Kenapa Bapak Kagak Bakal Bisa Jadi Pembalap F1 (Formula One)

Bacaan 3 menit

Kalau nonton F1 tuh entah kenapa bisa menimbulkan excitement tersendiri. Mulai dari kecepatan ratusan mil per jam, bunyi mesin yang amboy sekali, dan bisa memicu adrenalin. Tapi kenyataannya cuman segelintir orang yang bisa masuk dunia F1, pak. Jalan untuk menjadi pembalap F1 ternyata penuh dengan tantangan, baik secara fisik maupun mental, yang orang biasa seperti bapak kagak bakal bisa raih. Ini beberapa alasan kenapa bapak kagak bakal bisa jadi pembalap F1 (Formula One).

Refleks Pembalap F1 bagus

Reaction time -nya pembalap F1 itu jauh lebih cepat dibanding orang biasa. Kalo kita orang biasa, punya reaction time 0.8 detik, sedangkan pembalap F1 punya reaction time di kisaran 0.2 detik. Refleks yang cepet ini bikin mereka bisa keputusan dalam sekejap. Misalkan, di tikungan yang ternyata ada mobil yang lebih lambat, mereka dengan cepet bisa ngindarin secara cepat tanpa menimbulkan tabrakan. Keputusan-keputusan ini bakal kepake banget pas balapan dan membantu banget agar mereka bisa menang. Beda ama bapak yang kalo ditanya sama istri jawabnya bisa delay sampe 8 detik. 

Pierre Gasly, ngetes refleksnya sebelum balapan dimulai (source: firstsportz.com)

Mobil F1 kagak kek mobil biasa, banyak printilannya

Di dalam mobil mereka, tepatnya dalem kokpit, banyak banget printilan yang mesti diperhatiin. Temperatur di dalem kokpit bisa ngelebihin temperatur air mendidih. Temperatur yang panas ini berasal dari engine mobil, sistem rem yang ngehasilin panas juga, ditambah lagi panas dari matahari. Kalo bapak jadi pembalap F1 mah udah overcooked pasti itu. Sama sistem rem mobil F1, butuh tenaga sampai dengan 100 kg buat bener-bener ngaktifin remnya. Belom lagi tombol-tombol yang ada di setir, yang jumlahnya bisa sampai 20++ tombol.


Fungsi tombol yang ada di steering wheel mobil F1 (source: motorauthority.com)

Fisiknya harus kuat banget-bangetan

Tuntutan fisik buat mengendarai mobil F1 itu berat banget, pak. Temperatur ekstrem di dalem kokpit serta G-Force yang dialami bisa menyebabkan penurunan berat badan secara signifikan. Pas lagi balapan, pembalap F1 bisa turun berat badan sampai dengan 3,5 kg. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor, yaitu dehidrasi, keringetan parah dan tekanan G-force. Kombinasi dari panas dan tekanan G-Force bikin detak jantung pembalap F1 berada di 170 bpm pas lagi balapan, sedangkan detak jantung normal orang yang sehat adalah 72bpm. Jadi dag dig dug banget itu pas balapan. Ngomongin G-Force juga, pas lagi di tikungan, mobil F1 ngasih tambahan 5-6 G-Force ke si pembalap. Tambahan ini bikin berat di bagian kepala pengemudi ketambahan 25kg. Makanya kalo bapak perhatiin, otot di bagian leher pembalap F1 pasti mantep. Kalo bapak yang nyetir mah udah pasti pingsan pas lagi di tikungan, mana bapak olahraga aja males belom lagi lehernya kekonci stang gara-gara asam urat. Gimana mau jadi pembalap F1 yak. 

Latihan fisik yang dijalanin Sergio "Checo" Perez (source : Instagram @Schecoperez)

Mental pun harus kuat

Dalam balapan F1, ada beberapa mental atribut yang pembalap harus punya, diantaranya adalah fokus dan konsentrasi tinggi, resiko toleransi, kemampuan beradaptasi dengan sirkuit dan jiwa kompetitif. Fokus dan konsentrasinya pembalap F1 kagak cuman terpaku di sirkuit dan pembalap lainnya, di mobil juga harus dia perhatiin banget-bangetan. Ketika ada masalah si pembalap musti kontak tim-nya semisal ada keluhan dalam mobilnya. Pembalap juga mesti komunikasi ama timnya mengenai strategi yang bakal dipake di sirkuit. Umumnya ada 5 intercom channel yang bisa berisi ratusan orang. Di tim F1 Mercedes AMG - Petronas, dia punya 111 conference di intercom mereka. Fokus sama konsentrasi bakal susah banget buat orang biasa kek bapak. Pas lagi kerja aja bapak maen Instagram ama scroll TikTok.

Interkom antara Tim dan Driver F1
(source : YouTube Mercedes AMG - Petronas Formula One Team)

Walaupun bapak kagak bisa jadi pembalap F1, tapi bapak masih bisa meniru beberapa kualifikasi pembalap F1. Bapak bisa menumbuhkan jiwa kompetitif yang kuat, berdedikasi dengan apa yang dikerjakan, dan punya support sistem yang kuat. 

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 3 menit
Dilihat :
306

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait