Kenapa Ide-Ide Cemerlang Muncul Pas Kita Mandi, Sebuah Analisis

Bacaan 2 menit

Pernah kagak sih pak, pas lagi mandi dapet ide-ide yang cemerlang? Ternyata fenomena ini dirasakan oleh banyak orang. Shower Effect adalah fenomena dimana kita dapet ide-ide yang brilian ketika kita lagi mandi. Jadi ini beberapa analisis sayah kenapa ide-ide cemerlang muncul pas kita mandi.

Kegiatan Mandi itu Monoton

Menurut penelitian, ide-ide cemerlang lebih sering muncul pas kita melakukan kegiatan monoton. Kenapa gitu? Kayaknya sih karena kegiatan-kegiatan monoton gak menyita pikiran kita. Otak kita jadi lowong buat ide-ide dan pemikiran kreatif. Pernah saya pas mandi kepikiran bikin vending machine buat nuker uang koin jadi uang kertas. Terlihat simple, tapi menurut saya bakal kepake sih (kayaknya).

Karena Kagak Ada Yang Nuntut Kita Buat Mikir Pas Mandi

Sekarang bapak tau mandi bisa munculin ide-ide kreatif, tapi bukan berarti kita harus ganti kegiatan brainstorming jadi kegiatan mandi. Lagian kalo diniatin justru bikin kita jadi kagak kreatif. Udah kayak bawa PR ke kamar mandi itu mah. Makanya, bebasin aja pak, balik lagi fokus mandi. Ntar juga muncul sendiri itu ide-ide cemerlang.

Ga Ada Barang-Barang Lain Yang Ngerebut Fokus Kita

Biasanya, kalo ngerjain hal monoton, kita gampang banget ke-distract sama apa yang ada di sekitar kita. Biasanya sih hape, nah untungnya pas mandi kagak ada hape. Alhasil, kayak yang udah saya jabarin di poin sebelumnya, kita jadi mikirin hal-hal yang susah. Kaga jarang juga nemu solusinya.

Baca nyang ini juga pak! : Pelajaran Hidup yang Saya Dapat dari Ksatria Baja Hitam

Mandi Bikin Rileks

Monoton belum tentu bikin rileks. Banyak kegiatan monoton yang justru nyebelin. Ngebangun candi, misalnya. Rileks yang dirasain pas mandi itu penting, karena memicu dopamine dalam tubuh. Dopamine ini ngefek buat kreativitas kita.

Mandi bisa nge-trigger Mind-Wandering

Jadi Mind-Wandering ini adalah sebuah kondisi yang ngebuat pikiran kita kemana-mana. Sebelas dua belas sama ngelamun, pak. Ketika mandi kadang kita kagak terlalu fokus macem "ini daki di kaki harus bersih". Ketika Mind-Wandering, kita juga lebih terbuka sama ide-ide baru yang datang secara spontan.

Pantes Dayat gak pernah dapet ide cemerlang, jarang mandi soalnya.

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
195

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait