Ada beberapa hal yg mesti diperhatiin kalau suatu saat mobil dengan sangat terpaksa mesti diderek (tanpa mobil khusus towing) karena memang kondisi nya gak memungkinkan buat dibenerin dilokasi.
Daripada2 kan mendingan2 yaa .., nah coba disimak daftar dibawah ini :
- Tali tambang atau sling baja harus cukup kuat, panjangnya minimal seukuran panjang mobil (+/- 4M), pasang ke cantelan yg ada dikolong depan mobil, biasanya dibalik bemper atau bisa juga di titik terkuat yang berhubungan dengan rangka mobil, lebih baik lagi kalau selalu tersedia tali khusus buat derek di mobil.
- Mobil yg dipake buat derek harus lebih besar atau minimal sama bobotnya dengan mobil yg diderek.
- Pasang kunci kontak mobil di posisi "Acc" supaya setir gak kekunci. Perlu diperhatiin setir bakalan lebih berat dari biasanya karena kondisi mesin mati.
- Taro tuas persneling di N (Netral), untuk matik jangan lupa fungsiin kenop "Shift Lock" supaya tuas bisa pindah tanpa nyala mesin.
- Pastiin rem kaki & rem tangan masih tetep berfungsi, supaya bisa ngerem sendiri walaw pasti berat nginjek nya karena mesin gak nyala.
- Atur rute & waktu buat nge-derek, jangan pas lagi jam sibuk atau lewat jalan tikus, karena pasti bakalan ribet banget, malah bisa bikin lalin macet.
- Koordinasi terus sama mobil penderek buat ngatur kecepatan & jarak, supaya tali penarik gak sampe kendor, karena riskan kelindes.
- Nyalain lampu hazard sebagai penanda untuk pengemudi dibelakang, atau bisa juga pasang segitiga pengaman dibagian belakang mobil kalau seandainya kelistrikan mobil mati total.
Secanggih2nya mobil, tetap harus diantisipasi kondisi terburuknya. Gak selama nya mobil towing juga siap dipanggil, jadi siapin plan B selalu ya Pak.