Alasan ini mungkin yang paling banyak menjadi motif orang kita ngasih tip. Dengan kita ngasih tip, kita juga sekalian mendapat pahala karena udah ngebantu orang secara finansial.

Berharap dapat pelayanan atau perlakuan khusus/spesial di kunjungan berikutnya

Motif yang ini harus diakui agak pamrih, namun pada praktiknya emang banyak yang kaya begini.

Pamer

Di beberapa situasi dan kondisi, ada semacam gengsi untuk beradu ngasih tip. Tujuannya ya untuk aktualisasi diri, dan menunjukan kekuatan finansialnya.

Merasa ga enak

Biasanya di tempat-tempat yang memang secara etika “harus” ngasih tip seperti di barbershop

Panduan kategori yang Bapak kudu perhatiin

Boleh dikasih tip

Pelayan restoran (waitress), barber, supir taksi dan ojek online. Kategori ini aman-aman aja kalo Bapak kasih tip. Sembari Bapak sedekah, pekerja juga senang.

Bisa boleh, bisa juga jangan

Tukang parkir, petugas keamanan komplek rumah. Kategori ini sebenernya tergantung aturan formal yang berlaku di tempat itu. Misalkan di tempat yang ada tulisannya parkir gratis tapi ada tukang parkirnya, sebaiknya jangan dikasih uang tip lagi Pak, karena itu malah bisa jadi pungli. Begitu juga di pusat perbelanjaan, seragam petugasnya tertera tulisan No Tipping. Ada baiknya kita ikutin aturan tersebut.

Jangan dikasih tip

Petugas pelayanan publik semisal polisi, petugas kelurahan, dokter, suster, petugas imigrasi dan bandara, guru, dan pegawai sekolah. Nah ini yang perlu Bapak perhatiin nih, karena ini ga boleh dikasih tip. Salah-salah Bapak malah kena kasus gratifikasi.

Dampak ngasih tip

Secara kasat mata emang ngasih uang tip itu ga ada salahnya. Selain bisa ngebantu pekerja, di lain sisi juga malah bisa berdampak buruk buat orang lain. Langsung deh nih kita bahas Pak.

Dampak positifnya

Ngasih dukungan baik secara finansial maupun moral kepada para pekerja atau petugas. Pekerja jadi tambah semangat bekerja, dan pelayanan jadi makin maksimal.

Dampak negatif

Pekerja atau petugas terkait jadi tebang pilih dalam memberikan pelayanannya. Orang yang kagak ngasih uang tip ada yang dijutekin, bahkan ga dibantuin atau dilayanin. Kasihan pan Pak kalau ada saudara kita yang lagi kekurangan dan ga ngasih tip, malah jadi dapet pelayanan yang kurang maksimal.

Cobain ini juga Mencari Akar Masalah Dengan Metode 5 Whys

Kesimpulan

Mungkin niat Bapak mulia, dengan ngasih tip bisa memberikan tambahan secara materi maupun support secara moral. Tetapi kalau sampai salah kasih, bisa-bisa Bapak malah merugikan orang lain nantinya. Dalam jangka panjang, bukan gak mungkin juga malah jadi budaya pungli dan korup. Jadi, buat Bapak-Bapak yang masih suka selalu ngasih tip dimana pun dan kapan pun, jangan ya Pak ya.

Ditulis oleh:
Rizki Muhammad
Bacaan 3 menit
Dilihat :
75

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait