Istilah-istilah Interior yang mungkin Bapak kagak tau

Bacaan 3 menit

Dalam proses membangun rumah, pasti bapak akan berurusan dengan desain interior. Meskipun desain interior telah berkembang secara signifikan selama puluhan bahkan ratusan tahun, bahasa dan istilah yang digunakan sangatlah beragam. Biar bapak gak hah hoh hah hoh pas ngomongin interior, ini beberapa istilah interior yang mungkin bapak kagak tau.

Countertop

Ini adalah permukaan meja dapur yang sering banget kontak sama istri bapak pas nyiapin bahan makanan pas mau masak. Apan bapak gapernah masak, bikin kopi doangan sama bikin dapur berantakan.

Countertop ini namanya pak, tempat istri bapak menyiapkan bahan buat masak

Backsplash

Jadi simplenya ini adalah extension dari countertop di dapur bapak. Fungsinya adalah biar cipratan air, minyak dan tumpahan pas masak kagak ngerusak dinding bapak. Terutama di belakang kompor dan wastafel.

Backsplash ini fungsinya biar cipratan air, minyak atau bekas masak kagak ngerusak tembok

Island

Kalo ini adalah countertop atau kabinet yang bisa diakses dari segala sisi. Biasanya dengan adanya Island bisa menambah workspace bapak ketika lagi beraktifitas di dapur. Disebutnya island karena dia berada di tengah-tengah dan terisolasi dengan bagian lain. Mirip-mirip pulau yang ada di tengah laut, pak.

Namanya island, karena dia merupakan bagian terpisah dari countertop

Clerestory

Jendela yang ada di langit-langit rumah dengan fungsi memberi akses buat cahaya masuk ke bagian dalam rumah bapak tanpa mengganggu privasi bapak. 

Ini nyang namanya Clerestory pak, kagak cocok buat bapak yang penakut

Pilaster

Ini adalah pilar-pilar yang fungsinya membantu menyangga dinding yang sedikit menjorok keluar atau emang buat keperluan dekorasi.

Pilaster ini kadang dipake di dalam rumah juga, buat nambah estetika

Cornice

Cetakan hias yang dipasang di sepanjang bagian atas dinding atau bangunan. Kalo pilaster tadi, itu pilarnya pak, nah kalo cornice ini bagian atasnya doang. Cornice biasanya dipake buat menambah keindahan arsitektur. Biar enak diliat mata, pak.

Kalo bapak liat di rumah orang ada, biasanya ada Cornice-nya pak

Fretwork

Ukiran-ukiran yang seringkali ada di bagian pintu rumah. Kebanyakan desain ukirannya berbentuk geometris. Bahan yang biasanya digunakan adalah kayu dan besi (metal). Biasanya fretwork ini dipake di pintu dan tangga

Ukiran-ukiran yang seringkali bapak liat di bagian pintu atau tangga, bisa dari kayu atau besi

Scullery

Ruangan kecil yang ada di bagian belakang rumah yang biasanya dipergunakan untuk dapur atau ruang cuci. Yang bisa bapak lakukan di scullery antara lain membersihkan piring dan peralatan memasak, mntriska, masak air sama ngerendam dan nyuci pakaian.

Scullery, yang biasanya dijadiin dapur atau ruang cuci (source : realtor.com)

Terrazzo

Terrazzo ini terbuat dari material komposit, yang digunakan untuk perawatan lantai dan dinding. Materialnya terdiri dari serpihan marmer, quartz, granit, kaca, atau bahan lain yang sesuai, terus dituangkan dengan bahan pengikat semen, polymer, atau kombinasi keduanya.

Selain buat lantai, biasanya terrazo juga dipasang di dinding

Anaglypta

Anaglypta adalah wallpaper timbul, pak. Jenis kertas dinding yang memiliki desain timbul permanen. BIasanya anaglypta terbuat dari kertas atau vinyl (bahan yang terbuat dari PVC). Biasanya patternya klasik atau vintage gitu, pak. 

Ini yang namanya Anaglypta, biasanya terbuat dari bahan kertas dan vinyl

Kira-kira itu pak, jadi kalo bapak mau minta sama kontraktor dibuatin salah satu yang ada di atas bapak kagak "anu loh pak, yang itu yang kek begitu". Apan bingung kontraktornya. "Pak, saya mau countertop-nya ditambahin backsplash sama buatin island ya." Bapak akan terlihat keren jadinya. Kalo ada yang mau ditambahin istilahnya, boleh banget ya pak!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 3 menit
Dilihat :
8

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait