Kenapa Bapak Harus Sering-Sering Ngajak Anak Bapak Maen Cilukba

Bacaan 2 menit

Pentingnya perkembangan anak terjadi dalam fase 5 tahun pertama dia hidup, 5 tahun pertama ini termasuk ketika anak bapak masih di dalam kandungan. Ini bakal ngaruh banget ke kesehatan dan perkembangan anak bapak. Bapak harus hadir dalam hidupnya dan mendukung baik anak maupun istri. Sekarang saya mau berterima kasih kepada banyak scientist yang udah mencari tau mengenai topik ini. Jadi ada istilah yang namanya serve & return, apa itu? 

Serve & Return

Jadi yang dimaksud dengan serve & return adalah bapak sebagai orang tua harus terlibat dalam interaksi bolak-balik sama anak yang akan membangun daya tanggap dan empati sang anak. Analoginya gini pak, kayak orang yang lagi main bulutangkis, ada yang servis (serve) dan ada yang ngembaliin koknya ke arah bapak. Nah, kalo yang sama anak bapak, serve & returnya adalah menggunakan canda tawa, ngajak ngobrol, main sama anak. Melakukan hal-hal ini akan membantu perkembangan otak anak bapak. 

Selain itu ada 5 hal yang berpengaruh pada perkembangan anak bapak:

  1. Connecting
    Ini termasuk membangun relationships, developing secure attachment, understanding to a child cues, facial expressions and body language, back and forth interaction (return and serve) 
  2. Talking
    Stimulasi bahasa, Perkembangan vocabulary, kemampuan berkomunikasi, pondasi literas (literacy foundation)
  3. Playing
    Brain development, Belajar lewat eksplorasi, interaksi sosial, imajinasi dan kreatifitas
  4. Healthy HomeMeliputi lingkungan yang aman, nutris dan kesehatan yang didapatkan anak, rutinitas dan stabilitas (routine and stability), dan dukungan orang tua.

  5. CommunitySocial connections, Acces to resources, Positive influences, Sense of belonging

Terus kenapa harus ngajak anak maen Cilukba pak?

Karena beberapa permainan sama anak bapak bisa ngebantu perkembangan otaknya dengan lebih cepat. Selain kehadiran bapak, interaksi sosial bisa membantu anak bapak mempelajari keterampilan hidup yang penting. 

  • Imitation Game (Niruin anak bapak)
    Niruin anak bapak akan membangun imajinasi dan membangun empati anak bapak.
  • Naming Game (Penamaan kata)
    Maen penamaan kata sama anak bapak bisa melatih kosakata dan daya tanggap anak bapak. Contohnya kek bapak ngomong ke anak bapak, “Ini Papah, ini dedek, papah, dedek”
  • Peek-a-boo (Cilukba)
    Nah maen cilukba bisa ngelatih daya ingat sama trust anak bapak ke bapak.

Jadi tiap kali bapak ngajak ngobrol, maen atau bikin anak bapak ketawa, ini gak cuman membangun dan menguatkan hubungan dan kesehatan mental anak bapak, tapi secara tidak sadar ini mengajarkan anak bapak skill-skill penting dalam hidup. Karena ini nantinya akan memudahkan anak bapak dari belajar berteman, mengerjakan ujian, sampe ngedapetin kerja bahkan sampe anak bapak memulai keluarganya sendiri. Jadi interaksi sedini dan sesering mungkin harus bapak lakuin. Ini ada video menarik yang bisa bapak tonton,

Emang gadget tuh sangat membantu kehidupan bapak sebagai orang tua, tapi ketika waktunya menghabiskan quality time bersama anak, sebaiknya bapak fokus dengan anak. Karena ikatan yang kuat dengan anak di early development stage-nya bakal membuat anak kita menjadi pribadi yang pas gedenya nanti bakal gampang buat menghadapi dunia. Jadi jangan lupa sering-sering ajak anak bapak maen cilukba ya, pak!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
49

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait