5 Bagian yang Sering Kelewat Diperiksa Sebelum Beli Mobil Bekas

Bacaan 2 menit

Pilihan mobil bekas atau second hand selalu menarik kalo Bapak emang lagi butuh banget mobil tapi dengan budget yang gak begitu gede. Atau Bapak kepengen banget sama itu mobil tapi kayaknya mending beli yang second aja daripada beli baru yang harganya kagak masup di kantong. Nah, sebelum bawa pulang mobil bekas yang Bapak pilih, 5 bagian ini wajib Bapak periksa.

Seatbelt dan pintu penumpang

seatbelt date

Foto seatbelt date: Dubbed

passanger door date

Foto passanger door: Rennlist

Pas Bapak ngecek bagian mobil, di bagian bawah seatbelt biasanya ada tanggal produksi yang biasa ditulis di sana. Perhatiin tanggal, bulan, sama tahun produksinya terus cocokin sama tanggal produksi yang ada di papan nama kendaraan di deket pintu mobil, kalo dua tanggal di seatbelt dan pintu kagak sama, artinya airbag yang ada di mobil udah pernah keluar, bisa jadi seatbelt udah pernah diganti karena kecelakaan besar.

Sekalian buat Bapak baca: Tips Memilih Mobil Bekas Sebagai Mobil Pertama Bapak

Cek juga bagian steering column-nya

steering column

Foto: Hyundai Worldwide

Di bagian bawah setir mobil ada bagian steering column atau yang sering dikenal dengan as setir yang bisa dicek apakah ada banyak bekas karat di atasnya. Kalo iya, berarti mobilnya pernah kerendem banjir, jangan dibeli, Pak. Soalnya, as setir ini pan permukaannya licin dan mengilap, nah kalo terkena air pasti bakalan muncul bercak dan nimbulin masalah pada mobilnya. Kalo pas Bapak cek itu mobil karatnya udah bener-bener parah banget, lama-lama bakalan mengeras dan bikin komponen power steering yang lain jadi terkikis.

Cek bagian pintu mobil

baut di pintu mobil

Foto: google.com

Perhatiin bagian engsel antara pintu dan body mobil. Di sana harusnya ada dua karet penyumbat di pilar pintunya. Bapak bisa cabut bagian karetnya, terus liat ada kagak baut di dalem bagian tersebut. Pastiin kalo bautnya bener-bener lengkap. Takutnya kagak lengkap gegara udah diambil atau udah diganti, bisa jadi karena kecelakaan yang besar.

Cek tutup oli mesin di mobil

tutup oli mesin mobil

Foto: GridOto.com

Kalo bagian ini pasti udah banyak yang ngecek. Sebagai pengingat lagi nih Pak, kalo Bapak kudu juga periksa apakah di bagian belakang tutup oli mesin tersebut banyak lumpur hitam yang nempel. Kalo iya berarti mesin mobil tersebut kagak bener-bener dirawat dengan baik. Bahaya Pak, bisa-bisa komponen lain juga bermasalah. Niat beli mobil bekas biar hemat, eh malah jadi boncos.

Pak, Tau Maksudnya Peremajaan Mobil Gak?

Cek bagian Bull Head mobil

bull head mobil

Foto: google.com

Pastiin juga bagian bull head-nya simetris, kalo udah simetris ketuk bagian ujung bagian bull head. Nah, kalo pas diketuk suaranya kosong bisa jadi dempulnya tebel akibat perbaikan. Hati-hati, Pak, bisa jadi itu mobil bekas kecelakaan besar di bagian depannya.

Lima bagian mobil tadi jarang banget keperiksa pas mau beli mobil bekas, padahal sama pentingnya kayak ngecek komponen-komponen lain. Selain mobil bekas yang nanti Bapak beli bakal lebih awet dan tahan lama, kualitas komponen mobil tersebut juga harus masih terjaga.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
345

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait