Hal-Hal yang Bisa Bikin Anak Kagak Nurut sama Orang Tua Bahkan Jadi Pribadi yang Kasar

Bacaan 2 menit

Anak tuh ibarat copy-paste orang tua, soalnya apa yang dipelajarin dan dijadiin kebiasaan bakal terus dilakuin. Anak juga lebih banyak nyontek dan belajar dari kebiasaan orang tua yang bikin kepribadiannya kebentuk dari sana. Hal-hal ini bisa jadi ke skip sama Ibu dan Bapak di rumah pas lagi nasehatin, bersikap, atau bertutur kata ydi depan anak.

hal yang bikin anak jadi gak nurut dan kasar

Madrasah pertama anak-anak kita pan orang tuanya, jadi apa pun yang dilakuin dan diucapin pasti bakal langsung diikutin sama anak. Coba diliat lagi dah, keseharian Bapak sama Ibu ngomong kasar juga kagak?

hal yang bikin anak jadi gak nurut dan kasar

Orang tua harusnya jadi tempat ternyaman dan teraman buat anak. Tapi ada aja orang tua yang ngerasa anak punya banyak kekurangan dibanding yang lain. Anak-anak pan sensitif bener ya Pak, Bu, makanya walopun niatnya cuma becanda kadang anak tuh ngerasa gak nyaman dan jadi gak pede kalo ngebahas kekurangannya. Apalagi kalo Ibu sama Bapak ngejelek-jelekin anak depan banyak orang, udah pasti anak jadi ngerasa gak pede.

hal yang bikin anak jadi gak nurut dan kasar

Mau itu bentuknya obsesi atau pun ambisi. Sebelum jadi orang tua, pasti kita udah punya harapan kalo punya anak nanti harus A, B, atau C, padahal hal-hal kayak begitu malah bikin anak jadi tertekan nantinya. Atau karena udah ngalamin kehidupan lebih awal, Bapak sama Ibu jadi ngerasa anak harus bisa ini dan itu, bahkan sampe maksa buat nguasain hal-hal tertentu. Bisa juga karena ambisi ngeliat anak tetangga atau temen deket yang lebih nguasain banyak hal ketimbang anak sendiri, duh jangan deh ya. Makanya perlu banget buat tau kapasitas anak segimana, biar Ibu dan Bapak bisa ngasih apa yang diperluin anak secara maksimal.

hal yang bikin anak jadi gak nurut dan kasar

Nyebarin aib anak kadang kagak sepenuhnya disadarin, bisa jadi karena keceplosan. Biasanya yang begini bakal keluar kalo lagi kumpul sama temen-temen Bapak atau Ibu. Kalo sekedar sharing buat nemuin pemecahan masalahnya sih kagak napa dibolehin, tapi kalo cerita soal aib anak dengan tujuan yang gak jelas buat apaan mending kagak usah.

hal yang bikin anak gak nurut dan kasar

Ngajarin anak rasa cinta dan menyayangi tapi pake syarat malah bikin mereka jadi lebih tertekan dan takut ngelakuin banyak hal sama orang tuanya. Soalnya ada batas-batas dan syarat yang harus dipenuhin yang bikin anak malah jadi arogan dan maunya menang sendiri.

hal yang bikin anak gak nurut dan kasar

Negur anak adalah hal yang wajar, tapi cara yang dipake juga jangan sembarangan. Apalagi harus sampe ngancem anak yang bikin anak gak nyaman dan ketakutan.

hal yang bikin anak gak nurut dan kasar

Warga, anak tuh bakal nurut kok kalo kita ngasih alesan yang jelas ke mereka. Tapi kalo kita ngelarang-larang tanpa alesan yang jelas malah bikin anak gak bisa paham sama apa yang jadi kekhawatiran kita sebagai orang tua.

hal yang bikin anak gak nurut dan kasar

Kalo anak lagi pamer apa yang dia baru bisa atau pencapaian-pencapaian kecil yang bikin anak seneng, jangan diancurin dulu ekspektasinya, Warga. Soalnya, yang kayak gitu malah bikin anak jadi kurang percaya diri dan berkecil hati.

Intinya mah prilaku, sikap, dan tutur kata yang orang tua kasih ke anak atau dilakuin sehari-hari bisa mempengaruhi karakter dan sifat anak sendiri, Warga. Jadi jangan salahin anaknya, tapi liat juga keseharian orang tuanya begimana.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
485

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait