Yang Harus Adik Lakukan Saat Bingung Mengenai Arah Hidup Adik

Bacaan 2 menit

Adik pernah merasa lagi bingung terus gak tau harus ngapain? Sebenernya sih ini adalah hal yang lumrah yang pastinya semua orang akan merasakan. Berita baiknya adalah, adik bisa berusaha merubah dan menghilangkan rasa ini. Beberapa hal yang bisa adik lakukan untuk melewati perasaan bingung ini:

Inget-inget lagi values sama passion adik

Apa sih sesuatu yang bener-bener berarti buat adik? Apa yang bisa bikin adik merasakan kebahagiaan dan kepuasaan dalam diri adik. Kalo adik bisa mengidentifikasi poin yang ini, niscaya adik akan lebih mudah menentukan keputusan dalam hidup adik. Kalo adik belom nemu passion, kagak usah resah juga. Karena yang perlu adik ingat adalah objective pertama passion itu bukan duit, melainkan kesenangan, kepuasan dan perkembangan diri adik.

Cari bimbingan

Adik bisa cerita ke keluarga, teman terdekat, atau adik bisa cari mentor yang udah berpengalaman dan pernah melewati fase ini. Kalo emang udah mentok dan bingung, adik bisa cari bantuan profesional kayak terapis. Dengan adik mencari bimbingan dari orang lain, adik bisa dapet insight sama dukungan dari perspektif mereka.

Banyak banget insight yang adik bisa dapatkan dari mentor

Coba-coba opsi lain, jangan takut coba

Adik kagak boleh takut nyobain hal-hal baru yang sebelumnya adik belom pernah lakukan. Dengan mencoba banyak hal, adik bisa nemu hal yang mungkin adik enjoy ngelakuinnya. Kalo dipikir-pikir banyak banget hal yang belom pernah adik coba. Ya kan, dik?

Banyak banget hal yang belum pernah adik coba dalam hidup ini, jadi jangan takut untuk mencoba

Ngeset goals kecil yang achieveable

Adik pengen punya duit 100 juta tahun depan, tapi kalo kagak nge-set goals keknya sama aja boong, dik. Kalo pendapatan adik katakan 5 juta sebulan, kira-kira realistis gak punya 100 juta tahun depan kalo cuman ngandelin pendapatan? Dengan adik nge-set goals-goals kecil dan achieveable, bakal bikin adik kagak terlalu terbebani sama goals-goals itu. Misalkan, dari uang yang adik sisihkan perbulannya, adik bikin usaha kecil-kecilan, sisanya diinvestasikan. Selain itu, ini bikin adik juga lebih termotivasi, karena akan ada perasaan bangga dan fullfiled ketika goals-goals kecil ini tercapai.

Belajar self-care, mindfulness, gratitude

Di masa-masa yang penuh ketidakpastian ini penting banget buat adik belajar self-care. Karena menjaga kesehatan fisik dan mental adik itu penting banget selama masa-masa ketidakpastian. Pastikan adik cukup tidur, makan baik, dan melakukan aktivitas yang adik sukai. Kenapa? Karena hal ini yang bakal membantu adik menjaga energi dan motivasi untuk mencapai goals-goals adik. Adik juga harus bisa living in the moment dan bersyukur udah sampe tahap ini. 

Social Media Detox

Ketika adik melakukan social media detox, adik jadi lebih fokus dan kagak stress. Karena sosial media sekarang bisa bikin adik anxiety, stress, merasa gagal karena adanya perbandingan dengan orang lain. Ibaratnya adik "break" dari paparan berita negatif dan perbandingan dengan orang lain. Kalo lagi buka Instagram sama TikTok pasti ada aja entah itu temen adik atau influencer yang keknya mereka penghasilannya gede banget, bisnisnya sukses, liburan terus, flexing barang-barang mewah, dan menikmati hidup. Ini yang bahaya banget, adik mulai ngebandingin hidup adik sama mereka, makanya adik jadi kagak bahagia dan merasa bingung dan ragu mengenai jalan hidup yang udah adik pilih. 

Realitanya, gak ada orang yang bener-bener tau arah hidup mereka, kagak ngeliat umur juga, dik. Kita mendapatkan pelajaran seiring dengan kita bertumbuh. Semoga bermanfaat ya, dik!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
47

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait