Filosofi Produk Ala Nintendo Yang Banyak Orang Kagak Tau

Bacaan 3 menit

Di era globalisasi saat ini, banyak banget teknologi mutakhir (cutting-edge tech) yang banyak membantu dan mempermudah kehidupan kita. Walaupun begitu ada satu filosofi produk yang menurut saya keren banget, yaitu Lateral Thinking with Withered Technology oleh Gunpei Yokoi, video game designer kondang Nintendo.

Sejarah di balik popularitas Game Boy

Pak Gunpei Yokoi adalah salah satu pegawai nintendo yang udah cukup lama kerja disitu. Backgroundnya juga kagak terlalu bagus, nilainya jelek pas dia kuliah di jurusan elektronik, karena ini dia mesti kerja di pekerjaan yang low-tier. Akhirnya dia kerja di perusahaan pembuat kartu sebagai pegawai yang ngurusin maintenance mesin. Nah perusahaan kartu ini adalah Nintendo. Suatu hari, Hiroshi Yamauchi, presdir Nintendo pada saat itu, ngeliat si Gunpei lagi maen-maen sama alat perusahaan, karena dia bosen dan udah kagak ngerjain apa-apa (kerjaannya udah selesai). Si Gunpei ini bikin extendable-arm yang dinamain Ultra Hand. Ini adalah alat yang bisa bikin kita ngambil barang yang agak jauh dari jangkauan. Ketika pak presdir ngeliat alat yang dibikin Gunpei, dia langsung bilang “jadiin ini maenan dan langsung pasarin”. Dan bener aja, barangnya laku keras, pak!

ultra-hand-by-Gunpei-YokoiUltra Hand yang dibikin Pak Gunpei Yokoi (source : beforemario.com)

Akhirnya pak presdir bilang ke si Gunpei “Oke deh, kamu bakal saya tempatin di game and toy operation”. Pak Gunpei ini sadar kalo dia sebenernya kagak cocok kerja di lingkungan yang berkaitan sama teknologi yang canggih dan mutakhir. Tapi banyak banget informasi yang bisa dia dapet dari domain yang berbeda, dan bisa dia gabungin jadi satu. Ini yang bikin dia berhasil ciptain magnum opus-nya, Game Boy. Si Gunpei nyiptain filosofi yang bernama lateral thinking with withered technology. Maksudnya gini, withered technology, berarti teknologi yang orang-orang udah familiar dan ngerti banget, mudah ditemukan, dan juga murah. Lateral thinking, maksudnya ngambil dari area yang dimana semua orang udah make teknologi dan ngegabungin unsur-unsur ini dengan unsur yang lain. Karena teknologinya emang murah (withered), dan gampang banget dimengerti, programmer dari perusahaan nintendo bisa ngejual game-game mereka lebih cepet daripada competitor-nya dan Game Boy jadi konsol best-selling di abad 20. Sampai sekarang nintendo masih pake filosofi “Lateral thinking with withered technology”.

Filosofi Lateral Thinking with Withered Technology

Lateral Thinking

Sebagian besar konsep produk adalah hasil evolusi yang terjadi berulang kali. Produk yang berevolusi cenderung sedikit lebih kecil, lebih cepat, atau punya variasi warna yang berbeda dibandingkan kompetitornya. Kita bisa melihat pattern mereka, dan memprediksi beberapa taun ke depan bakal muncul produk yang sama satu generasi lagi. Contohnya, Samsung Galaxy dan iPhone, mereka selalu merilis produk yang sama dengan fitur-fitur tambahan lainnya, seiring munculnya generasi produk baru. Yang paling baru saat ini adalah Samsung Galaxy S24 dan iPhone 15, tapi udah ada berita kalo mereka bakal rilis Samsung Galaxy S25 dan iPhone 16. Sebaliknya produk lateral lebih bold dan surprising karena mereka berani melawan kategori yang generik secara ortogonal (berani ngambil berbagai pandangan dari banyak perspektif, bahkan yang mungkin kagak nyambung, biar dapet insight baru).


Contohnya adalah Ipod Shuffle, biarpun banyak analis yang memprediksi kalo Apple bakal merilis music player untuk target kelas bawah, kagak ada yang expect kalo mereka bakal ngilangin layar dan bikin device-nya kecil, seukuran bungkus permen karet. Produk lateral kagak takut dan keberatan membuang fitur dan berani ngelawan paradigma standar industri.

Lateral-ThinkingIlustrasi Lateral Thinking (source: thethinkingcanvas.com)

 

Withered : Berlimpah, Gampang Dimengerti, Murah

Pak Gunpei Yokoi percaya banget bahwa manfaat dari penggunaan cutting-edge tech kagak selalu sebanding sama effort yang dikeluarkan. Makanya dia mencoba membatasi dirinya sama teknologi yang withered. Tapi sebagai catatan, penggunaan kata 'withered' ini kagak selalu mengacu pada teknologi yang udah lama atau usang. Withered Technology ini berlimpah, gampang dimengerti, dan murah. Contohnya, baterai AA dan kaleng aluminium.

Baterai AA, walaupun udah banyak yang lebih canggih (cutting-edge tech), modelan baterai ion-lithium, si baterai AA ini masih kepake sampe sekarang. Buat kaleng alumunium juga begitu, udah ada dari tahun 1950-an dan sampe sekarang juga masih kepake buat produk macem soda.


Yang bikin filosofi ini keren adalah kagak cuman buat bisnis, tapi menyenangkan juga dalam prosesnya, pak. Karena dalam prosesnya bakal lebih banyak kreatifitas, kagak terlalu pusing pas dikerjain, dan end result-nya bakal lebih keliatan asoy, menarik perhatian, dan kemungkinan menang di pasaran jadi gede.

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 3 menit
Dilihat :
35

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait