5 Cara Istri biar Gak Burnout dari Urusan Rumah yang Bisa Bapak Support

Bacaan 3 menit

Burnout tuh bisa dialamin sama siapa aja kagak cuman Bapak yang kerja bolak-balik kantor doangan, tapi istri di rumah juga bisa ngalamin. Kalo masih belom tau burnout itu apaan, burnout adalah kondisi dimana fisik, mental, sama emosional seseorang lagi gak baik-baik aja alias sakit, biasanya karena kecapean. Terus gimana cara nyembuhinnya? Banyak cara Pak, biasanya beda orang beda juga cara ngatasinnya. Tapi kalo buat istri Bapak, biasanya mereka punya top 5 cara biar burnout yang dialamin bisa ilang, Bapak bisa support nih.

Makan makanan enak

burnout-makanan-manis

Emang tiap hari makanan yang dibikin kagak enak? Bukan begitu Pak, maksudnya makan makanan enak ini yang emang istri demen banget tapi secara harga gak layak buat dikonsumsi tiap hari alias mahal. Tapi bukan harus mahal juga Pak, yang penting pas istri makan itu makanan, bisa bikin istri bahagia sambil joget-joget pas ngunyahnya. Emang bisa ngilangin burnout? Jawabannya bisa Pak, soalnya nutrisi yang ada di dalem makanan tersebut emang bisa ningkatin produksi serotin sama dopamin. Serotonin ini yang bisa ngatur suasana hati dan ningkatin kualitas tidur, sedangkan dopamin sendiri buat ningkatin motivasi, perhatian, dan penghargaan emosional. Jadi emang pengaruhnya gede juga buat ngilangin burnout gegara kegiatan sehari-hari.

Coba baca ini juga: Makanan-makanan Yang Bisa Mengurangi Stres Yang Keknya Bapak Belon Tau

Mempercantik diri

burnout-treatment-wajah

Pada dasarnya cewe tuh emang demen sama yang indah-indah, apalagi kalo ngeliat diri sendiri cakep enak diliat. Makanya, banyak juga Ibu-Ibu yang milih buat mempercantik diri buat ngilangin burnout yang dialamin. Jadi bukan karena mau cantik buat orang laen ya Pak, istri Bapak tuh emang demen pas ngaca ngeliat diri mereka cakep, Bapak juga pasti seneng juga pan kalo istri makin cakep. Mempercantik diri ini juga bisa macem-macem, mau itu ke salon, ke klinik, make up sendiri di rumah, atau shopping baju baru ke mall. Kagak perlu sering-sering tapi coba buat kasih waktu yang cukup biar istri gak burnout ngurusin rumah dan keperluan anggota keluarga lainnya.

Nonton

burnout-nonton-film-drakor

Sekarang pan lebih gampang ya kalo mau nonton, udah bukan cuma ke bioskop doangan, tapi banyak juga aplikasi streaming yang bisa langganan per bulan. Nah, kegiatan nonton ini paling sering dilakuin istri kalo lagi punya waktu luang karena lebih mudah dan gak ganggu kegiatannya yang laen. Bapak tinggal support dengan langganan aplikasi streaming-nya aja biar istri punya hiburan tanpa harus keluar rumah. Palingan juga sebulan kisaran 65 ribu sampe 100 ribuan Pak, Bapak juga bisa ikutan nonton kalo ada rekomendasi seru dari istri.

Nulis jurnal

burnout-nulis-jurnal-journaling

Nulis jurnal juga jadi salah satu pilihan, kalo dulu ada buku diary, nah sekarang ada jurnal yang isinya lebih detail. Bisa nulis kegiatan dari bangun tidur sampe tidur lagi, hal-hal yang mau dilakuin di hari itu, kesulitan apa yang lagi hadepin, dan lain sebagainya. Nulis jurnal sendiri juga punya banyak manfaatnya terutama buat ngatasin rasa cemas dan burnout yang bisa ganggu kegiatan sehari-hari. Tapi emang gak semua Ibu-Ibu mau buat nulis jurnal ini, biasanya mereka yang emang demen baca dan nulis yang mau nulis jurnal sisanya nyari kegiatan yang lebih mudah dilakuin. Gak kenapa-napa, pan beda orang beda cara ngatasinnya.

Baca buku juga bisa ilangin burnout: Bagaimana Membaca Buku Bisa Bantu Menghilangkan Stress?

Quality time bareng Bapak

burnout-quality-time-pillowtalk

Pelepas penat yang paling paling paling bikin istri senengnya bukan main adalah quality time bareng Bapak sebagai suaminya. Apalagi buat orang tua baru yang di awal-awal udah babak belur banget, tiap hari begadang ngurusin anak, 24 jam non stop gak ada istirahat, pokoknya kagak bisa santai dikit dah. Nah, di waktu-waktu ini cukup penting buat nyisipin quality time berdua karena dua-duanya pasti sama-sama capek. Bentuk quality time-nya juga bisa macem-macem, dari mulai ngobrol berdua, pergi keluar kayak pas pacaran dulu, sampe staycation. Tapi tetep liat situasi dan kondisi dulu ya Pak, kira-kira udah kondusif dan memungkinkan belom buat Bapak dan istri pergi liburan.

Burnout tuh manusiawi kok, mau Bapak atau istri berhak buat ngilangin penat biar keadaan tetep kondusif. Tinggal gimana cara ngatur waktu dan kompromi dari keduanya aja, makanya komunikasi tetep berperan penting di sini.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 3 menit
Dilihat :
102

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait