Bapak Harus Jadi Tempat yang Aman buat Istri tuh Gimana Sih Sebenernya?

Bacaan 2 menit

Bapak pasti tau kalo kewajiban laki-laki setelah menikah adalah jadi pemimpin keluarga yang selalu siap ngelindungin anak dan istri. Apalagi pas Bapak ijab kabul, seluruh tanggung jawab yang ditanggung Ayah dari istri Bapak bakal berpindah ke Bapak. Makanya ada kalimat, “Saya terima cengengnya, manjanya, marah-marahnya, cemburunya, kasih sayangnya, cintanya, suka dan dukanya” yang ngegambarin kalo ijab kabul itu ngebawa seluruh hal yang istri Bapak punya. Sosok orang tua yang selalu Istri Bapak jadikan tempat teraman, nyaman, dan tempat pulang sekarang harus digantikan oleh Bapak. Peran ini yang kadang suka ke skip, bahkan Bapak gak tau gimana harus bersikap. Padahal Istri sangat mengharapkan peran Bapak sama halnya seperti orang tua yang selalu jadi tempat teraman buat Istri.

Saat Istri melakukan kesalahan

Seperti yang Bapak tau, setiap orang punya treatment-nya masing-masing buat dikasih nasehat kalo ngelakuin suatu kesalahan. Begitu juga Istri Bapak yang harus Bapak pahamin gimana treatment yang sesuai kalo Istri ngelakuin kesalahan. Penerimaan itu bukan setiap kesalahan pasangan selalu Bapak yang terima, tapi ada kerja sama antar keduanya. Istri yang harus memperbaiki kesalahannya dan Bapak yang harus menerima kesalahan di masa lalunya tersebut, begitu juga sebaliknya. Yang kebentuk adalah istri jadi selalu terbuka sama Bapak soal apa pun yang ia lakukan, mau itu salah atau benar. Karena istri tau, kalo pun salah, Bapak akan kasih nasehat terbaik tanpa menjatuhkan dan kalo benar, Bapak akan mengapresiasi bangga.

Saat Istri merasa tidak percaya diri

Walopun Bapak gak pernah mempermasalahkan gimana bentuk badan Istri setelah hamil, muka Istri yang gak lagi kenceng kayak dulu, atau bahkan ngebandingin sama perempuan lain di luar sana, Istri Bapak tetep punya rasa gak percaya diri. Perasaan-perasaan yang mengganggu Istri tersebut udah pasti jadi bahan overthinking kalo gak ada kalimat-kalimat pujian dari mulut Bapak. Pak, kata-kata yang keluar dan diucapkan dari Bapak tuh punya pengaruh yang besar loh buat Istri. Satu kalimat pujian dari Bapak, bisa ningkatin rasa percaya diri Istri yang mulai kendur. Ketakutan-ketakutan yang Istri khawatirkan juga semakin berkurang, alhasil Bapak juga gak bakal sering ditanya-tanya lagi, “Pah, aku cantik gak sih di mata kamu?”, padahal udah pasti cantik wong Istri sendiri.

Saat Istri merasa terancam

Baik secara fisik maupun mental. Saya percaya warga-warga dimari bukan orang yang ringan tangan buat nyakitin pasangannya ataupun anak-anak, tapi gimana kalo ternyata orang lain yang justru menyakiti Istri Bapak secara mental? Contoh yang paling umum adalah di lingkungan keluarga, pasti sering banget dapet omongan kayak, “kapan punya anak?”, “hidupnya kok jalan-jalan terus?”, “anaknya kok kurus”, dan lain sebagainya. Biasanya kalimat-kalimat tadi tuh lebih sering diterima Istri ketimbang Bapak, makanya penting banget buat Bapak selalu hadir buat jadi tameng Istri jaga-jaga kalo hal itu terjadi. 

Tempat teraman yang Istri maksud adalah tempat dimana Istri Bapak bisa menjadi dirinya sendiri tanpa harus dihakimi, takut disakiti, dan bisa selalu diterima sama Bapak mau sebanyak apa pun kesalahan dan kekurangan yang Istri punya, Pak.

 

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
224

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait