Fenomena Jam Koma yang Bisa Adik Atasin Pake Cara Ini

Bacaan 2 menit

Akhir-akhir ini lagi rame soal istilah Jam Koma yang dipake kalangan gen z buat ngegambarin rasa lelah atau turunnya energi yang ada dalem tubuh. Biasa dirasain Adik pas jam-jam rawan kayak rasa ngantuk, badan lemes, atau berasa capek antara sore sampe malem hari. Pasti ada aja tuh sehari sekali ngalamin fenomena ini. Nah, kalo dari segi psikologis, jam koma ini disebutnya sebagai kelelahan kognitif atau cognitive fatigue.

Penyebab Jam Koma

Penyebabnya sendiri macem-macem, tapi umumnya gegara mental udah kekuras habis-habisan mau itu pas Adik kerja, belajar, atau ngerjain masalah yang rumit banget. Akibatnya, Adik bakal ngerasain susah buat terus fokus, mikir jernih, bikin keputusan bahkan yang sederhana sekalipun, dan nyelesain tugas secara efektif.

Sayang buat dilewatin: Bagaimana Membaca Buku Bisa Bantu Menghilangkan Stress?

Cara ngatasinnya

Ngurangin pekerjaan yang kompleks

Biasanya orang yang ngalamin jam koma ini terlalu banyak ngerjain kerjaan yang ngebutuhin analisa yang dalem dan jangka waktunya panjang. Bisa jadi otak ngerasa capek dan bikin energi dan mental terkuras. Makanya perlu ngurangin kerjaan yang kompleks atau kasih jeda biar kagak terus-terusan otaknya dipaksa buat mikir.

Kurangin kegiatan yang bikin overstimulasi

Lingkungan sekarang rasanya dituntut serba cepet dengan kerja multitasking, padahal fokus malah jadi kepecah gegara tugas yang beda-beda dikasih barengan. Apalagi di era digital begini, Adik pasti sering ngerasain overstimulasi kalo baca beberapa berita yang lagi rame diomongin di media sosial dalam satu hari. Nah, ini yang bisa bikin mental jadi ikut capek. Kalo udah kayak gitu mending istirahat bentaran Dik, sekedar tarik napas panjang, baca buku, atau ngelakuin kegiatan yang lebih santai. Manfaatin weekend sebaik-baiknya, Dik.

Istirahat yang cukup

Overworking kagak bakal bikin Adik jadi apa-apa, kalo kesehatan Adik kenapa-napa. Trend di kalangan anak gen z sekarang bisa kerja overworking dianggap keren dan paling pekerja keras, padahal Dik yang kayak begini kagak baik juga buat kesehatan mental Adik. Kerja keras boleh, tapi istirahat yang cukup juga perlu.

Fenomena Jam Koma yang Bisa Adik Atasin Pake Cara Ini

Coba cara ini juga: Cara Bernapas yang Benar Bisa Bantu Bapak Menghilangkan Stress dengan Cepat

Fokus sama apa yang bisa dikendaliin diri sendiri

Kebanyakan orang ngalamin stres karena terlalu mikirin hal-hal yang kagak bisa dikendaliin sama diri mereka sendiri, kayak emosi atasan ke diri kita, sikap orang lain yang kagak ngenakin ke kita, feedback yang orang lain kasih ke kita, dan hal-hal lainnya yang malah bikin stres. Padahal harusnya yang kita kasih perhatian lebih ya diri kita sendiri. Kalo atasan selalu emosi, sikap kita yang kudu nyeimbanginnya. Kalo kerjaan berasa berat banget, cari-cari lagi kerjaan yang lebih bisa dikuasai. Kalo orang laen kagak demen sama kita, ya biarin aja selama kagak ngerugiin. Mending kurangin hal yang kagak bisa kita kontrol dah Dik, daripada stres berkepanjangan.

Ambil cuti

Pake cuti Adik yang masih numpuk sampe akhir tahun itu. Walopun kerjaan Adik monoton banget dan bikin bosan, masih ada opsi buat ngambil jatah cuti Adik. Walopun cutinya seharian doang di rumah buat tidur, nonton series, atau kagak ngapa-ngapain seharian, kagak napa Dik. Ini bisa bikin pikiran Adik lebih fresh dan kali aja bisa dapet ide baru juga.

Kalo Adik gampang marah, frustasi, atau ngerasa depresi di jam-jam tertentu, bisa pake cara-cara tadi buat antisipasinya. Kali aja fenomena jam koma tersebut lagi dirasain Adik.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
5

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait