Nikmatnya Jalan Kaki Kasih Efek Positif Ketimbang Macet-Macetan yang Bikin Stress

Bacaan 2 menit

Warga dimari yang kerja di Jakarta dan sekitarnya pasti ngerasain gimana carut marutnya jalanan tiap berangkat atau pulang kerja. Mau itu berangkat pake kendaraan pribadi atau transportasi umum rasanya tetep sama aja kena macet juga. Pas nyampe kantor bukannya fresh karena masih pagi, tapi udah capek duluan sama jalanan. I feel you dah pokoknya.

Kalo Saya sendiri malah harus naik tiga jenis kendaraan umum, bahkan empat kendaraan pas pulang, dari KRL, busway, ojol, sampe angkot Saya naikin dalem sehari. Kebayang kagak gimana capeknya transit beda transportasi ditambah macet-macetannya. Naik angkot dari kantor sampe halte aja bisa ngabisin waktu satu jam, belum dari halte ke stasiun yang paling lama Saya pernah kejebak macet sampe 2 jam, padahal jarak tempuh normalnya cuman sekitar 30-40 menitan. Kalo udah di KRL emang udah aman dari macet-macetan, cuman desek-desekan aja palingan. Makanya pas sampe rumah rasanya capek bener badan sama otak Saya. Ngerinya kalo udah kena burnout perkara macet-macetan di jalan doangan, udah parah banget kalo begitu.

Nah, beberapa hari ini Saya coba jalan kaki dari kantor ke halte busway. Jaraknya sekitar 2,7 kilo dan ditempuh cuman sekitar 20 menitan doang, mangkas waktu 40 menit yang biasa Saya habisin di angkot gegara kejebak macet. Yang bikin shock-nya lagi, kalo biasanya Saya gak jalan kaki, nyampe di busway badan berasa capek bener padahal di angkot juga cuman duduk doang. Tapi pas jalan kaki kagak ada tuh badan yang kerasa capek, malah jadi lebih ringan. Hal paling pentingnya adalah Saya ngerasa beban yang ada dalam diri Saya berkurang setengahnya. Waktu sampai ke rumah juga jadi lebih cepet, masih punya waktu buat ngelakuin hal sekedar bincang-bincang doangan sama keluarga. Terus tidur jadi lebih teratur dan berkualitas.

Kalo Saya tau dari dulu jalan kaki bakal ngasih manfaat yang lumayan gede gini, udah dari dulu Saya rutinin jalan kaki dari kantor ke busway. Apalagi bisa sambil liat-liat sekitar yang kagak bakal keliatan tuh kalo kagak jalan kaki. Misal, ternyata rumah Dayat ada kolam renangnya tapi cuman cukup buat ikan koi. Ikut cobain dah Warga.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
91

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait