Perjalanan Atun Gorgom ke Gunung Prau dari Bogor

Bacaan 5 menit

Suasana sama cuaca lagi panas-panasnya ni Warga. Cocok banget dimanfaatin buat bepergian bentar buat nyari udara yang lebih seger. Destinasi yang kali ini dituju dan dipilih sama Saya adalah pendakian ke Gunung Prau. Letaknya ada di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo, Desa Patak Banteng. Tapi sebelum sampe disono, perjalanan menuju puncaknya juga kagak kalah seru enih.

Ada beberapa pilihan transportasi buat sampe ke Wonosobo, tempat dimana Gunung Prau berada. Waktu itu ada dua pertimbangan transportasi, yaitu naik kereta atau bus. Nah, buat neken budget tapi tetep bisa nyaman pas di perjalanan, akhirnya pilihan jatuh ke transportasi bus. Setelah banyak nanya dan nyari tau berbagai armada bus yang ada, Rosalina Indah akhirnya jadi pilihan.

perjalanan ke gunung prau

Karena Saya bukan tipikal orang yang sering bepergian pake bus, ngeliat fasilitas yang dikasih dengan harga Rp190.000,- ini lumayan bikin senyum lebar. Soalnya perjalanan dari Bogor ke Wonosobo ini bisa ngabisin sekitar 12 jam kurang di perjalanan, jadi kenyamanan selama di bus penting bener buat diperhatiin. Berangkat dari pool Rosalina Indah sekitar jam 16.30, kagak ngaret sama sekali. Mungkin karena dari pool tersebut cuman Saya sama kawan-kawan aja yang naik kali ya. Terus ngelanjutin perjalanan ke beberapa tempat pool lainnya. Yang lebih Istimewa buat Saya adalah armada ini udah nyediain 1x makan pas di perjalanan.

Makanannya enak-enak dan kagak asal-asalan yang penting ada doang. Waktu istirahatnya juga udah cukup buat makan, sholat, sama ke kamar mandi, abis itu langsung lanjut perjalanannya lagi. Etapi ada kejadian kagak enaknya, bus yang Saya taekin ngalamin ban belok gegara kesalahan sopir sih ini. Makanya ke pending 2,5 jam perjalanannya, alhasil nyampenya lebih siang yang harusnya jam 03.30 pagi malah jadi jam 07.00 nih. Tapi gak napa asal nyampe dengan selamat dah.

Sumber: AcehBusLovers

Sampai di terminal Mendolo Wonosobo biasanya udah banyak yang nawarin transportasi sejenis bus kecil atau Elf buat sampe ke basecamp Patak Banteng. Etapi terminalnya sendiri nyaman bener warga, ada area istirahat buat pendaki, mushola yang bersih juga luas, kamar mandi dan wc yang cukup banyak, dan warung-warung yang bejejer dengan harga yang wajar.

perjalanan ke gunung prau

Setelah ngeberesin urusan kamar mandi dan lain-lain, baru dah lanjutin perjalanan pake Elf dengan tarif Rp30.000,- per penumpang. Buat Saya pribadi pengalaman naik Elf ini bener-bener menarik buat diinget. Apalagi dengan waktu tempuh sekitar satu jam kita udah bisa nikmatin pemandangan sambil dengerin musik koplo yang ada video clip-nya di depan. Walopun padet bener sama penumpang-penumpang yang laen, tapi cukup menyenangkan buat nambah pengalaman.

Liat tuh warga, persneling mobilnya aja panjang bener kayak tongkat pramuka. Tapi sopirnya jago bener nyetirnya, soalnya ngeliat jalan yang berlika-liku plus nanjak terus, beliau masih stabil dan kagak kesulitan sama sekali.

Sesampainya di basecamp, Saya dan kawan-kawan langsung menuju loket registrasi. Nanti di sana bakal disuruh isi formulir tentang anggota tim yang ada, dari nama, alamat, NIK KTP, dan kondisi kesehatan. Buat syarat pendakiannya sendiri cuman butuh fotocopy KTP doangan, kalo KTP belom di fotocopy, di sana banyak warung yang buka jasa fotocopy kok warga. Biaya simaksinya sekitar Rp20.000,- plus Rp10.000,- buat asuransi. Nah, di loket registrasi ini juga bakal ditawarin mau naik ojek apa kagak sampe ke pos 1, harga tiket ojeknya Rp20.000,- per orang.

perjalanan ke gunung prau

Setelah beres urusan registrasi, Saya sama kawan-kawan memutuskan buat sarapan dulu buat isi tenaga sebelum nanjak, pondasi penting ini. Ada banyak pilihan warung yang bejejer, harganya juga affordable banget. Kalo kemaren Saya mamam ayam goreng, tempe orek, sama nasi totalnya Rp18.000,- mana ayamnya montok-montok banget, puas dah. Warungnya juga jualan jas hujan buat persiapan di perjalanan selama nanjak, ada juga perlengkapan mandi yang dibutuhin kalo pendaki udah pada turun gunung.

Karena Saya sama kawan-kawan naik ojek dari basecamp sampe pos 1, perjalanan di mulai dari pos 1. Selama perjalanan trek yang disuguhin lumayan curam, tapi pemandangan yang dikasih juga kagak kalah menyenangkan. Karena masih di bawah, ada beberapa warung juga yang buka dan banyak pendaki yang ngaso dulu sebelom lanjut turun atau naik. Jalur pendakiannya sendiri cukup jelas, bahkan di pos 2 ada dua jalur, yang satu jalur yang lebih landai, satu lagi yang lumayan curam. Saya sama kawan-kawan sendiri milih yang agak curam, soalnya jalur landainya berbentuk tangga dari bawah sampe atas, lebih bikin kaki sakit biasanya.

Pilihan jalur kami ternyata cukup tepat, soalnya selama perjalanan menanjak yang cukup curam, kami sambil disuguhi pemandangan yang luar biasa indah. Jadi kagak berasa capeknya karena ditemenin hamparan sawah, gunung, sampe ada danau juga keliatan dari atas.

perjalanan ke gunung prau

Waktu tempuh dari pos 1 sampe puncak memakan waktu 3,5 jam buat Saya dan kawan-kawan. Tapi kalo warga baru pertama kali mendaki gunung, waktu idealnya bisa 4 jam doangan. Gunung Prau ini emang cocok buat pendaki pemula karena jarak dan akses jalannya yang lebih ramah. Kebersihan gunung ini juga patut diacungin jempol, cuman memang ada di beberapa titik yang jarang dilewatin orang atau tempat pembuangan air kecil yang lumayan banyak sampahnya nih. Padahal kudunya mah abis buang air kecil, sampah kayak tisu, botol air, atau plastik tetep harus dibawa lagi. Perlu dicatet, mata air di Gunung Prau cuman ada di antara pos 3 dan puncak, jadi mending hemat-hemat airnya yak.

Pas jam 5 sore, Saya dan kawan-kawan memang berniat buat nontonin matahari tenggelem. Karena tenda yang kami bangun ada di area camp sunrise, jadi perlu naik lagi sedikit ke bukit area sunset. Pas sampe atas, areanya kagak begitu luas tapi ada beberapa tempat duduk dari batang pohon yang emang udah disedian buat nonton sunset. Kagak banyak juga orang yang dateng ke area ini padahal sunset-nya jelas bener dan cantik pol.

Sehabis nontonin sunset, Saya dan kawan-kawan mulai ngeluarin perbekalan makanan buat dimasak. Rencananya emang malem ini kami mau nontonin bintang yang bertaburan di langit dekat tenda kami, etapi malah dapet hal lain yang lebih cantik, yaitu bisa liat milky way juga. Foto ini Saya ambil pake kamera HP doangan warga, tapi cantik bener ya kayak postingan Netgeo, ahahaha. Walopun kudu nahan dingin yang nusuk sampe tulang, plus tiupan angin yang kenceng bener malem itu, kagak napa dah kalo akhirnya bisa ngeliat keindahan alam satu ini.

perjalanan ke gunung prau

Sehabis foto-foto bareng milky way, akhirnya kami memutuskan buat balik lagi ke tenda karena area tersebut udah mulai sepi dan udaranya udah makin dingin. Sampe tenda kami siap-siap buat bobo biar bisa ketemu sunrise tepat waktu. Dan bener aja warga, sunrise di tempat camp kami bagus bener apalagi pas bintang-bintang di langitnya masih keliatan dikit, makin cantik. Syahdu bener pas matahari pelan-pelan muncul dari belakang bukit, walopun anginnya masih tetep kenceng dan berasa dingin, tapi tetep worth it.

Matahari makin naik, kami juga udah beres sarapan dan siap-siap buat packing. Sekitar jam 10.00 akhirnya kami mulai turun gunung. Jalur yang kami pilih adalah jalur landai, soalnya kalo turun dengan rute dan jalur yang sama kayak pas naik, bakal lebih rawan karena curam bener. Pas kami turun juga mulai banyak pendaki yang baru pada naik, kami beruntung udah turun soalnya kalo beloman pasti bakal lebih padet di atas. Pas sampe basecamp, kami langsung nyari kendaraan buat cepet-cepet sampe terminal Mendolo, soalnya tiket pulang udah ada di tangan dan waktu keberangkatannya lumayan mepet, biar kagak diburu-buru banget pas bersih-bersih di terminal. Sehabis beres-beres di terminal, pas banget bus kami datang jadi bisa langsung pulang.

Waktu yang ditempuh buat ke Gunung Prau emang panjang bener, udah gitu paling foto-fotonya cuman beberapa jam doangan. Tapi warga, ceritanya bisa seumur hidup, mau diceritain ke anak, cucu, sampe cicit juga tetep awet.