3 Rahasia Nasi Goreng Enak Ala Chef, Bisa Bapak Praktekin di Rumah

Bacaan 1 menit

Seperti yang bapak tau kalau nasi goreng itu pernah dinobatkan sebagai makan terenak nomer 2 di dunia setelah rendang di posisi nomer 1 (sumber : CNN Travel, 2017). Ngomongin nasi goreng, kami dikasih tau nih cara membuat nasi goreng kayak yang suka dibikin chef-chef. Narasumber kami adalah seorang kepala jurutama masak (chef de cuisine) di salah satu perusahaan besar Hospitaliy asal Hong Kong. Jadi informasinya udah pasti legit. Jadi ada beberapa rahasia untuk membuat nasi goreng ala chef, berikut caranya

Rahasia Pertama : Nasi

Jadi, untuk membuat nasi goreng yang lezat, dibutuhkan beras yang dimasak seperti biasa namun ada penambahan beberapa sendok minyak sayur. Kenapa minyak? Karena minyak berfungsi untuk membuat tekstur nasi lebih kering dan tidak saling menempel. Dan juga mempermudah proses pengadukan nasi dengan bumbu.

Rahasia Kedua : Bumbu

Proses pembuatan bumbu juga penting. Rebus bahan-bahan seperti tomat, cabai merah besar, cabai rawit, bawang merah dan bawang putih sampe layu. Lalu ulek sampai halus kemudian ditumis dengan minyak panas dan tambahkan terasi. Jangan lupa terasinya dibakar dulu, supaya lebih harum. Fungsi dari menumis bumbu adalah untuk menguatkan rasa dan menghilangkan bau langu atau mentah. Bikin sekalian banyak, pak. Terus taro kulkas, jadi kalo mau buat nasi goreng lagi, kagak repot lagi.

Rahasia Ketiga : Seasoning

Rahasia terakhir sekaligus pelengkap untuk menyempurnakan nasi goreng ala chef adalah campuran antara kecap manis, kecap ikan dan saus tiram dengan perbandingan 2:1:1.

Begitulah caranya pak bikin nasi goreng enak ala chef. Ternyata itu rahasianya. Bapak bisa coba dan mengaplikasikan tips ini di rumah. 

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 1 menit
Dilihat :
474

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait