5 Tempat di Dunia Yang Penduduknya Sehat-Sehat dan Umurnya Panjang

Bacaan 3 menit

Blue Zone adalah daerah-daerah di dunia yang di mana masyarakatnya secara konsisten lebih sehat dan umurnya lebih panjang dibandingkan rata-rata populasi di dunia. Daerah-daerah ini telah dipelajari secara ekstensif sama peneliti buat nyari tau rahasia kenapa mereka bisa tetap sehat dan berumur panjang. Dan Buettner, penulis The Blue Zones dan The Blue Zones Solution, akhirnya berhasil tau kenapa penduduk-penduduk di daerah Blue Zone bisa punya umur yang panjang dan gimana caranya meniru kebiasaan mereka biar kita bisa hidup lebih lama. Setiap daerah juga punya keunikannya masing-masing, berikut 5 tempat di dunia yang orangnya sehat-sehat dan berumur panjang.

Nuoro, Sardinia, Italia

Sebuah penelitian tahun 1999 terhadap lansia yang tinggal di Sardinia, Italia menemukan prevalensi 13 orang yang usianya 100 tahun per 100.000 penduduk, hal ini menunjukkan umur panjang yang tidak biasa. Penelitian lanjutan pada tahun 2004 menunjukkan bahwa umur panjang ini ngumpul di satu titik di provinsi Nuoro di Sardinia, khususnya di daerah pegunungan dimana laki-laki lokal hidupnya lebih lama dibandingkan dengan penduduk di wilayah Sardinia lainnya. Pola makan penduduk daerah ini yang sebagian besarnya plant-based (biji-bijian, kacang-kacangan, dan susu domba) ditambah aktivitas fisik sehari-hari, dan kedekatan mereka dengan keluarga dan kerabat menjadikan Blue Zone ini sebagai zona dengan konsentrasi pria berusia 100 tahun tertinggi di dunia. Notabene laki-laki di sana adalah penggembala domba, yang udah terbiasa berjalan seenggaknya 8km sehari, dan laki-laki yang mempunyai anak perempuan, mereka akan mendapatkan perhatian khusus seiring bertambahnya umur mereka (dirawat sama anak perempuannya). 

Sardinia-ItalySardinia, Italia (source : winalist.com)

 

Okinawa, Jepang

Banyak zona biru yang mempunyai kesamaan dalam karakteristiknya, yaitu menekankan keluarga dan komunitas, tapi bonding yang paling mantap ada di daerah Okinawa. Penduduk daerah ini disupport dengan Moai (模合, Mo-ai), kelompok social support yang dibentuk untuk memberikan berbagai dukungan kepentingan sosial, keuangan, kesehatan, dan spiritual. Moai berarti "meeting with common purpose". Menurut penelitian, Moai ini dianggap sebagai salah satu faktor utama yang menentukan umur panjang penduduk di daerah Okinawa, sehingga menjadikan wilayah ini sebagai salah satu tempat dengan konsentrasi centenarian (orang yang umurnya sampe 100 tahun) tertinggi di dunia.

Okinawa-JepangOkinawa, Jepang (source : nippon.com)

 

Semenanjung Nicoya, Kosta Rika

Sebagian besar penduduk Blue Zone menghindari makanan olahan, tapi penduduk Nicoya nge-set standar mereka ke level yang lebih tinggi. Masyarakat Kosta Rika mendapatkan sebagian besar asupan kalori mereka dari kacang-kacangan, labu dan jagung, ditambah buah-buahan tropis yang tumbuh di daerah mereka. Pola makan nabati dan penuh akan nutrisi, ditambah dengan aktifitas fisik yang dilakukan di outdoor membuat tubuh mereka menjadi kuat dan ternutrisi dengan baik. Penduduk Nicoya juga punya panduan hidup dengan jargon Plan de Vida, alias “ketika bangun pagi tuh saya tau harus ngapain.” Mirip sama "start with why"-nya Pak Simon Sinek, minimal ketika bangun tidur tuh kita udah tau harus ngapain. Hal ini membantu kebutuhan mental dan spiritual penduduk Nicoya tetap terpenuhi sampe usia 90 tahun ke atas.

Nicoya-PeninsulaSemenanjung Nicoya, Kosta Rika (source : number8.com)

 

Loma Linda, California, Amerika Serikat

Nggak semua daerah bagian amerika penduduknya kagak sehat hidupnya, pak. Emang banyak yang hidupnya menggunakan obat-obatan, ngerokok, makan junk food. Tapi ternyata ada satu daerah di California yang termasuk Blue Zone, yaitu daerah Loma Linda. Daerah ini mempunyai komunitas Advent yang mempunyai gaya hidup sehat. Banyak penduduk daerah ini yang menghindari jenis daging dan pola makannya berbasis tumbuh-tumbuhan, biji-bijian dan kacang-kacangan. Daerah ini juga punya peraturan yang ketat mengenai penjualan alkohol dan melarang merokok di tempat umum. Hasilnya? Banyak penduduk Loma Linda yang umurnya lebih dari 100 tahun.

LomaLinda-California-USALoma Linda, California (source: wikipedia)

 

Republik Ikaria, Yunani

Pulau yang berada di selatan Yunani ini penduduknya mempunyai rasa kebangaan yang besar dengan tempat tinggal mereka. Jadinya antara satu penduduk dengan penduduk lainnya ikatannya sangat dekat. Penduduk Ikaria juga punya kebiasaan tidur larut malam, tapi diimbangin sama tidur siang tiap harinya. Mereka juga menerapkan pola makan Mediteranian, pola diet yang tetap membolehkan konsumsi sumber protein dan lemak, tapi dalam jumlah yang sedikit. Para ahli seringkali bilang kalo diet sehat dan gaya hidup yang aktif merupakan kunci dari umur yang panjang. Para profesional di dunia medis dan antropolog yang bekerja untuk proyek Blue Zone juga mencatat pentingnya bonding dengan keluarga dan keterlibatan dalam komunitas secara dekat. 1 dari 3 penduduk Ikaria hidup hingga berusia 90-an, dan banyak dari mereka yang bebas dari penyakit kronis dan demensia.

Pulau-Ikaria-Yunani
Republik Ikaria, Yunani (source : wikipedia)

Dari sini kita bisa tarik kesimpulan, sebenernya dengan ngejaga pola makan, melakukan aktifitas fisik yang cukup dan tetap memenuhi kebutuhan sosial, bisa bikin umur kita lebih panjang. Tapi perlu diingat, banyak faktor lain yang mungkin kagak keliput dalam penelitian ini. Misalnya jumlah penduduk, faktor lingkungan, ekonomi dan lain-lainnya. 

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 3 menit
Dilihat :
51

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait