Cara Bapak Membantu Istri Bapak Menghadapi Perinatal Depression

Bacaan 4 menit

Menjadi seorang ayah adalah sebuah anugerah. Namun, peran bapak sebagai ayah tidak hanya sebatas memberikan nafkah, melainkan juga menjadi pilar kekuatan dan sandaran bagi istri, terutama saat menghadapi masa-masa sulit seperti perinatal depression. Dukungan bapak sebagai suami sangat berperan penting untuk kesembuhan istri dari perinatal depression. 

Perinatal Depression itu apa sih?

Jadi perinatal depression adalah jenis depresi yang dapat menyerang wanita selama kehamilan atau dalam tahun pertama setelah melahirkan. Mungkin bapak sudah pernah dengar post-partum depression. Sebenernya perinatal depression dan post-partum depression sama-sama mengacu ke jenis depresi yang dapat menyerang wanita selama kehamilan atau dalam tahun pertama setelah melahirkan, jadi keduanya sama. Istilah "perinatal" mencakup periode prenatal (sebelum kelahiran) dan postnatal (setelah kelahiran). Kondisi ini lebih serius daripada baby blues, yaitu perasaan sedih atau lelah yang umum dialami banyak ibu baru. Perinatal depression adalah penyakit medis yang serius, namun dapat diobati. Diperkirakan dua dari sepuluh wanita mengalami perinatal depression. Gejalanya bisa berupa kesedihan yang berkepanjangan, kehilangan minat beraktivitas, perubahan nafsu makan atau tidur, dan perasaan putus asa. Ini beda sama baby blues, biar bapak kagak bingung ini saya kasih gambaran.

Periode terjadinya Baby Blues dan Perinatal Depression. 

Tanda-tanda Istri Bapak mengalami Perinatal Depression

Berikut beberapa tanda kalo istri bapak mengalami depresi perinatal :

  • Berubahnya pola tidur istri bapak,
  • Perubahan nafsu makan pada istri bapak,
  • Seringkali merasa kelelahan,
  • Istri bapak jadi sering merasa anxiety, sedih, gampang marah, dan merasa overwhelmed,
  • Istri bapak jadi kagak bisa menikmati hal-hal yang biasanya bisa bikin istri bapak seneng dan bahagia, misalnya, istri bapak seneng banget nonton drakor, tapi ketika masa perinatal depression, istri bapak kagak bisa menikmati drakor sama sekali.
  • Mengalami kesulitan dalam mengerjakan pekerjaan sehari-hari,
  • Merasa putus asa dan tidak berdaya,
  • Jadi males dan kagak tertarik untuk bersosialisasi,
  • Muncul ketakutan bayinnya bakal terganggu.

Karena gejala-gejala ini timbul saat masa kehamilan dan setelah kelahiran, perinatal depression sering banget kagak kenotis sama bapak. Tanda-tanda dan gejala ini sangat penting biar bapak bisa mengenali kondisi yang sedang dialami istri bapak. Walaupun banyak penanganan untuk perinatal depression, treatment-nya kagak bisa mulai berjalan kalo bapak belom mengidentifikasi kondisi istri bapak. Makanya bapak punya peranan yang sangat besar ketika istri mengalami perinatal depression.

Yang bisa bapak lakukan untuk membantu istri bapak

Untuk menjaga kesehatan istri dan calon bayi bapak, jangan sampai menunggu tanda-tanda perinatal depression tadi hilang dengan sendirinya. Ini cara-cara yang bisa bapak pake untuk membantu istri bapak menghadapi perinatal depression,

Aware sama kondisi istri bapak

Berdasarkan penelitian, banyak istri yang menderita dalam diam, mengabaikan perjuangan mereka sebagai bagian normal dari kehamilan dan persalinan, dan gagal mencari perawatan. Perawatan untuk depresi selama kehamilan sangatlah penting. Untuk langkah awal, awareness bapak dan pemahaman yang lebih besar dapat memberikan hasil yang lebih baik bagi istri bapak yang sedang mengandung dan akan melahirkan dan berpengaruh besar juga ke kondisi si calon bayi.

Bapak harus supportif

Bapak harus aktif dengerin istri bapak, ketika istri bapak punya keluhan, merasa sedih, atau capek, dengerin ya pak. Abis itu bapak harus mendukung istri bapak dengan cara memvalidasi perasaan yang istri bapak rasakan. Yang paling penting juga, jangan bapak anggap remeh apalagi bapak menyalahkan apa yang lagi istri bapak lagi rasakan. 

Kurang-kurangin goler-goleran

Karena dalam masa perinatal depression ini istri bapak bakal merasa kelelahan dan mengalami kesulitan dalam pekerjaan sehari-hari. Bapak bisa ngambil semua pekerjaan yang biasanya dikerjakan istri bapak di rumah. Jangan cuman nawarin yah pak, langsung aja diambil alih pekerjaan yang sering banget istri kerjakan di rumah. Tolong banget ini mah, pak.

Menghabiskan Quality Time bersama istri

Dalam masa ini, istri bakal kesusahan menikmati hal-hal yang biasanya bikin dia seneng, pak. Jadi bapak harus bisa ngebantu istri bapak melewati perinatal depression. Bapak harus coba cari aktivitas yang bisa istri bapak dan bapak nikmati bersama. Habiskan banyak quality time bersama istri dan lakukan hal-hal yang bisa bikin istri bapak tertawa dan bahagia. Tapi jangan bapak kasih jokes bapak yang seringkali kagak lucu itu yak.

Sabar dan mengerti kondisi yang sedang dirasakan istri

Bapak harus sabar dan mengerti kalo kondisi ini bakal berakhir, inget kalo istri bapak bisa recovery dengan cepat dengan bantuan bapak dan lingkungan yang supportif. Jangan kebanyakan ngeluh ya, pak.

Bapak juga mesti diri bapak sendiri

Pastikan bapak menjaga diri bapak secara fisik dan emosional juga. Karena dalam beberapa kasus, bapak juga mempunyai kemungkinan yang tinggi untuk mengalami depresi ketika istri bapak melewati masa perinatal depression. Kalo bapak aja dalam kondisi yang tidak stabil, gimana caranya bapak bisa bantu istri bapak? 

Bila dirasa perlu, hubungi profesional

Bila memang dirasa perlu, bapak bisa ajak istri bapak ketemu sama dokter atau profesional. Tergantung dari kondisi dan kebutuhan istri bapak, orang yang lebih profesional bisa merekomendasikan satu atau kombinasi dari beberapa treatment yang tepat untuk membantu istri bapak menghadapi perinatal depression. Dengan penangan yang tepat, istri bapak bisa terbantu dan keluar dari kondisi perinatal depression. Walaupun begitu, istri bapak yang mengalami perinatal depression tetap perlu melakukan kontrol rutin ke dokter, meskipun gejalanya terasa hilang setelah pengobatan.

Ingat, bapak engga sendirian. Banyak pasangan yang berhasil mengatasi perinatal depression bersama-sama. Dengan dukungan, pengertian, dan dorongan yang tepat bapak bisa membantu istri menghadapi perinatal depression. Semoga bermanfaat ya, pak!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 4 menit
Dilihat :
220

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait