Car Branding Itu Apaan Sih? Efektif Kaga Sih Sebenernya?

Bacaan 2 menit

Sering banget pas lagi berkendara, baik itu perjalanan ke kantor atau pas bapak jalan-jalan di akhir pekan, pasti bapak pernah seenggaknya ngeliat mobil yang body-nya isinya iklan, bentuknya bisa logo, produk atau campaign. Itu namanya Car Branding, pak. Biar bapak kaga bingung, ini biar saya coba jelasin apa itu car branding? Dan seberapa efektif car branding?

Car Branding Itu Apa Sih?

Car branding adalah salah satu strategi marketing di area outdoor yang memanfaatkan mobil buat promosiin suatu produk maupun perusahaan. Car branding biasanya melibatkan penempatan merek, logo, atau campaign dari suatu brand untuk ditampilkan di body mobil operasional milik suatu bisnis. 

Tujuan dari car branding adalah buat meningkatkan sales, dan membangun brand image yang kuat dan positif di mata pelanggan. Car branding juga bisa meningkatkan customer base suatu brand karena visibilitasnya dapat tersebar dan tersampaikan dengan baik ke target market.  Kalo diliat dari fungsinya, car branding advertising juga berfungsi untuk meningkatkan awareness, membuat brand atau produk lebih mudah dikenal dan diingat oleh pelanggan. 

Car-Branding-Advertising

Macam-macam jenis Wrap Car Branding
(sumber : https://stickearn.com/product/car-advertising)

 

Seberapa Efektif Car Branding?

Beriklan di kendaraan, khususnya mobil, saat ini sering banget menjadi pilihan berbagai brand. Kaga cuman sekedar promosiin produk, tapi branding tersebut dinilai oleh sebagian marketers efektif karena lebih segmented dan bisa mendapatkan perhatian para pengguna jalan, baik itu yang sedang berkendara ataupun sedang berjalan kaki. Ya gimana kagak pak, kalo bapak pake car branding, mobilnya pasti keliatan mencolok banget di jalan, karena merek, logo atau campaign yang tertempel pada body mobil. Car branding juga udah terbukti bisa meningkatkan penjualan. Makanya banyak brand yang jadiin car branding sebagai pilihan untuk marketing di area outdoor. 


Dibandingin sama promosiin produk atau brand lewat konten media sosial yang belom tentu banyak orang lihat (karena algoritma dan lain-lain). Tapi kalo bapak make car branding, udah pasti branding atau produk bapak bakal dilihat oleh banyak orang. Jadi udah terbukti efektif dari segi biaya dan konversi ke sales.

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
134

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait