Hal-Hal Yang Gak Bisa Adik Lakuin Buru-Buru

Bacaan 2 menit

Emang namanya manusia, kadang kita pengen mendapatkan sesuatu dengan cara yang instan. Manusiawi sih emang, cuman adik harus tau kalo ada beberapa hal yang adik kaga bisa lakuin dengan buru-buru. Ini beberapa hal yang adik kagak bisa lakuin secara buru-buru,

Ngambil Keputusan Penting

Ketika kita terburu-buru, kita cenderung mengabaikan detail penting, melewatkan konsekuensi yang mungkin terjadi, dan membuat pilihan impulsif yang mungkin kita sesali di kemudian hari.  Meluangkan waktu memungkinkan kita mengeksplorasi berbagai alternatif, mempertimbangkan pro dan kontra, dan pada akhirnya membuat keputusan yang lebih tepat. Terburu-buru mungkin akan membuat Anda menentukan pilihan pertama yang terlintas dalam pikiran. Dan juga biasanya pengambilan keputusan yang terburu-buru sering kali didorong oleh emosi seperti ketakutan, kecemasan, atau kegembiraan. Emosi ini dapat mengaburkan penilaian kita dan menghalangi kita membuat pilihan yang rasional. Fatal banget kalo salah, bakalan nyesel di akhir.

Nilai Pribadi Orang Lain

Cenayang aja bisa salah, apalagi kita, dik. Kaga usah deh nebak-nebak karakter orang dan sok-sokan paham karakter orang. Banyak banget bias yang bisa terjadi ketika adik menilai pribadi orang lain. Bisa kena confirmation bias, halo effect atau horn effect. Nih, saya kasih bocoran ya dik, first impression kita ke orang lain tuh selalu salah. Selain itu ada juga faktor emosi yang ikut berperan dalam penilaian adik mengenai pribadi orang lain. Seringkali orang menilai pribadi orang lain berdasarkan asumsi, bukan dengan informasi yang cukup. 

Percaya Sama Orang Lain

Cek dulu. Terus cek lagi. Abis itu di cek lagi. Cek, cek, cek. Jangan gampang percaya dan jangan langsung percaya sama orang lain. Kalo keburu ngasih kepercayaan ke orang lain sangat fatal dan berbahaya, dik. Orang yang jahat bisa memanfaatkan kelemahan adik dan akan memanipulasi adik. Kalo mau memberi kepercayaan kepada orang lain, adik harus tetap berhati-hati.

Kesuksesan

Kaga usah buru-buru pengen sukses karena orang lain. Yang penting jangan berenti berusaha, dik. Apan kesuksesan tiap orang beda-beda ya. Ada timelinenya masing-masing. Karena sejatinya kesuksesan itu adalah journey, dik. Kalo adik mau buru-buru sukses, dalam prosesnya adik bakalan burnout. Ujungnya jadi capek dan stress sendiri. Meluangkan waktu untuk membangun landasan yang kokoh, belajar dari pengalaman, dan menikmati prosesnya dapat menghasilkan pencapaian yang lebih berkelanjutan dan memuaskan.

 

Minum Teh Yang Panasnya Masih Ngedidih

Ini mah udah pasti lidah adik kebakar, bisa-bisa ledes tuh lidah. Udah kebayang duluan "adah-adahnya".

Lagian mau kemana sih buru-buru, dik. Daripada cilaka mending pastiin dulu yang bener. Biar gak nyesel sampe nangis-nangis darah.

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
101

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait