Alasan Kenapa Kita Kagak Bahagia Sama Apa Yang Udah Kita Capai

Bacaan 2 menit

Kalo kita merhatiin podium biasanya, orang yang dapet medali perunggu lebih seneng dibanding orang yang dapet medali perak. Kenapa begitu?

Biasanya orang yang dapet perunggu lebih hepi dibanding orang yang dapet perak.

Karena yang juara tiga nge-embrace pencapaiannya, sementara yang dapet perak kagak, dan punya apa yang namanya Counterfactual Thinking.

Apa itu Counterfactual Thinking?

Ini adalah pikiran-pikiran yang menentang fakta yang udah terjadi. Biasanya pemikiran begini pake kata-kata “Andai aja”, “Kalo aja” dan kata-kata serupa lainnya.

Masih bingung, pak? Kita balik ke case yang podium tadi ya biar lebih mudah dimengerti.

Di podium si peraih medal perunggu atau juara 3 mikir “Seenggaknya saya dapet medali ” sedangkan si peraih medali perak (juara 2) pasti mikir “Coba gua berusaha lebih keras, pasti dapet tuh medali emas.” Nah ini counterfactual Thinking, pak.

Jenis Counterfactual Thinking

Umumnya ada 2 jenis Counterfactual Thinking,

  • Upward Counterfactual 
    Mikirin skenario yang lebih baik daripada kenyataan yang terjadi.

    Contoh : 
    “Andai aja saya lebih sabar, pasti relationship sama istri makin improve”.
    “Coba aja saya dengerin istri saya mau liburan kemana, pasti kita kagak bakal berantem".

    Kalo bapak perhatiin dua contoh di atas, ternyata counterfactual thinking juga mempengaruhi perasaan dan emosi kita. Contoh yang pertama menunjukkan motivasi, karena bapak berusaha menjadi lebih baik. Sedangkan yang kedua, menunjukkan penyesalan, karena kalo bapak dengerin mau kemana istri bapak, pasti kagak bakal berantem.

  • Downward Counterfactual
    Mikirin skenario yang lebih buruk daripada kenyataan yang terjadi.

    Contoh :

    “Coba kalo istri saya kagak support waktu saya pindah kerjaan, kagak tau dah saya harus ngapain”
    "Kalo saya dan istri kagak ngelewatin masa-masa sulit, kita mungkin jadi gak belajar untuk apresiasi satu sama lain.” Yang ini juga sama pak. Contoh yang pertama menunjukkan kelegaan (relief), sedangkan yang kedua menunjukkan rasa syukur (gratitude).

Nah, yang begini-begini sebenernya kagak bikin kita bahagia, pak. Karena bapak terlalu terpaku sama "Andai aja", "Kalo aja", dan kata-kata serupa lainnya. Sebenernya counterfactual thinking ini merupakan alat kognitif yang bisa membantu kita belajar dari pengalaman. Tapi bapak harus belajar menyeimbangkan counterfactual thinking dengan belajar positive thinking dan acceptance. Karena memikirkan skenario negatif secara berlebihan bisa berbahaya dan hal yang paling ga bisa dilawan itu kenyataan, pak. Embrace aja, beneran dah. Terima hasilnya, evaluasi, lakuin lagi yang lebih baik. Maksimalin! Semoga bermanfaat ya!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
396

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait