13 Tempat Wisata Terdekat Sekitar JABODETABEK yang Ramah Anak

Bacaan 4 menit

Udah masuk musim liburan, orang tua pasti bingung mau ajak anak-anak liburan kemana yang jaraknya gak jauh tapi juga ramah anak alias aman kalau anak berkunjung ke tempat tersebut. Ada beberapa rekomendasi tempat wisata terdekat sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi yang bisa dikunjungi nih.

Tempat wisata di Bogor

Kuntum Farmfield

tempat-wisata-terdekat-bogor-kuntum-farmfield

Terletak di Jl. Raya Tajur, Sindangsari, Kota Bogor, tempat wisata ini menyuguhkan beragam aktivitas yang bisa dilakukan anak-anak seperti memberi makan ternak, menunggang kuda, sampai bercocok tanam. Selain itu juga Kuntum Farmfield ini punya banyak koleksi tanaman yang bisa dibawa pulang, seperti tanaman hias, bunga, sampai tanaman buah. Tiket masuknya sendiri mulai dari Rp70.000,- per orang, buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore.

Cimory Dairyland Farm Theme Park, Puncak 

tempat-wisata-terdekat-bogor-jakarta-cimory-diaryland-farm

Siapa yang gak kenal sama tempat wisata terkenal di Puncak, Bogor satu ini. Tempat wisata ini nawarin aktivitas seru yang bisa anak-anak lakuin nih, dari mulai animal feeding, horse riding, interaksi di Pony Land, dan cobain spot-spot tempat dan permainan yang ada di sini. Harga tiket masuk ke Dairyland Farm Theme Park ini juga mulai dari Rp55.000,- per orang, tapi harus reservasi dulu h-1 sebelum kedatangan biar gak keabisan tiket.

Coba cek rekomendasi ini juga: Wisata-Wisata Alam yang Gak Jauh dari Jakarta buat Liburan Bareng Keluarga

Camp Hulu Cai 

tempat-wisata-terdekat-bogor-camp-hulu-cai

Selain bisa buat aktivitas orang dewasa, tempat wisata Camp Hulu Cai ini juga menyediakan berbagai program buat anak-anak. Aktivitas buat anak-anaknya sendiri beragam, dari mulai mini rafting, menanam pohon, memanah, hingga melukis. Udah pasti anak senang dan punya pengalaman pas pulang ke rumah.

Kebun Raya Bogor 

tempat-wisata-terdekat-bogor-jakarta-kebun-raya-bogor

Pasti udah gak asing sama tempat wisata satu ini ya. Soalnya Kebun Raya Bogor udah jadi langganan pengunjung yang datang ke Bogor, rasanya kurang afdol kalau ke Bogor belum pernah ke tempat ini. Biasanya pengunjung yang datang bakal piknik di sekitar area Kebun Raya, main sepeda, sepatu roda, skuter, main bola, dan aktivitas lainnya yang masih terbilang aman buat anak-anak. Tenang aja gak usah takut padet karena banyaknya pengunjung, soalnya Kebun Raya Bogor ini luas banget dan banyak area terbukanya. Keren dah kalo bisa keliling area ini seluruhnya dalam satu hari.

Jakarta

Tebet Eco Park 

tempat-wisata-terdekat-di-jakarta-tebet-eco-park

Di tengah padetnya Kota jakarta juga ada Tebet Eco Park yang jadi penyejuk sekaligus tempat mampir yang asik buat sekedar jalan-jalan sore doang nih. Apalagi fasilitasnya sendiri ramah anak banget, anak-anak bisa piknik di Community Lawn, main di playground, main panjat tebing, atau mau sekedar lari-lari di sekitar taman juga bisa.

Taman Legenda Keong Mas 

tempat-wisata-terdekat-di-jakarta-taman-legenda-keong-mas

Terletak di Jalan Raya TMII, Jakarta Timur, tempat wisata ini bisa dijadiin pilihan buat berlibur anak-anak. Soalnya fasilitasnya sendiri beragam, ada Zona Budaya, Zona Edukasi, Zona Museum, Zona Karnaval, sampai Zona Dinosaurus yang bisa dikunjungi anak. Taman Legenda Keong Mas ini cocok dikunjungi buat keluarga yang gak mau liburan jauh-jauh.

Kampung Main Cipulir 

tempat-wisata-terdekat-di-jakarta-kampung-main-cipulir

Tempat wisata ini punya kolam renang, area outbound, wahana air, area menunggangi kuda, ATV, dan wahana permainan lainnya yang bisa dinikmati anak-anak. Karena area bermainnya yang luas dan banyak variasi, anak-anak pasti gak akan bosen buat diajak liburan ke sini.

Bekasi

Rainbow Alamanda 

tempat-wisata-terdekat-di-bekasi-rainbow-alamanda

Tempat wisata di Bekasi ini jadi salah satu tempat rekreasi yang bisa dipilih pas anak-anak lagi libur. Dari fasilitasnya sendiri, Rainbow Alamanda ini punya wahana permainan yang beragam jadi anak-anak bisa betah bermain, ada juga danau buatan yang jadi tempat healing warga Bekasi lainnya, juga banyaknya ornamen yang bisa dijadikan spot foto menarik. Suasana malam harinya juga gak kalah bagus, soalnya banyak lampu warna warni yang menghiasi kawasan tempat wisata tersebut.

Susy Garden 

tempat-wisata-terdekat-di-bekasi-susy-garden

Susy Garden ini sebenernya adalah kafe yang punya konsep garden and plans. pas masuk pasti bakal ngerti kenapa konsep kafe ini adalah garden and plans soalnya bener-bener area outdoor kafenya dikelilingi sama taneman. Selain itu juga pengunjung yang dateng bisa melihat banyak binatang yang sengaja dipamerkan sebagai bahan edukasi, jadi anak-anak bisa mengenal banyak tanaman dan hewan sekaligus, orang tuanya juga bisa sambil santai ngopi di kafenya.

Tangerang

Scientia Square Park 

tempat-wisata-terdekat-di-tangerang-scientia-square

Salah satu tempat wisata yang wajib bener didatangi adalah Scientia Square Park ini, soalnya dari fasilitas dan aktivitas yang bisa dilakuin anak-anak di sana udah lengkap ada semua. Mau berkuda bisa, kasih makan hewan-hewan yang ada di sana juga bisa, main sepatu roda, panjat tebing, bertani, sampe berenang juga bisa. Jadi kalau mau ke satu tempat yang lengkap semuanya ada, tempat wisata ini bisa jadi pilihan.

World of Wonders Citra Raya 

tempat-wisata-terdekat-di-tangerang-world-of-wonders

Tempat wisata ini mirip sama Dufan. World of Wonders di Citra Raya ini juga punya berbagai macam wahana yang bisa dinaiki pengunjungnya. Selain itu, anak-anak juga bisa berenang karena disediakan kolam renang buat anak-anak. Ada playground-nya juga, jadi anak gak bakal gampang bosen berkunjung ke sini.

Bisa dicoba juga nih: Trik yang Bisa Dipake buat Ngehemat Uang pas Wisata ke Jepang

Depok

D'Kandang Sawangan 

tempat-wisata-terdekat-di-depok-dkandang-sawangan

D'Kandang ini cukup menarik perhatian pas peresmiannya beberapa tahun lalu. Karena jarang banget ada tempat wisata yang ramah anak seperti D'Kandang yang punya aktivitas seru buat anak-anak, seperti interaksi dengan hewan, berkuda, dan kegiatan outdoor lainnya yang bisa anak-anak coba.

Taman Herbal Insani 

tempat-wisata-terdekat-di-depok-taman-herbal-insani

Konsep dari Taman Herbal Insani ini memang untuk belajar pengenalan tanaman dengan dibarengi kegiatan praktek sambil rekreasi di alam terbuka. Tapi bukan berarti anak-anak cuma bisa belajar doang, di Taman Herbal Insani ini juga tetap disediakan arena permainan dari tradisional seperti bakiak, egrang, sampai memanah.

Setiap kota punya tempat wisatanya masing-masing dengan ragam kegiatan yang difasilitasi. Tinggal gimana orang tua aja buat pilih mana yang mau dikunjungi.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 4 menit
Dilihat :
114

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait