5 Alasan Kenapa Bapak Susah Banget Punya Duit Lebih

Bacaan 3 menit

Bapak pernah atau bahkan sering ngerasa gak kalo abis gajian, uangnya tuh rasanya cuman lewat doang? Dulu saya pernah, pak. Lucunya lagi, dulu waktu pendapatan saya gak gede-gede amat, saya masih bisa nabung. Tapi pas gaji saya naik, saya malah kagak bisa nabung. Saya mau ceritain pengalaman saya kenapa susah banget punya duit lebih.

Pendahuluan 

Dulu gaji saya awal-awal bekerja adalah 1.700.000 (2006) tapi saya bisa menyisihkan uang sebesar 800.000 setiap bulannya. Beberapa tahun kemudian gaji saya naik jadi 6.500.000 (2008). Anehnya, saya kagak bisa nabung dan kagak punya uang lebih. Apa yang terjadi? Kenapa saya boncos? Saya akan berbagi pengalaman saya dan kenapa dulu saya susah banget punya duit lebih.

Kagak punya tujuan

Lebih tepatnya, muda dan bodoh. Dulu saya gak punya rencana pendek maupun panjang. Kalau punya tujuan pasti kita akan menyisihkan pendapatan kita di awal, bukan di akhir. Intinya mah, susah kalo gak punya habit menabung. Makanya harus dibiasain dari sekarang, pak. Sekarang saya bisa sisihkan 60% pendapatan saya di awal. 60% pendapatan ini saya bagi lagi jadi beberapa pos-pos penting, kek rumah, pendidikan anak, membangun bisnis, dan lain-lain yang sudah saya tetapkan jadi tujuan.

Bapak masih susah buat ngebangun habit menabung? baca ini dulu, pak! : Cara gampang untuk menabung, ikut program nabung harian Bapak2ID aja pak!

Abuse Kartu Kredit

Udah kagak punya duit lebih, terus ngutang sampe limit pakek kartu kredit. Mantap. Gimana kagak boncos. Udah gitu saya sering banget beli barang yang sifatnya konsumtif. Sekarang saya masih pakai kartu kredit, tapi lebih tricky karena dipake untuk ngejar poin (abis gesek, langsung dibayar. Menghindari utang.) dan pake yang limitnya paling tinggi, jadi pas ke bandara bisa makan gratis di lounge.

Gegayaan

Kalo emang kagak ada budgetnya, jangan kebanyakan gaya. Dulu saya beli barang untuk impress orang lain. Beli motor gede yang harganya mahal, beli gadget yang bisa dibilang mahal juga. Hasilnya? Boncos. Pengen keliatan "kaya" tapi aslinya mah kagak. Terus orang yang pengen kita impress kagak ngewaro. Combo banget failnya. Kalo sekarang, tiap kali saya mau beli barang yang harganya Rp 500.000 ke atas, harus saya pikirin minimal 1 minggu. Biar saya punya waktu untuk berpikir dengan jernih. Emang bener butuh itu barang atau cuman karena pengen aja. Setahun terakhir, saya cuman beli barang gak lebih dari 8, 3 buat hobi, 5 buat menunjang pekerjaan. Baju gak lebih dari 10, celana cuman ada 5. Saran saya, kalo mau bergaya, bergayalah sesuai budget.

Tidak berinvestasi

Dulu boro-boro investasi ke pasar modal, investasi ke pengembangan diri aja kagak. Udah boncos terus bodo. Mantap. Sekarang saya investasi ke diri saya sendiri. Seperti subscribe workshop-workshop online, beli buku, beli E-book, beli apps-apps yang menunjang pengembangan diri dan investasi waktu juga untuk belajar, karena saya tau, saya bodohnya minta ampun. Alhamdulillah, dengan ilmu-ilmu baru yang didapat, banyak sampingan yang bisa saya kerjakan, terus uangnya saya masukin ke investasi saham.

Manajemen Keuangan yang buruk

Dulu saya pakai metode manajemen laci, dimana semua uang saya ada di satu rekening. Mau jajan, ambil dari situ, mau bayar cicilan motor, ambil dari situ, dan bayar lain-lainnya. Sampe akhirnya, "Loh kok tinggal 53 rebu? Mana gajian masih 3 hari lagi". ahahak memori sekali. Kalo sekarang udah dipisahin, mana tabungan, mana konsumsi, mana buat seneng-seneng, mana buat pendidikan anak, dan lain-lain. Dengan adanya pemisahan rekening, kita gampang sekali menahan diri. "Oh, duit jajan saya udah abis". Jadi gak pake pos-pos yang lain.

Nah, itu pengalaman saya, dan kenapa saya dulu susah banget dapet duit lebih. Namanya juga hidup ya, banyak sekali inginnya. Tapi ya gitu, pak. Mesti ada strateginya. Kalo kagak, ya boncos. Semoga bermangfaat yak!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 3 menit
Dilihat :
231

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait