Membangun dan Mendapatkan Kepercayaan dari Orang Lain: Sefruit tips

Bacaan 2 menit

Saya bukan orang yang gampang banget percaya sama orang laen. Dari pengalaman saya yang terus-terusan dibuat kecewa, rasanya butuh waktu yang lamaaaaa banget buat bisa naroh kepercayaan lagi ke orang. Saya juga sadar betul, mungkin orang laen di luar sana, ngerasain hal yang sama, ngerasa perlu hati-hati dan gak langsung percaya sama saya. Makanya, saya punya cara sendiri biar orang laen bisa naroh kepercayaannya ke saya. Karena apa? Percaya itu baik tapi mengecek itu jauh lebih baik. Ini beberapa tips agar bapak bisa mendapatkan kepercayaan dari orang lain,

Ngebiasain Jujur

Ngebiasain buat jadi orang yang jujur bikin orang laen mau naroh kepercayaannya. Karena orang lain akan merasa nyaman sama orang yang jujur. Tapi bukan berarti bisa jujur di banyak hal yak. Kayak ngasih tau nama atau hobi yang bapak senengin mah sah-sah aja, kalo yang sifatnya pribadi banget ya jangan. Bisa-bisa malah amsyong.

Menghargai Orang Lain

Ini adalah pondasi yang paling kuat agar kita bisa mendapatkan kepercayaan dari orang lain. Kalo kita memperlakukan orang lain dengan respect, kita menunjukkan kepada mereka bahwa opini dan perasaan mereka itu penting. Ini bakal ngebangun sense of security and safety yang merupakan komponen penting dari kepercayaan. 

Konsisten

Hal yang paling keliatan biar orang laen adalah tingkah laku kita. Kalo apa yang kita pikirin, ucapin, sama yang kita lakuin sejalan dan bisa terus-terusan konsisten, percaya deh orang laen juga bakal seneng buat terus berhubungan sama kita. Tinggal gimana caranya pertahanin kepercayaan yang udah mereka kasih.

Bisa diandelin

Kemampuan yang kita punya, penting banget buat ditunjukkin biar bisa diandelin. Bukannya mau jumawa tapi ibaratnya case HP, yang diliat pertama kali pasti luarnya dulu. Kalo orang laen udah ngakuin kemampuan kita, mereka juga lebih gampang naro kepercayaan dan ngasih tanggung jawab lebih.

Walaupun begitu, perlu dicatat kalo kepercayaan itu sifatnya kompleks banget, karena bisa dipengaruhi oleh emosi dan pengalaman yang udah terjadi. Bahkan biasanya kecewa datang dari orang yang kita percaya banget-bangetan. Makanya ketika kita udah mendapatkan kepercayaan dari orang lain, tolong dijaga dan dirawat baik-baik, pak. 

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
143

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait