Istilah-istilah Yang Ada di Brosur Rumah yang Kadang Bikin Bapak Keder

Bacaan 2 menit

Pak, pasti bapak pernah kan ya lagi nyari-nyari rumah terus dikasih atau ngambil brosur, tapi karena bapak malu atau males ditanya-tanya sama marketingnya, jadi cuman ngambil brosur ajaan. Nah, pas udah di rumah bapak baru bapak liat tuh brosur ada bahasa-bahasa, angka-angka atau singkatan yang bapak kaga ngarti jadinya bingung bacanya. Nah, ini kami mau kasih tau beberapa informasi cara baca brosur rumah biar bapak kagak keder lagi.

Singkatan-singkatan yang ada di brosur rumah

Type 36/60 : Luas Bangunan / Luas Tanah

LB/LT : Luas Bangunan / Luas Tanah

KT : Kamar Tidur

KM : Kamar Mandi

KT 2+1 : 2 Kamar Tidur + 1 Kamar ART

Nah biasanya, ada lagi yang istilah-istilah panjang yang bapak kudu pahamin juga tapi mungkin ada di brosur. Biasanya yang seringkali ada di brosur adalah

NUP (Nomor Urut Pembelian)

Bapak bisa dapet NUP dengan cara menyetor sejumlah uang yang bisa dibalikin. Nilainya sih biasanya kecil, tapi sering banget jadi iming-iming yang ditampilin pake ukuran font gede-gede di bagian brosur properti. Kaya misalnya "Bayar 1 Juta dapet rumah Rp 500 Juta".

Booking Fee

Ini bapak harus nyetor sejumlah uang untuk mengunci sebuah unit dalam batas waktu tertentu, dan biasanya sifatnya gak bisa dibalikin kalo pembatalan dari pihak yang booking, tapi kadang tergantung dari kebijakan developer juga sih, ditanya-tanya dulu sebelum ngasih DP.

BPHTB (Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan)

Salah satu jenis pajak yang bapak kudu bayar pas beli rumah ataupun properti lainnya. Besarnya BPHTB adalah 5% dari nilai transaksi, tanyain dulu biasanya ada yang free (sudah termasuk biaya DP) ada juga yang belom.

AJB (Akta Jual Beli)

Sertifikat/Akta Jual Beli ini sifatnya penting banget. Soalnya bisa jadi bukti kalo transaksi rumah yang bapak beli udah sah di mata hukum. Jadi peralihan dari pemilik sebagai penjual ke pembeli sebagai pemilik baru ada dokumen resminya yang disahin sama notaris atau pejabat pembuat akta tanah.

Plafon

Kalo pengajuan bapak disetujui di bawah maksimal KPR yang diajuin, maka bapak wajib bayar selisih dari maksimal KPR, dikurang nilai yang disetujui sama pihak perusahaan pembiayanya. 

Agunan

Pas bapak ngajuin KPR, biasanya pihak pemberi jaminan bakal minta aset berharga kayak rumah, tanah, surat berharga, dan rumah subsidi yang bapak KPR-in tersebut sebagai jaminan buat dititip ke mereka. 

Appraisal

Pas proses ini, orang bank bakal nilai pengajuan yang bapak kasih dari maksimal KPR yang udah bapak ajuin. Kemampuan bayarnya diliat dari umur, pendapatan, sama pengeluaran bapak. Jadi jangan heran pak kalo nominal yang disetujui bakal beda satu sama lainnya.

BI Checking

Bapak bakal diliat trek rekornya dalam urusan finansial atau data riwayat pinjaman di semua instansi jasa keuangan yang dipantau OJK. Ini dilakuin buat ngukur kemampuan bapak buat bayar debitur yang dari kredit yang bakal dikasih. 

Loan to Maturity / Tenor

Bapak bakal dikasih jangka waktu pelunasan cicilan yang udah ditetapin sama sistem KPR. Nah, waktunya ini disesuaiin sama kemampuan bapak, mau dalam hitungan bulan atau tahun. Aturan ini juga ditetapin sama pemerintah. Maksimalnya yaitu 20 tahun. 

Nah itu dia beberapa informasi cara baca brosur rumah biar bapak kagak keder lagi. Kami doain semoga bapak bisa cepet punya rumah sendiri. Semoga bermanfaat ya, pak!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
2

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait