Hewan-Hewan yang Harusnya Anak Bapak Bisa Liat Langsung Kalo Kagak Punah

Bacaan 2 menit

Pentingnya ngejaga alam biar kekayaan hayati tetep kejaga dan kagak punah tuh nyata dan berasa banget. Apalagi kalo Bapak punya anak yang demen banget sama hewan-hewan atau tumbuhan. Kalo hewan sama tumbuhannya belom punah sih masih bisa dateng ke kebun binatang atau festival-festival tanaman, tapi kalo udah punah mau gimana coba. Beberapa hewan ini udah punah tapi Bapak bisa kasih tau ke anak gimana mereka hidup di masanya.

Harimau Bali

harimau bali

Harimau Bali punya nama latin Panthera tigris balica, tapi harimau Bali ini punya nama panggilan khas daerah sana namanya Sang Mong atau biasa disebut Samong. Ciri khas yang dipunya dari harimau ini keliatan dari ukurannya yang setara sama leopard atau macan tutul. Bulu yang ada di badan harimau Bali juga lebih pendek, warna oranyenya juga lebih gelap dari harimau pada umumnya. Udah gitu loreng-loreng di badannya lebih dikit, bahkan kadang ada tutul-tutul kecil item diantara lorengnya. Makanya sering diliat kalo loreng-loreng harimau Bali ini lebih rapet. Tapi sayang banget harimau Bali ini harus punah di tahun 1930-an gegara habitatnya yang makin sempit dan perburuan liar yang gila-gilaan. Sedih banget, generasi kita dan anak-anak jadi kagak tau ada spesies harimau ini.

Harimau Tasmania

harimau tasmania

Sumber: Mangobay.co.id

Harimau Tasmania ini punya nama latin Thylacinus cynocephalus, biasa disebut harimau tas atau serigala Tasmania. Harimau ini asalnya dari Tasmania, Australia dan termasuk mamalia karnivora. Ciri khasnya ada di ekornya yang panjang dan lehernya yang kuat. Udah gitu taringnya besar juga. Harimau Tasmania ini kagak ada hubungan deket sama harimau sebenernya, cuman karena badannya yang loreng-loreng mirip harimau makanya sering disebut harimau Tasmania. Hewan ini masup ke keluarga marsupial yang ngebawa anak-anaknya di kantung yang mereka punya.

Katak Emas

katak emas

Katak emas punya nama latin Incilius Periglenes atau Bufo Periglenes yang habitatnya di hutan hujan kawasan Utara kota Monteverde. Bentuk fisiknya yang punya warna kulit oranye dan beberapa variasi yang punya bintik di badannya, bikin hewan ini cukup menarik perhatian.

Quagga

Quagga

Sumber: www.quaggaproject.org

Quagga yang punya nama latin Equus quagga quagga ini adalah subspesies zebra dataran yang jadi hewan endemiknya Afrika Selatan. Tampilannya cukup unik, soalnya loreng-loreng yang ada di badannya cuman ada setengah badan aja, sisanya dari tengah sampe belakang warna cokelat polos. Udah mirip kayak pencampuran kuda sama zebra yak.

Badak Hitam Barat

badak hitam

Sumber: Grid.ID

Walopun namanya badak hitam, warna di badannya tetap abu-abu. Yang ngebedain badak ini sama badak putih atau badak Jawa adalah bentuk bibir atasnya yang runcing. Biasa digunakan buat nangkap dan metik makanan dari pohon, semak, dan perdu. Badak hitam juga lebih senang tidur, berteduh di bawah pohon, atau berkubang di kolam lumpur kalo musim panas dateng. Soalnya badak hitam gak suka terlalu aktif pas musim-musim tersebut soalnya bikin kagak nyaman.

Masih banyak hewan-hewan lainnya yang udah punah atau bahkan hampir mendekati punah. Coba deh gimana perasaan anak kita nanti kalo di masa depannya kagak ada hewan-hewan yang bisa diliat sama mata sendiri. Ini Saya juga sedih banget ngeliat banyak hewan yang udah punah tapi belom sempet ketemu sama mereka.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
139

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait