Parenting Style Ibu Sarwasih yang Bikin Axel Giovanni Bisa Berprestasi dan Banyak Dijadikan Inspirasi

Bacaan 3 menit

Udah lama bener kagak ada kompetisi yang nampilin anak-anak cerdas dan berprestasi, eh sekalinya ada langsung jadi bahan buah bibir. Salah satu yang lagi naik daun dikalangan para orang tua adalah Axel Giovanni yang punya segudang prestasi dan ikut beberapa kali olimpiade matematika. Itu begimana orang tuanya ngedidik anak sampe demen matematika begitu yak. Ini beberapa style parenting yang Ibu Sarwasih lakuin ke anak-anaknya.

Kagak ada makanan khusus yang dikasih

Dari makanan yang dikasih tiap hari pun kagak ada yang khusus, bahkan Axel sendiri suka banget makan telor ceplok sampe sekarang. Ibu Sarwasih sendiri juga kagak ngasih vitamin yang macem-macem, tiap hari anak-anaknya cuman dikasih madu sama air putih doangan. Bahkan Ibu Sarwasih sendiri kagak nuntut atau minta anaknya buat ranking atau unggul di setiap pelajaran, warga. Axel sendiri emang demen sama angka sedari kecil, bahkan tiap milih mainan yang mau dimainin selalu permainan angka yang dipilih. Kagak ada fasilitas khusus juga yang dikasih orang tua Axel dari kecil, cuman pas Axel udah mulai serius mau terjun ke Olimpiade, baru dah orang tuanya mulai cari-cari tempat les yang bisa menunjang kemampuan Axel tersebut.

Selalu ngedukung anak-anaknya

Dalam memilih passion, minat belajar, sampai cita-cita masa depan yang pengen anak lakuin, orang tua Axel selalu ngedukung hal tersebut selama pilihannya positif. Ibu Sarwasih sendiri kagak pernah tuh yang mengharuskan anak harus bisa ini dan itu, asal nilai anak-anaknya di sekolah di atas KKM udah aman baginya. Prinsip yang diterapin ke anak-anaknya biar tetep mau ngejaga nilai-nilainya di sekolah adalah belajar bukan buat nilai tapi buat dapet ilmu biar masa depan gak susah-susah amat buat gapai cita-cita yang dipengen. Tapi tetep kok, ada reward yang dikasih buat anak-anaknya kalo ngelakuin hal baik, dari mainan sampe dikasih uang yang nantinya buat ditabung masing-masing.

Memposisikan diri sebagai teman

Orang tua Axel emang udah ngebiasain anak-anaknya dari kecil buat cerita apa pun ke orang tuanya, jadi sehabis pulang sekolah anak-anaknya bakal berebutan buat cerita gimana di sekolahnya hari itu, kayak cerita ke temen aja gitu. Bahkan sampai udah dewasa pun anak-anaknya sangat terbuka dengan orang tuanya, karena orang tuanya sendiri yang mengajarkan buat terbuka. Kagak ada tuh tiap anaknya cerita malah disuruh diem gegara pala orang tuanya lagi pening.

Menerapkan bahasa kasih sayang ke anak

Di kalangan temen-temennya sendiri, Axel ini terkenal dengan pemberi masukkan bahkan nasehat yang handal. Kalo biasanya kebanyakan anak laki-laki justru merasa malu saat menangis, Axel justru bilang kalo laki-laki nangis kagak usah malu, emang udah alamiahnya begitu kalo dipendem malah jadi penyakit. Nah, pemikiran ini yang bikin banyak orang tua bertanya-tanya, apa yang orang tuanya ajarin ke Axel sampe dia punya pemikiran yang seperti itu. Ibu Sarwasih sendiri nerapin bahasa kasih sayang juga ke anak-anaknya, salah satu yang paling sering dilakuin adalah physical touch. Orang tua Axel gak segan buat kasih bentuk cintanya dengan pelukan, cium kening, atau belaian kepala, bahkan sampe sekarang pas anak-anaknya udah mulai beranjak dewasa. Semua perhatian, kasih sayang, dan fokusnya cuman buat anak-anaknya doang nih, keren abis.

Ngadepin anak tantrum dengan trik

Namanya anak-anak pasti ada masa-masa tantrum yang kagak bisa dikasih tau pas anak lagi kumat. Nah biasanya orang tua Axel ini ngasih nasehat ke Axel pas dia udah tenang dan mau cerita gimana perasaannya tadi. Baru dah abis itu nasehatnya masuk biar kagak lewat doang di kuping.

Dari gaya parenting Ibu Sarwasih ini mungkin bisa jadi masukkan juga buat kita sebagai orang tua buat lebih tau lagi apa passion anak dan gimana cara kita buat bikin anak tetep fokus sama passion-nya tersebut.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 3 menit
Dilihat :
165

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait