5 Manfaat yang Anak Rasakan Saat Bapak Meluangkan Waktu buat Mereka

Bacaan 3 menit

Umumnya peran Ibu di keluarga udah kayak poros kehidupan yang bener-bener lekat, mau itu ke suami atau ke anak-anaknya. Jadi gak heran kalo di sekolah banyak banget Ibu-Ibu yang nungguin anaknya ketimbang Bapak-Bapak. Bapak mungkin minta dimaklum karena kondisi yang harus kerja tiap hari, jadi kagak bisa nemenin anak setiap saat, tapi Bapak juga perlu tau kalo kehadiran Bapak ditiap waktu-waktu anak berarti banget buat mereka.

Anak ngerasa deket sama Bapak

manfaat-anak-saat-bapak-meluangkan-waktu-jadi-deket

Banyak orang yang bertanya-tanya, gimana caranya biar sosok Bapak bisa deket sama anak-anaknya. Padahal kuncinya sederhana banget Pak, luangin waktu buat mereka. Bahkan kalo Bapak kagak bisa selalu ada buat anak, coba buat ngusahain hadir di waktu-waktu penting yang mereka lewatin, misalnya Bapak selalu hadir ditiap kelulusan anak, ambil cuti buat ngerayain ulang tahunnya, atau nyempetin kasih hadiah buat anak pas mereka dapet nilai bagus.

Bisa dicoba Pak: Ini Cara Agar Bapak Bisa Tenang Saat Pulang Kerja Tapi Rumah Berantakan, Istri Cemberut, dan Anak Rewel

Anak selalu inget Bapak karena tiap momen penting Bapak selalu ada

manfaat-anak-saat-bapak-meluangkan-waktu-anak-inget-bapak

Sesibuk-sibuknya Bapak di kantor, jangan pernah lepas tangan buat nyerahin semua urusan anak ke istri Pak, apalagi kalo Bapak sampe gak mau tau anak gimana di rumah atau sekolahnya. Ngerti bener kalo kesibukan Bapak adalah bentuk kerja keras dan rasa sayang buat anak, biar dia bisa sekolah tinggi dan hidup nyaman, tapi Pak yang namanya moment tuh kagak bisa diulang lagi. Kerja keras dan kesuksesan yang Bapak capai gak bakal anak tanyain atau bikin mereka seneng kalo Bapak sendiri gak punya waktu di momen-momen penting anak. Memori yang anak bakal terima adalah Bapak gak pernah peduli dan gak pernah ada buat mereka, makanya kehadiran Bapak juga penting banget buat anak.

Anak semakin yakin kalo Bapak beneran cinta dan sayang

manfaat-anak-saat-bapak-meluangkan-waktu-bapak-cinta-anak

Kehadiran Bapak di setiap waktu anak jadi bukti buat mereka kalo Bapak beneran sayang dan cinta bukan dari omongan aja. Bapak juga harus tau kalo anak lebih bisa ngerekam memorinya dengan tindakan langsung dari orang tuanya ketimbang omongan doang. Dengan Bapak kasih dukungan yang beneran ada bentukannya, bikin anak ngerasa lebih bahagia dengan cinta dan kasih sayang yang bapak kasih, punya harga diri yang tinggi karena gak langsung percaya sama omongan manis doang, dan lebih percaya diri. Kalo Bapak pernah denger cerita soal anak yang di hari kelulusannya orang tua dia gak ada yang dateng, Bapak pasti gak mau ngelewatin momen-momen penting anak. Soalnya anak jadi keliatan lebih murung, sedih, dan gak percaya diri apalagi pas ngeliat temen-temennya dateng bareng kedua orang tuanya.

Anak jadi punya empati yang tinggi

manfaat-anak-saat-bapak-meluangkan-waktu-empati-tinggi

Perhatian dan dukungan yang Bapak kasih ke anak juga jadi peran penting buat ngebentuk karakter anak yang punya empati tinggi dan kemampuan bersosialisasi yang baik. Kok bisa ya Pak seberpengaruh itu? Bisa, soalnya bagi anak bapak, Bapak adalah panutan yang jadi contoh nyata buat anak ngelakuin hal-hal positif yang udah Bapak kasih ke mereka dan dipraktekin ke lingkungan sekitar, mau itu ke temen-temen di sekolahnya, lingkungan rumah, atau bahkan ke orang yang baru mereka temui.

Coba baca ini juga dah Pak: Cara Membangun Rasa Empati pada Anak Berdasarkan Usianya

Anak jadi punya pandangan yang luas

manfaat-anak-saat-bapak-meluangkan-waktu-pandangan-luas

Kehadiran orang tua di hidup anak tuh bukan cuman harus salah satu doangan yang dominan. Soalnya Pak, dalam tumbuh kembang anak pasti ngebutuhin dua pandangan beda dari orang tuanya. Dua perspektif berbeda ini yang bikin anak nantinya lebih terbuka dengan pendapat orang lain yang beda-beda. Jadi anak nanti kagak keras kepala sama pendapat dia doangan, Pak. Perspektif yang Bapak dan Istri kasih ke anak nanti juga bakal dikembangin sama anak di otaknya, barulah nanti karakter dan sifat anak kebentuk.

Kali aja Bapak butuh: Strategi buat Ngejawabin Anak Bapak yang Banyak Nanya

Bapak pasti mau pan punya anak yang sehat secara fisik dan psikis. Makanya Bapak juga harus mau buat maksimalin waktu buat mereka juga.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 3 menit
Dilihat :
276

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait