Strategi Mudah Yang Bisa Bapak Lakukan Buat Mengasah Critical Thinking

Bacaan 4 menit

Dengan kemajuan teknologi yang sekarang sangat pesat, kita dengan mudah bisa dapat informasi dengan satu klik. Bapak kagak ngerti arti kata sus, tinggal cari di google. Critical thinking ini bisa jadi sebuah alat yang ngebantu bapak menghadapi masalah dan tantangan. Dengan belajar critical thinking, bapak bisa lebih mudah mendapatkan solusi dari masalah-masalah bapak. Ini saya mau kasih tau strategi-strategi yang bisa bapak lakuin buat mengasah critical thinking.

Musti Hati-Hati sama Confirmation Bias

Confirmation bias ini adalah salah satu bias yang paling tricky dan sering kali kita temuin. Jadi confirmation bias adalah bias dimana kita lebih percaya sama orang/ide yang kita setujui. Contohnya, saya percaya kalau intermittent fasting bisa lebih cepat buat nurunin berat badan, ketika ada temen saya yang bilang kalau diet keto lebih cepat menurunkan berat badan, saya ga percaya sama statement itu (ini cuman contoh ya pak). Contoh lainnya dalam hidup sehari-hari adalah pandangan politik, hubungan, karir, dan hal-hal yang berkaitan dengan investasi, kepercayaan, konspirasi, olahraga dan masih banyak lagi.

Terus gimana cara ngatasinnya? Confirmation bias bisa diatasi dengan cara mencari tau lebih banyak mengenai suatu hal dan menemui beberapa orang untuk diskusi (inget, diskusi ya, bukan debat). Dengan begini bapak bisa lebih terbuka dengan pilihan-pilihan yang sebelumnya bapak ragu atau bahkan engga percaya sama pilihan tersebut. 

Embrace perbedaan kecil dan kompleksitas

Langit itu warnanya apa sih, pak? Bapak pasti jawabnya biru. Karena emang itu udah jawaban defaultnya. Tapi bapak coba liat gambar ini dulu dah.

Sekarang abis liat gambar itu, saya tanya lagi, langit itu warnanya apa pak? Ternyata, kalo lagi sunset, warnanya merah ato oren. Kalo malem, warnanya item. Kalo lagi berkabut warnanya putih. Biru itu yang keliatan sama mata kita, pak. Padahal spektrum warna tuh banyak banget. Nah, perbedaan kecil dan kompleksitas ini mesti bisa bapak terima dan telaah dengan baik. Ini namanya Nuance and Complexity (perbedaan kecil dan kompleksitas).

Masih bingung juga? Ini saya kasih contoh lain,
Nuance : Ketika bapak pengen beli sepatu baru, pas sepatunya bapak coba, “wah nyaman yah ni sepatu”. Tapi bapak sadar kalo inih sepatu agak terlalu ketat di jempol kaki bapak, meskipun bagian lain terasa nyama.

Complexity : Misalkan bapak mau jalan-jalan keluar negeri, keliatannya emang simple. Tapi ternyata kompleks, karena bapak harus mikirin, apa aja yang bakal bapak bawa, mau kemana bapak pas nyampe disana, kesananya mau ngapain aja, dan banyak hal lain yang mesti bapak pikirin. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan keputusan yang harus diambil, jadinya kompleks.

Nah dalam critical thinking, nuance dan complexity ini adalah,
Nuance : ketika bapak merhatiin banget-bangetan, perbedaan kecil yang orang lain suka kagak ‘ngeh’

Complexity : menangani masalah yang memiliki banyak bagian dan tidak mudah untuk dipecahkan.

Belajar Kerendahan Hati Intelektual 

Kerendahan hati intelektual disini maksudnya adalah bapak harus bisa terima kalo bapak tuh kaga selalu bener. Ketika terjadi perdebatan, fokusnya adalah di masalahnya. Bukan untuk membuktikan kalo bapak tuh bener apa kaga. Malah harusnya bapak berpikir, bisa aja bapak salah. Dengan menempatkan diri bapak di sepatu orang lain, outcome yang keluar bakal lebih mantep. Coba benar-benar pahami, apa yang dirasakan dan dipikirkan sama orang lain, ini biasanya dibilang intellectual empathy. Emang susah banget buat dilakuin, tapi itu poinnya, pak. Ini bakal berhasil kalo kedua belah pihak punya itikad yang baik. Kalo bapak debat sama orang lain cuman buat ngabisin waktu mereka, banyak yang kagak suka ama bapak jadinya.

Kerendahan hati intelektual artinya bapak sadar kalo bapak tuh kagak mengetahui segalanya, dan sangat terbuka dengan hal-hal baru. Bapak juga berani untuk bertanya, karena bapak sadar banget kalo bapak kagak tau semua hal.

Cek Sumber Informasi

Ini penting banget-bangetan, pak. Bapak harus tau sumber informasi yang bapak terima asalnya darimana. Bapak harus berhati-hati sama motif tersembunyi orang lain sama kepentingan pribadi yang orang lain punya. Makanya dulu pas kita kuliah ada pelajaran metodologi penelitian. Penggunaan data dan cara bapak menyajikannya itu ibarat senjata yang bisa bapak pakai dalam critical thinking

Hindarin Sesat Pikir (Fallacies)

Baik itu terhindar dari debat online di kolom komentar fesbuk, instagram bapak atau debat sama istri bapak perkara bubur diaduk ama kagak diaduk. Kalo sesat pikir, bapak jadi gampang banget untuk emosi dan bisa berujung menggunakan cara yang kurang tepat dan kurang enak. Salah satu cara yang sering banget dipake secara tidak sadar adalah Straw man fallacy. Misalnya, bapak bilang ke orang, kalo bapak lebih suka pizza pake nanas daripada pizza pake pepperoni. Terus bapak ngerespon ke orang itu "jadi bapak kagak suka nanas?". Ini bahaya banget, pak.

Sesat pikir yang lain adalah ad hominem fallacy. Ini adalah kesalahan pikir dimana bapak kagak nge-waro argumen, karena orang yang menyampaikan opini. Orangnya yang jadi masalahnya, bukan argumennya dia. Sebisa mungkin bapak harus belajar, menerima opini orang lain walaupun bapak kagak suka sama orang tersebut. 

Emang terlibat dalam critical thinking kaga segampang ngebalikin telapak tangan. Tapi untuk jangka panjang, ini bakal bikin bapak jadi lebih senapsaran, lebih teredukasi dan bikin bapak jadi lebih bijak dalam berargumen. Intinya dengan bapak belajar strategi-strategi ini, niscaya hidup bapak akan jadi lebih mudah. Semoga bermangfaat ya, pak!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 4 menit
Dilihat :
7

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait