Perbedaan Water Resistant, Water Repellent, dan Waterproof Biar Bapak Kaga Bingung

Bacaan 2 menit

Sering banget kan bapak denger istilah water resistant, water repellent dan waterproof. Tapi bapak taunya arti water doang. Nah biar kaga bingung bedanya apa, ini biar saya bantu jelasin yak!

Water Resistant

Kalo ada istilah ini nempel di produk yang bapak beli, artinya produk tersebut udah dilapisin bahan tertentu biar produk tadi bisa tahan pas kena air. Tapi tahan air disini maksudnya gak sepenuhnya tahan air ya pak, dia punya batas tertentu seperti pas lagi cuci tangan, kena gerimis ujan, atau kecipratan genangan aer pas naek motor. Istilah ini seringnya nongol di jam tangan yang biasa dipake buat sehari-hari.

Water Repellent

Kalo istilah yang ini sifat bahannya satu tingkat di atas water resistant tadi. Soalnya water repellent ini punya pertahanan sampe ke tingkat hydrophobic atau menolak air. Di produk water repellent bakal dilapisin sama lapisan khusus yang tipis di bagian dalem atau luar produk yang gak bikin produk ngalamin kebocoran gegara kesiram air, butiran air yang kena ke bahan ini bentuknya bakal kayak air yang jatoh ke atas daun talas. Sekarang udah banyak produk yang pake bahan ini kayak di tas, jaket, sampe aksesoris mobil. 

Waterproof

Tingkatan paling tinggi dari dua istilah sebelumnya. Ukuran ketahanannya diukur pake satuan IP (Ingress Protection). Ada dua digit IP yang dipake, digit pertama nunjukin ketahanan dari jenis benda solid kayak debu, sedangkan digit kedua nunjukin ketahanan produk dari benda cair. Misal ada produk yang dikasih label IP 67, angka 6 nujukin produk bisa nahan debu dan angka 7 nunjukin produk bisa tahan air sampe kedalaman 1 meter. Dari mulai jaket, tas, sampe smartphone sekarang udah pake bahan yang waterproof, makin tinggi tingkat ketahanan airnya, makin mahal juga harga produknya.

Jadi selain beda harga, dia juga beda tingkat perlindungan dan ketahanan pada air, pak. Dulu mah semuanya saya bilang waterproof, eh ternyata salah selama ini. Semoga informasi ini bermanfaat ya pak!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
75

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait