Persib Kalah oleh Borneo FC di Piala Presiden 2024, ini kuliner enak di Bandung yang bisa bapak coba

Bacaan 4 menit

Persib Bandung FC harus menerima pahitnya kekalahan setelah ditaklukan oleh Borneo FC Samarinda di laga Piala Presiden 2024. Dengan skor 1-0 yang dihasilkan oleh Berguinho pada injury time, tepatnya pada menit 90+2. Hal ini membuat Borneo FC masuk semifinal dan unggul di klasemen grup A, dengan total 6 poin. Barulah disusul dengan Persib Bandung di posisi ke-2, dengan total 3 poin. Bandung merupakan kota sekaligus ibu kota provinsi Jawa Barat, selain terkenal dengan tim sepakbola-nya, kota ini juga punya banyak spot kuliner yang enak. Ini saya mau kasih tau rekomendasi kuliner enak di Bandung yang bisa bapak coba, 

Warung Nasi C'mar

Makanan khas rumahan yang wenak, tempatnya ada di pusat kota. Ya walaupun mungkin harga agak lumayan tapi rasanya gak pernah bohong. Suasana enak banget apalagi kalo bapak makan malem-malem. Jeroannya beuh, gak ada lawan, pak. Masakan khas sunda dengan spesialis jeroan ini memang sudah menjadi kuliner legendaris di daerah cikapundung, jadi wajib mampir setidaknya sekali seumur hidup. Makanan jagoannya disini itu gulainya, pak. Tapi bapak bisa coba makanan lainnya karena disini banyak banget pilihannya dan dia modelannya prasmanan yang bapak bisa ngambil sendiri lauknya.

Warung Nasi C'Mar (sumber : google)

BBQ Mountain Boys Burger

Kalo bapak mau coba burger serius, ini tempat yang cocok buat bapak. Karena dia viral dan terkenal banget di Bandung, antriannya rame banget, pak. Tapi bapak gak usah khawatir, karena ini tempat punya kursi dan meja yang banyak, baik indoor maupun outdoor (di taman). Pas mau mesen, kasir bakal ngasih penjelasan mengenai produk best seller dan isian dari masing-masing menunya. Jadi bapak kaga bakal bingung mau makan apa pas nyampe dimari. Untuk ukuran burgernya gede banget dan bikin kenyang. Burger yang tersedia cocok banget di lidah dan ada cita rasa khas tersendiri. Sangat rekomen untuk bapak yang pengen nyobain burger dengan rasa yang enak dan unik. Saran saya buat tambahan, bapak bisa coba chicken wings dan truffle french fries. 

BBQ Mountain Boys Burger (source: google)

Sate Kulit dan Ayam Goreng Ngudi Rahayu

Sate kulit disini ukurannya gede gede pak. Harganya 10 ribu per tusuk, nasinya 5 ribu seporsi. Sate kulitnya dominan dengan rasa manis dan ayamnya empuk. Sambel juga bebas ambil sendiri. Makanan pelengkapnya ada tahu, tempe, udang, ati dan lain-lain. Kalo bapak demen banget sate kulit dengan tekstur yang masih kenyal, ini tempat kudu bapak datengin. Cuman karena emang tempatnya sederhana dan di pinggir jalan, biasanya bakal susah cari tempat parkir. Jadi kalo bapak lagi berkunjung ke Bandung, saya saranin bapak dateng kesini jalan kaki aja, kalo deket sama penginapan bapak ya. 

Sate Kulit dan Ayam Goreng Ngudi Rahayu (source: google)

Iga Bakar si Jangkung

Iga bakar si Jangkung menyediakan makanan iga yang dimasak di piring panas tanah liat, rasanya enak, harganya juga affordable walaupun tempatnya sederhana dan di pinggir jalan. Ini tempat selalu rame pas jam makan siang dan malam, jadi bapak harus siap kalo tiba-tiba disuruh ngantri. Menu yang tersedia beragam, mulai dari tengkleng, sop bakar, nasi goreng, iga bakar kambing, sate potong. Sambel dan acarnya bisa di-refill. Es campur ketan hitam dan es campur oyen nya enak. Penyajiannya makanan dan minumannya juga ga terlalu lama. Mantap dah pokoknya.

Iga Bakar si Jangkung (source: google)

Paskal Food Market

Kalo tempat yang satu ini bentuknya modelan foodcourt, pak. Jadi banyak dan beragam makanan dan minuman yang ditawarkan di area ini.  Sebagian besar makanan yang ditawarkan terdiri dari masakan lokal yang populer dan unik, tempat ini cocok banget buat bapak dan keluarga kalo punya selera makanan yang berbeda. Anda memesan ke setiap kios dan Anda akan diberikan faktur yang harus Anda bayar di kasir terpisah. Makanan Anda akan diantar ke meja Anda. Wajar saja, harga lebih mahal dari biasanya karena warung harus memberikan potongan kepada pengelola pasar makanan. Enak buat kumpul-kumpul ramean, terus tempatnya nyaman dan banyak spot foto-fotonya. Saya saranin kalo mau kesini pas malem hari, karena udaranya lebih adem dan view malam harinya juga bagus, pak. Untuk harga, sangat bervariasi dan bisa dikategorikan menengas ke atas, karena memang penjaja makanan dan minuman yang berdagang disitu kena potongan ke pengelola foodcourt. Untuk tambahan, harga yang tercantum di menu belum termasuk pajak ya pak.

Paskal Food Market (source: google)

Dimsum Sembilan Ayam

Tempat makan yang satu ini nyediain dimsum, hakau dan berbagai jenis makanan kukusan lainnya. Soal rasa gausah khawatir, udah terbukti dari tempatnya yang selalu rame. Dimsumnya serius banget, pak. Hakaunya mandatory untuk dipesen kalo bapak berkunjung kemari. Karena emang isian hakaunya gede, rasanya enak dan gurih. Udah gitu disini udah terjamin halal, pak. Jadi bapak kagak usah khawatir. Menu lainnya juga beragam, dari dimsum, hakau, bakmi, cakue, pangsit dan lain-lain. Di tempat ini juga tersedia musholla yang luas dan nyaman. Di dalem area restorannya ada 2 mesin parkir mobil tingkat. Canggih bener dah, pak. Ada beberapa spot parkir juga di depan restoran ini, dan kalo bapak kehabisan tempat, bisa parkir di pinggir jalan. 

Dimsum Sembilan Ayam (source : google)

Primarasa Bakery Pastry

Kalo yang satu ini lebih ke tempat oleh-oleh sih, pak. Banyak aneka jajanan disini, mulai dari kue kering, kue basah, jajanan dan berbagai macem makanan lainnya. Brownies bakar almond-nya the best pak! Ada pisang sale juga, yang merupakan salah satu oleh-oleh khas Jawa Barat. Tempat ini udah jadi tujuan wisatawan buat beli buah tangan, terbukti dari tempatnya yang selalu rame apalagi kalau musim liburan. Tapi tenang pak, disini karyawannya sigap dan gercep. Jadi shopping experiencenya tetep mantep. Hal yang mesti bapak pikirin adalah tempat parkir, karena parkirnya rada susah. Saran saya kalo mau kesini jangan datang kemaleman, karena ntar browniesnya keburu abis.

Prima Rasa Bakery Pastry (source: google)

Itu dia beberapa rekomendasi kuliner enak di Bandung yang bisa bapak coba. Kalo bapak ada rekomendasi lain, boleh banget dishare ya pak!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 4 menit
Dilihat :
180

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait