Adik Lagi Ngerasa Stres dan Anxiety? Coba Dengerin Lagu Ini, dik!

Bacaan 2 menit

Jadi ini ada satu lagu yang katanya bisa ngurangin anxiety sebesar 65%. Judulnya Weightless oleh Marconi Union. Lagunya emang didesain untuk ngurangin stress, nurunin tekanan darah, nurunin detak jantung, dan nurunin level hormon kortisol. Kalo hormon kortisol kita ketinggian bisa bikin depresi dan cemas. 

Jadi lagu ini merupakan kolaborasi antara ilmuwan dan grup musik yang bekerja sama dengan terapis suara dari British Academy of Sound Therapy, mereka menciptakan sebuah lagu yang udah terbukti secara ilmiah bisa ngurangin stres dan anxiety. Jadi band ini, bener-bener ngulik banget sains ketika ngaransemen lagu Weightless. Mereka bener-bener mengaransemen lagu ini secara berhati-hati biar bisa bikin rileks yang banget-bangetan. Bahkan lagu Weightless yang dibuat oleh Marconi Union ini digadang-gadang sebagai “World’s most relaxed song”.

Kok bisa bikin rileks?

Karena komposisi lagunya bener-bener dibuat serius dan based on science. Jadi lagunya mulai dari 60 BPM, di BPM ini merupakan rata-rata detak jantung orang dewasa, semakin lama dia BPMnya akan turun ke 50 BPM, piilihan yang disengaja untuk mengarahkan detak jantung pendengar ke keadaan yang lebih lambat dan lebih lembut. Secara komposisi juga, lagu ini menggunakan teknik yang disebut “entrainment”. Nah, band Marco Union ini make Brainwave entrainment, ini adalah proses menyelaraskan frekuensi gelombang otak dengan stimulus eksternal tertentu, seperti musik atau cahaya. 

Penyelarasan frekuensi ini, bersamaan dengan tempo, membuat detak jantung agar selaras dengan musik, sehingga bikin kita merasa tenang. Struktur frekuensi rendah, tempo yang lambat, dan suara lembut di musik ini bener-bener menenangkan. Kombinasi suara piano, gitar, dan beberapa suara dijadikan satu untuk menciptakan melodi yang halus. Beberapa peneliti percaya bahwa menggunakan konsep-konsep ini dengan sangat berhati-hati akan mengaktifkan sistem rewarding otak, melepaskan dopamin dan juga menimbulkan sense of well-being. Coba dengerin deh, dik.

 

Weightless oleh Marconi Union

Neuroscientist sampe wanti-wanti agar jangan dengerin lagu ini sembari nyetir. Karena bikin rileks banget-bangetan. Awal dengerin ini lagu juga perasaan saya kagak keruan bener. Tapi lama-lama emang tenang sih. Gak tau cuman sugesti aja apa nggak. Kalo adik sendiri gimana perasaannya abis dengerin ni lagu? 

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
342

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait