Rame-Rame Ngeker Boneka Labubu, Tapi Udah Tau Belom Ada Hirarki Pembelian Ini?

Bacaan 2 menit

Lagi rame bener orang-orang ngincer boneka Labubu, kira-kira tau kagak boneka Labubu ini apaan? Karakter Labubu ini sebenernya udah ada dari 2015, dimana penciptanya sendiri Kasing Lung yang nyiptain The Monster termasuk karakter paling terkenal, Labubu ini. Boneka keluaran Pop Mart ini juga kembali viral setelah salah satu member Blackpink Lisa ngebagiin video unboxing Labubu-nya di Instagram pribadi. Makanya, banyak orang yang nyari boneka Labubu tersebut sampe rela ngantri dari pagi biar dapet boneka yang sama kayak punya Lisa.

Tapi fenomena ini tentu jadi pertanyaan besar buat sebagian orang nih, kenapa bisa boneka Labubu yang ukurannya sebesar gantungan kunci doangan harganya bisa sampe jutaan dan banyak yang rela ngantri juga untuk boneka tersebut. Padahal ada hirarki pembelian yang mestinya jadi prinsip setiap orang biar kagak kalap atau ikutan FOMO doangan.

Kalo dari hirarki pembelian sendiri ada 6 tingkatan yang perlu rasanya jadi pertimbangan sebelum beli suatu barang.

hirarki pembelian

Pakai yang ada

Emang gak bisa semua kebutuhan atau keinginan dipukul rata ya, Warga. Misal kalo anak ngerengek minta boneka Labubu buat dijadiin temen tidur, mending kasih pengertian ke mereka buat pake boneka yang ada. Yakinin juga kalo boneka yang udah ada di rumah kekuatannya sama kayak Labubu, bahkan kalo bisa sekalian bikin cerita sendiri dah.

Sewa/Pinjem

Sewa atau pinjem ini berlaku kalo misal warga lagi butuh suatu barang kayak kamera, mobil, atau barang-barang lain yang cuman dipake satu atau dua hari doangan. Nah, karena kagak bakal sering dipake, jadi opsi sewa atau pinjem ini bisa dijadiin pilihan.

Tukeran

Di zaman dulu udah ada nih sistem barter gini, kalo zaman sekarang sering juga kita temuin pas mau tuker tambah alat elektronik. Opsi ini bisa dipilih kalo emang ada programnya aja yak, kalo kagak mah jangan maksain juga.

Beli bekas

Salah satu cara buat neken pengeluaran yang lain adalah dengan beli bekas. Opsi ini dipilih kalo ternyata barang yang masup wishlist kita masih kagak masup budget tapi warga masih perlu. Liat pasar juga, kalo banyak yang jual versi second hand-nya dan banyak yang masih mulus, ya mending beli bekas. Harganya bisa jauh lebih murah, termasuk boneka Labubu yang lagi rame ini nih.

Bikin

Opsi ini bisa dipilih kalo ternyata pas bikin sendiri jadi jauh lebih murah dan bisa dapet lebih banyak barang. Biasanya banyak buibu yang milih opsi ini buat bikin makanan yang lagi viral, jadi daripada beli, ya mending bikin. Etapi kemaren Saya liat anak SD bikin boneka-bonekaan Labubu sendiri pake bahan seadanya loh! Salud pisan!

Beli

Nah, kalo sekiranya opsi-opsi yang lain dirasa kagak memungkinkan, tapi warga tetep butuh, beli adalah pilihan terakhir yang bisa diambil. Tapi kudu diinget juga, kagak semua hal harus dibeli dan punya, walopun kita ada duitnya. Mau itu harganya mahal atau murah sekali pun.

Emang bener, uangmu adalah uangmu, uangku adalah uangku. Tapi daripada nyesel di kemudian hari, kita saling ngingetin aja yak.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
774

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait