Perintilan Mesin Mobil yang Sering Kliatan Tapi Gatau Fungsinya

Bacaan 2 menit

Awal2 ngeliat biasanya masih cuek, tapi kalau sering diliat bukan gak mungkin malah mencuri perhatian, apalagi kalau kliatan kinclong ... ruang mesin nya :). Coba aja deh perhatiin beberapa part ini yg mestinya gak asing :

Electronic Control Unit (ECU), posisinya biasanya deket kotak sekring & aki, banyak kabel yg nyolok ksini. Inilah otak dari mobil yg Bapak pake, kalao rusak bisa bikin uang jajan ludes. Dia ini sensitip sama air, jadi kalau Bapak hobi nyuci mesin, pastiin alat ini dibungkus rapet dulu supaya aman. 

Mass Air Flow Sensor (MAF), fungsinya untuk ngukur jumlah udara yg masuk supaya bisa diatur seberapa banyak bensin yg dibutuhin mesin, jadi perbandingan udara & bensin seimbang. Posisinya ada di selang yg mirip belalai keluar dari box filter udara. Kalau sensor ini kotor pasti bikin mobil boros. 

Booster rem, part ini yg bikin Bapak nginjek rem jadi gak berat. Bisa dibedain waktu mesin belum nyala pasti tuas rem keras banget, tapi kalau udah nyala mesin dia jadi ringan. Kalo pas injek rem tetiba mesin bergetar atau sampe mati, bisa jadi booster rem ini mulai bermasalah. 

Modul ABS (Anti-lock Braking System), alat ini tugasnya membagi tekanan minyak rem secara proporsional ke semua roda yg diatur secara komputer supaya roda gak ngunci saat rem mendadak. Bapak bisa rasain kalau ABS nya normal, pas di rem mendadak bakalan berasa geter/endut2an di kaki. Tenang itu aman ko .. 

Turbo, ada juga yg bilang rumah keong, karena kalo diperhatiin mirip2 rumah keong nglingker2, fungsinya buat nambah tenaga mesin, umumnya banyak dipake di mobil yg ngutamain performa atau mesin diesel. Ciri2nya kalau mobil dibejek suka ada suara khas mendesis dari ruang mesin ...cuiitt...cesss.. cuiiittt...cesss. 

Turbo Intercooler, ini sodaraan sama Turbo, tugas nya mendukung kerja Turbo supaya udara yg dihisap mesin lebih dingin. Kenapa mestin dingin? Biar pembakaran sempurna & tenaga mesin yg dihasilkan lebih maksimal. Posisinya ada yg ditaro diatas mesin atau ada juga yg diselipin dibalik bemper depan. 

quote

Mungkin tidak harus terlalu paham akan fungsinya, tapi minimal Bapak gak awam2 banget dengan keberadaan part2 ini.

Ditulis oleh:
Cecep Piston
Bacaan 2 menit
Dilihat :
476

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait