Rekomendasi Buku Buat Adik Yang Lagi Lesu Sama Hidup

Bacaan 4 menit

Adik lagi ngerasa lesu atau tidak bersemangat dalam hidup? Adik sering kepikiran “duh gini amat yak hidup?”. O tenang, dik. Ini bakal saya kasih tau bacaan yang amboy sekali, karena bisa bikin adik "ih gile keren juga nih buku". Langsung aja, ini rekomendasi buku buat adik yang lagi lesu sama hidup, biar kagak amsyong2 amat.

Kitab Suci sesuai Agama dan Kepercayaan adik.

Ini sesuai agama dan kepercayaan adik ya, dijamin hati adik bakal lebih tenang abis baca kitab suci. Karena kitab suci berisi petunjuk dan acuan dalam menjalani hidup. Membacanya juga bisa bikin adik merasakan transendensi (transcendence), yaitu sebuah perasaan yang melampaui batas emosi dan logika. Selain itu adik juga bisa merasakan ikatan koneksi dengan Sang Pencipta.

12 Rules For Life : An Antidote for Chaos (Jordan Peterson)

Buku dari Pak Jordan Peterson ini merupakan buku self-help yang bisa ngasih tau adik saran dan ngasih nasihat dalam menghadapi tantangan hidup. Buku ini dibuat berdasarkan psikologi, filsafat, dan mitologi, Pak Peterson memberikan serangkaian aturan sederhana namun dalem-daleman banget untuk membantu adik menemukan makna dan tujuan.

Pokoknya inti dari buku ini bakalan bahas :

  • Tanggung jawab pribadi: Adik harus bisa bertanggung jawab atas keputusan yang adik ambil. 

  • Keteraturan dan struktur: Pentingnya adik membangun keteraturan dalam kehidupan dan lingkungan sekitar.

  • Makna dan tujuan: Gimana caranya adik menemukan makna lewat challenges dan melewati kesulitan (hardships)

  • Hubungan: Membangun hubungan yang kuat dan supportif dengan orang lain
  • Pengembangan diri: Bagaimana caranya adik bisa bertumbuh dan berkembang.

Rekomendasi-Buku-12-Rules-of-Life

Pokoknya buku 12 Rules for Life ngasih tau kerangka komprehensif untuk pertumbuhan dan pengembangan pribadi adik. Jadinya adik bisa mengambil tanggung jawab atas hidup adik, membangun fondasi yang kuat, dan menemukan makna dalam perjalanan hidup.

Atomic Habits (James Clear)

Ini udah sering banget kami rekomendasiin, tapi kagak bakal ada bosen-bosennya kami rekomendasiin. Karena emang se-powerful itu. Isinya kagak muluk-muluk. Buku ini ngasih tau tentang pentingnya habit-habit kecil untuk mengubah hidup adik. Adik kudu lebih berfokus ke proses-proses kecil yang adik lakuin. Dan kayaknya masup akal banget, karena saya juga percaya, you are what you repeat. Kalau dipikir-pikir hidup itu soal repetisi hal baik dan terus ber-progress dalam melakukannya. Ibadah, olahraga, kerja, belajar dan lain-lain. Semuanya termasuk repetisi.

Buku ini juga praktikal, bisa langsung adik praktekin. Ada 4 golden rules : obvious, attractive, easy, satisfying. Maksudnya begini, misalnya adik mau mulai olahraga lari. Pertama Obvious, taroh baju dan sepatu lari adik di tempat yang keliatan. Attractive, beli sepatu atau baju lari yang looks-nya ganteng, biar adik seneng pakenya. Easy, larinya kagak usah jauh-jauh dulu, yang penting lari. Satisfying, post di Strava hasil lari adik, progress itu satisfying, dik.

Rekomendasi-Buku-Atomic-Habits

Penulisnya, Pak James Clear juga walk the talk. Di buku ini dia ceritain pengalamannya ketika dia sempet struggle sama hidupnya. Dulu dia kecelakaan waktu main baseball terus hidupnya jadi tersendat. Kudu operasi dan ngejalanin terapi. Tapi akhirnya Pak James Clear berusaha untuk keluar dari kemalangan hidupnya dengan cara ngelakuin habit-habit kecil. Akhirnya dia berhasil jadi atlet waktu kuliah. Dan sekarang dia jadi penulis yang kesohor, dia bilang itu semua karena good habits yang dia telatenin. Mantap.

The Pilgrimage (Paulo Coelho)

The Pilgrimage adalah novel semi-otobiografi karya Paulo Coelho yang bercerita mengenai perjalanannya di sepanjang Camino de Santiago, jalur ziarah di Spanyol utara. Penulis “The Alchemist” ini bakal mengajak adik ikut berpetualang. Ini buku isinya perpaduan dari petualangan, penemuan diri, dan eksplorasi spiritual. Seperti judulnya, Pilgrimage yang artinya ziarah, novel ini punya hawa yang misterius, unik dan mendebarkan. Perjalanan Paulo ini merupakan metafora dari pencarian pribadinya akan makna dan pemahaman.

Rekomendasi-Buku-The-Pilgrimage

Singkatnya ini buku  berkisah tentang menemukan jalan seseorang dan menemukan hal-hal luar biasa dalam hal-hal biasa. Ini adalah perjalanan fisik dan spiritual, di mana si Coelho belajar menerima tantangan hidup dan menemukan makna di momen-momen paling sederhana.

Sophie's World (Jostein Gaardner)

Buku ini adalah novel ciamik yang ngegabungin fiksi dengan filsafat untuk memperkenalkan adik pada sejarah dan pola pemikiran Western.

Novel ini bercerita mengenai seorang gadis berusia 14 tahun yang penuh rasa penasaran. Namanya Sophie Amundsen, si Sophie ini dapet surat misterius berisi pertanyaan filosofi di kotak suratnya. Suratnya berisi pertanyaan kayak “kamu itu siapa?”, “dunia ini asal muasalnya dari mana sih?”. Pas si Sophie gali lebih dalam pertanyaan-pertanyaan ini, dia dibantu sama seorang filsuf yang namanya Alberto Knox. Akhirnya mereka berdua memulai perjalanan melintasi waktu, mengeksplorasi ide-ide para pemikir dan filsuf besar kek Socrates hingga Sartre. Buku ini mencakup berbagai konsep filosofis, termasuk metafisika, epistemologi, etika, dan eksistensialisme. Buku ini juga ngajak adik sebagai pembaca untuk merenung mengenai pertanyaan-pertanyaan mendasar tentang kehidupan, alam semesta, dan sifat manusia.

Rekomendasi-Buku-Sophie's-World

Intinya buku Sophie’s World adalah eksplorasi filsafat yang bisa menggugah pikiran dan mengundang adik untuk mempertanyakan keyakinan dan perspektif dari kacamata adik sendiri.

Giant Steps (Tony Robbins)

Kalo yang ini merupakan buku mengenai pedoman yang praktikal buat menggapai pertumbuhan adik baik dari sisi personal maupun sisi profesional. Ini buku emang didesain buat ngasih inspirasi harian dan langkah yang bisa adik ambil buat ningkatin beragam aspek di hidup adik.

Rekomendasi-Buku-Giant-Steps

Pak Anthony Robbins juga bakal ngasih tau kekuatan pengambilan keputusan yang sederhana sampe ngasih tau caranya mendefinisikan kualitas hubungan, keuangan, kesehatan, dan emosi adik. Pak Robbins juga bakal ngasih tau adik gimana caranya mendapatkan hasil maksimal dengan investasi waktu yang minimal. Buku ini disusun sebagai panduan biar bisa membantu adik mengembangkan kebiasaan baru dan mengatasi hambatan.

 

Good Vibes Good Life (Vex King)

Good Vibes Good Life adalah buku yang berisi kumpulan self-help dan motivasi. Buku ini juga menekankan kekuatan dari positif thinking dan self-love. Gimana caranya adik bisa belajar untuk mencintai diri sendiri? Gimana caranya mengubah emosi negatif menjadi positif? Nah dibuku ini bakal dibahas juga tuh, dik. Intinya, buku ini memberikan inspirasi untuk membantu adik mengubah pola pikir, mengatasi tantangan challenges, dan menjadikan hidup adik penuh dengan hal-hal yang positif. Buku ini juga jadi reminder kalo kebahagiaan itu datangnya dari dalam diri adik sendiri.

Rekomendasi-Buku-Good-Vibes-Good-Life

Abis baca buku-buku ini pasti adik akan lebih semangat dan dapet perspektif baru mengenai hidup. Kagak mesti semuanya sih dik, ini rekomendasi dari kami ajah. Kalo adik ada rekomendasi buku yang lain, boleh banget di share dik!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 4 menit
Dilihat :
88

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait