Satu Hari Satu Fakta: Nyamuk Udah Ada dari Zaman Dinosaurus!

Bacaan 1 menit

Musim-musim begini udah mulai banyak nyamuk berkembang biak nih warga, mulai perhatiin kebersihan di sekitar rumah biar kagak keserang berbagai penyakit yak. Walopun daur hidup nyamuk cuman ada 4 tahapan, dari telur, larva, pupa, terus nyamuk dewasa dan dijalanin selama 8 sampe 10 hari doangan. Tapi jangan salah, nyamuk ini ternyata udah ada dari zaman dinosaurus!

nyamuk udah ada dari zaman dinosaurus

Fosil nyamuk sendiri diidentifikasi berasal dari Zaman Trias yang terjadi sekitar 199-251 juta tahun yang lalu. Fosilnya ditemukan ilmuwan di kawasan barat laut Montana. Fosil yang ditemuin di dalem tetesan minyak tersebut ternyata mengandung hisapan darah terakhir. Kalo ngeliat dari cara ilmuwan dapetinnya sih dengan ngedeteksi heme, yaitu pigmen di sel darah merah lewat metode non-destruktif khusus, x-ray spectrometry.

nyamuk udah ada dari zaman purba

Sumber: National Geographic Indonesia

Nyamuk sendiri pan ada 3.000 spesies, nah fosil nyamuk yang ditemuin ini kemungkinan berasal dari genus Culiseta. Nah, Culiseta yang hidup sekarang biasanya menghisap darah burung, tinggal di iklim subtropis, dan suka menghisap darah primata kecil yang serupa sama tarsius.

nyamuk udah ada dari zaman dinosaurus

Dengan adanya penemuan ini, ngebuktiin bahwa nyamuk gak berevolusi buat nyedot darah. Jadi bentuk nyamuk di masa prasejarah bisa dibilang sama kayak nyamuk di zaman sekarang, warga. Mau dari bentuk mulutnya sampai cara makannya, diperkirakan sama dengan nyamuk saat ini. Kira-kira darah spesies apa ya yang diisep terakhir kali sama fosil nyamuk tersebut?

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 1 menit
Dilihat :
28

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait