Kemenangan Oscar Piastri di GP Hungaria, Ini 7 Fakta Menarik Negara Hungaria

Bacaan 2 menit

Di GP F1 Hungaria kemarin Oscar Piastri berhasil menduduki juara 1 dengan total poin 25. Sirkuit Hongaroring benar-benar dikuasai oleh Tim McLaren. Disusul dengan Lando Norris dari tim McLaren dan Lewis Hamilton dari tim Mercedes, di posisi ke 2 dan ke 3. Hungaria merupakan deadlocked country yang menjadi penyelenggara GP F1 dengan sirkuit Hongaroring. Berikut 7 Fakta menarik mengenai negara Hungaria

1. Hungaria merupakan landlocked country

Jadi dia negara yang kaga punya wilayah yang terhubung dengan lautan. Jadi bener-bener mereka terkurung di daratan, pak. Dia cuman terhubung dengan dua jalur pengairan yaitu sungai Danube dan Tisza. Di dunia ada 44 negara yang termasuk landlocked country dan Hungaria merupakan salah satunya.

2. Ibu kota Hungaria, Budapest

Budapest yang merupakan ibu kota dari Hungaria seringkali dijadikan tujuan oleh wisatawan asing. Di budapest terkenal dengan banyak pemandian air panas. Salah satu pemandian yang paling ngetop adalah Pemandian Széchenyi.

3. Tempat lahirnya para penemu

Banyak banget inventor yang lahir di Hungaria, pak. Dari Erno Rubik, orang yang menciptakan mainan rubik. Laszlo Biro, orang yang menciptakan pulpen modern, dan Bela Barenyi, orang yang menciptakan desain dasar mobil Volkswagen Beetle pada tahun 1925. Bela Barenyi juga merupakan salah satu penemu paling produktif sepanjang sejarah dengan total 2500 paten.

Rubik lahirnya di Hungaria, pak.

4. Negara yang cocok untuk birdwatching

Hungaria merupakan salah satu negara yang sering dikunjungi untuk mengamati burung (birdwatching) negara ini merupakan rumah dari 400 jenis spesies burung. Bahkan ada tour guide khusus birdwatching yang bisa disesuaikan dengan permintaan wisatawan.

5. Negaranya Makmur

Hungaria adalah negara dengan perekonomian berpendapatan tinggi dengan layanan kesehatan universal dan pendidikan menengah yang tidak dipungut biaya. Jadi layanan kesehatan di sana sumber dananya adalah dari pajak masyarakat. Terus pendidikan sampai jenjang SMP juga gratis, pak.

6. Penduduknya sedikit

Berdasarkan sensus tahun 2021, penduduk Hungaria jumlahnya cuman sekitar 9 juta jiwa. Kalo dibandingin sama penduduk Jakarta, masih banyakan penduduk Jakarta dengan jumlah penduduk 11 juta jiwa. 

7. Kuliner khas Hungaria

Kuliner di Hungaria terdiri dari makanan tradisional seperti goulash, dia macem sup rebusan daging dan sayuran gitu, pak. Ini makanan yang paling ngetop dan menonjol dalam masakan Hungaria. Biasanya hidangan khas sono seringnya dibumbui pake paprika.

Goulash, makanan populer di Hungaria

Nah, itu dia 7 fakta menarik mengenai negara Hungaria yang menjadi penyelenggara GP F1. Walaupun negaranya kecil, tapi banyak banget hal yang bisa dinikmati sebagai wisatawan disana. Kalo bapak kira-kira punya rencana berkunjung ke Hungaria gak?

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
76

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait