Kenapa Adik Seharusnya Maksa Ngelakuin Hal Yang Adik Kagak Demen

Bacaan 3 menit

Pernah kagak sih adik merasa kagak suka sama apa yang adik kerjain? Misalkan kerjaan yang sebenernya bukan jobdesc adik atau ketika diajak temen lari, padahal adik demennya rebahan. Ternyata berdasarkan riset, melakukan sesuatu yang kita benci itu ternyata bagus buat otak kita. Ini udah di-support dengan penelitan oleh Pak Andrew Huberman Ph.D, beliau adalah seorang neuroscientist di Standford School of Medicine. Artikel ini akan ngebahasa kenapa adik seharusnya maksa ngelakuin hal yang adik kagak demen?

Benefit-nya banyak banget buat otak adik

Dengan ngelakuin sesuatu yang adik kagak demen, hal ini bisa ningkatin Fleksibilitas Kognitif adik. Ketika adik ngelakuin sesuatu yang adik kagak demen otak adik akan dipaksa untuk beradaptasi, jadinya kognitif adik bakal terasah. Ini adalah salah satu kemampuan otak untuk pindah dari satu task ke task lainnya, dan handle konsep atau topik lebih dari satu. Contohnya, adik lagi bikin e-mail buat urusan kerjaan, terus gak lama team lead adik nelpon dan ngobrolin topik yang berbeda dengan apa yang adik lagi kerjain. Adik jadi harus berhenti dulu bikin e-mailnya, terus beralih fokus dari bikin e-mail ke jawab telpon team lead adik, menyimak dan konsentrasi dengan apa yang bakal diobrolin sama team lead sampai selesai. Begitu selesai, adik harus balik lagi bikin e-mail dan ngelanjutin apa yang tadi adik lagi pikirkan. Fleksibilitas kognitif bikin adik ngelakuin ini dengan lancar.

Melatih Resilience dan kekuatan mental

Melakukan hal-hal yang adik kagak sukai bisa membuat adik jadi lebih resilience dan ngelatih kekuatan dan ketangguhan mental adik. Kalo adik terlatih belajar menahan rasa tidak nyaman dan stres, hal ini bisa meningkatkan regulasi emosi dan manajemen stres dalam jangka panjang. Tapi jangan terlalu berlebihan juga ya, dik. Kalo stres yang adik alami terlalu intens atau berlangsung dalam jangka panjang, hal ini malah membebani sistem respons stres di otak adik, sehingga menimbulkan efek negatif pada fisik dan mental adik. Jadi ketika melakukan hal yang adik kagak sukai, begitu selesai jangan lupa break dulu. Istirahat dulu. Karena emang segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Adik bingung sama arah hidup adik? baca yang ini juga, dik! : Yang harus adik lakukan saat bingung mengenai arah hidup adik.

Neuroplastisitas

Memberikan otak adik tantangan dengan aktivitas yang membuat adik keluar dari zona nyaman dapat meningkatkan neuroplastisitas. Ini adalah kemampuan otak untuk membentuk koneksi saraf baru, hal ini terjadi sebagai akibat dari input lingkungan. Pembentukan saraf baru ini penting untuk pembelajaran, melatih daya ingat, dan melindungi adik dari penurunan kognitif.

Jadi di otak adik, ada yang namanya anterior mid-cingulate cortex (aMCC) yang punya peranan besar buat resilience dan kesehatan fisik adik. Dan bener aja, cara ngelatihnya adalah dengan ngelakuin apa yang adik kagak suka. 

Ngelatih kemampuan problem-solving

Biasanya hal-hal yang adik kagak suka mengharuskan adik berpikir dengan pandangan yang berbeda atau mencoba menyelesaikan masalah menggunakan kreativitas. Kalo adik membiasakan ngerjain hal-hal yang adik kagak demenin bisa ngebantu adik melatih problem-solving dan critical thinking.

Terus gimana caranya biar terbiasa ngelakuin hal yang saya kagak demen, pak?

Dipaksa, dik. Mulai dari hal-hal kecil yang adik kagak suka kerjain, tapi jangan langsung milih aktifitas yang berat buat fisik dan mental yak.

Contohnya kek saya, saya males banget olahraga, tapi saya paksa buat olahraga 15-30 menit sehari. Awalnya kek berat, males, badan sakit-sakitan abis pertama kali olahraga. Tapi begitu udah terbiasa, kalo 2-3 hari kagak olahraga, rasanya kayak ada yang kurang. Sekarang? Olahraga saya jadi lebih variatif dan nyoba banyak latihan yang saya belom pernah lakuin sebelumnya. Badan saya juga jadi lebih segar dan bugar. Fisik dan mental terasa jadi lebih kuat juga.

Untuk catatan adik tetep harus menyeimbangkan ngelakuin hal yang adik kagak sukain dengan self-care. Karena kalo adik terus-terusan maksain ke dalam situasi yang tidak menyenangkan tanpa ada break dan recovery yang cukup, jadinya adik malah kecapean dan cepet burnout. Semoga bermanfaat ya, dik!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 3 menit
Dilihat :
13

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait