Selagi Bisa, Selagi Ada, Temani dan Buat Memori Bersama Orang Tua

Bacaan 2 menit

Kehilangan orang yang bener-bener berharga dalam hidup emang gak akan pernah bisa digambarin gimana rasanya, apalagi kehilangan orang tua. Pengalaman hidup yang Saya dapet dari temen kali ini cukup bikin sedih dan jadi bahan renungan semalaman. Apalagi kalo kita sebagai anak gak pernah punya waktu atau momen berduaan sama orang tua, duh sedihnya pasti dibarengin sama penyesalan ya.

Waktu-waktu yang harusnya bisa diisi sama momen kebersamaan sama mereka malah jadi sia-sia atau bahkan terlalu sibuk sama diri sendiri. Emang kagak semua situasi bisa ngedukung biar terus punya momen sama orang tua, tapi seenggaknya buat kumpul seminggu sekali aja kudu harus wajib dilakuin. Kagak perlu juga harus selalu keluar rumah buat pergi ke tempat wisata, justru hal-hal kecil kayak masak bareng Ibu, benerin motor yang mogok bareng Bapak, minum teh bareng sambil ngobrol-ngobrol ringan sama orang tua, malah jadi yang sangat dibutuhin, apalagi pas orang tua udah gak ada.

Nah, temen Saya ini sepanjang hidupnya selalu bergantung sama Ibunya. Makan tinggal makan, pakaian tinggal pake, kebutuhan apa pun udah semua tersedia di rumah. Gak ada juga keinginan dia buat ikutan masak biar tau resep masakan Ibunya, atau ikut pergi ke pasar buat beli bahan-bahan kebutuhan yang udah jadi langganannya. Setelah Ibunya gak ada, barulah dia ngerasa kosong banget dan bener-bener kehilangan. Gak ada satu ilmu pun yang bisa dia serap selama Ibunya masih ada, karena rasa bergantung tersebut. Hal ini yang bikin Saya sadar, kegiatan sehari-hari orang tua lah yang justru bikin kita banyak belajar soal kehidupan, bertahan hidup, mewarisi tradisi, dan juga meneruskan kebiasaan baik.

Kehilangan juga bikin ngerasa kalo orang terdekat yang bakal selalu bantuin gak bakal jauh-jauh dari keluarga. Bahkan kalo kagak diminta bantuan juga saudara atau kerabat bakal tetep bantu, makanya hubungan sama keluarga orang tua juga dirasa penting banget. Kebiasaan jelek kalo ada tamu malah masup ke kamar, penting buat diilangin biar silaturahmi sama keluarga jauh atau dekat tetep bisa kejaga. Soalnya mau segimana pun kita kagak demen sama keluarga sendiri, tempat pertama yang bisa kita mintain tolong ya mereka-mereka juga. Balik lagi, silaturahmi dan komunikasi emang perlu banget buat dibangun.

Berlarut-larut dalam kesedihan emang kagak baik, tapi nyebarin perasaan sedih yang terus-terusan ke temen yang lain juga malah bikin temen sendiri bingung harus apa. Apalagi kalo udah dikasih nasehat malah jadi adu nasib, jangan ya dik ya.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
47

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait