12 Kebiasaan Toxic Yang Secara Kagak Sadar Bisa Ngancurin Hidup Adik

Bacaan 5 menit

Kebiasaan toxic adalah perilaku atau pola respons terhadap beragam rangsangan yang ada, baik dari lingkungan internal maupun eksternal, yang kebanyakan sifatnya self-sabotage. Kayak kebiasaan lainnya, kebiasaan ini sering kali udah tertanam dalam kepribadian kita sehingga keliatan kagak bisa diubah. Tapi berita bagusnya, ini bisa diubah, dik. Selama adik tau akar masalahnya, akan lebih mudah menyelesaikan masalahnya. Kebiasaan toxic yang secara kagak sadar bisa ngancurin hidup adik di antaranya adalah,

Nunda-nunda

Ketika Adik kagak langsung mulai ngerjain pekerjaan yang urgent, Adik bakal kehilangan fokus dan secara gak sadar juga menundanya secara tidak sadar. Menurut Dr. Piers Steel, beliau adalah ahli dalam bidang motivasi dan prokrastinasi, kata Pak Piers, 95% dari kita menunda-nunda sampai derajat tertentu. Tapi bukan berarti adik bisa tetap tenang mengetahui banyak orang kek adek, malah adik harusnya sedih karena hal itu bisa menghambat adik dalam melakukan banyak hal.

Ngebiasain Dateng Telat

Memang dalam beberapa case adik pasti pernah datang terlambat. Cuman yang kek begini ga boleh dibiasain, dik. Kalo adik sering dan menjadikan datang terlambat kebiasaan, pengaruhnya bakal buruk banget. Ga cuman ke diri adik sendiri, tapi ke orang lain juga. Seringkali dateng telat mencerminkan sikap Adik terhadap pekerjaan adik. Jadinya adik keliatan kagak semangat, kagak terorganisir dan kagak profesional ketika berurusan sama orang lain. Ini juga bisa ngasih kesan yang negatif tentang diri Adik.

Iri Sama Orang Laen

Iri sama orang lain ini asal mulanya dari rendahnya rasa percaya diri dan kurangnya perasaan puas terhadap diri sendiri. Kebiasaan buruk ini harus adik buang jauh-jauh karena bikin adik buang-buang waktu dan tenaga, karena bikin adik terlalu fokus sama orang lain. Adik juga bakal kehilangan fokus untuk self-improvement.

Negative Self-Talk

Pikiran negatif dan perkataan negatif ke diri sendiri cuman bakal berdampak negatif pada hidup Adik. Melansir Psychology Today, jika kita memindai otak seseorang yang dikasih liat kata 'tidak' di layar selama kurang dari satu detik, banyak hormon dan neurotransmiter penghasil stres yang dilepaskan. Kalo paparan rangsangan negatif selama kurang dari satu detik aja bisa berdampak kek gitu ke adik, bayangin dampak terus-menerus dari kata-kata negatif yang adik omongin ke diri sendiri bakal kayak gimana dampaknya pada pikiran dan tubuh adik.

Negative self-talk kayak "Aduh saya gak bisa inimah". “Saya kagak mampu.” “Keknya gak bakal bisa ngelakuinnya.” Hal kek gini cuman bikin adik dalam pola pikir negatif dan menghalangi progress adik buat berkembang jadi versi terbaik Adik. Sebisa mungkin hindarin kata-kata seperti “tidak bisa, tidak pernah, tidak” dan frasa negatif lainnya dari pikiran adik dan coba ganti kata-kata tersebut dengan positive self-talk seperti  “Saya bisa”, “Gini doang mah saya mampu” dan lain-lain. Percaya dah, dik. Bakal kerasa banget bedanya.

Keburu-buru ambil Keputusan

Ini juga salah satu kebiasaan buruk yang harus adik hindarin, adik gaboleh langsung menarik kesimpulan dari sesuatu hal yang terjadi. Diproses dulu, ditelaah baik-baik, baru setelah itu adik bisa ambil keputusan. Kalo keburu-buru narik kesimpulan, bisa berujung ngambil kesimpulan yang bias dan salah. Adik bisa aja salah mengenai niat, kepribadian sama ekspresi seseorang kalo mengambil keputusan dengan terburu-buru mengenai si orang itu. Akhirnya jadi timbul kesalahpahaman.

Kesimpulan yang cepet dan mudah diambil, biasanya diambil berdasarkan kurangnya informasi dan landasan logika yang lemah. Adik harus bisa menganalisis dan mengamati setiap situasi dengan logis melalui point of view yang lebih luas, dan lakukan dengan tidak terburu-buru. baru deh dari situ tarik kesimpulan.

Bandingin Diri Sendiri Sama Orang Lain

Tiap orang itu punya tingkat pertumbuhannya masing-masing, dik. Kalo suka bandingin diri sendiri sama orang lain, malah bikin adik jadi punya toxic competitive mindset dan ini malah bikin adik semakin sengsara. Jadi toxic competitiveness itu adalah kompetisi yang bikin orang selalu ngebandingin diri mereka sama orang lain biar dapet approval dari orang lain. Coba pikirin ini dah dik: Adik punya kehidupan sendiri, impian sendiri, rencana sendiri, dan pencapaian adik juga bener-bener jauh berbeda dari impian, rencana, dan pencapaian orang lain. Terus buat apa ngebandingin kehidupan adik sama kehidupan orang lain?

Daripada ngebandingin hidup adik sama orang lain, fokus aja sama tujuan adik dan mulai memperbaiki diri adik sedikit demi sedikit. Kalo bingung mau mulai darimana, baca buku Atomic Habits aja. Percaya dah dik, adik bakal mulai menjalani kehidupan yang adik impikan tanpa perlu mengkhawatirkan betapa sukses, bahagia, dan kaya-nya orang lain.

Ngebiasain Boong

Kita semua pasti pernah bohong. Kadang bohongnya kaga masuk akal, dilakukan secara spontan, dan kalo sering banget dilakuin bakal jadi kebiasaan. Orang yang suka bohong itu gak mau bertanggung jawab atas tindakannya sehingga menimbulkan citra negatif tentang dirinya. Berbohong bisa menjadi kebiasaan buruk karena bisa membantu kita ngedapetin kendali sementara atas situasi yang sedang terjadi.

Kalo orang tau kalo adik sering bat bohong, besar kemungkinannya adik bakal kehilangan teman dan orang yang kenal adik. Karena adik jadinya gak bisa dipercaya. 

Nunggu Momen Yang Tepat

Kaga ada yang namanya waktu yang tepat, dik. Menunggu momen yang tepat cuman menunda perjalanan adik menuju kesuksesan. Kaga usah kebanyakan mikir, dik. Langsung aja dikerjain. Sekarang.

Kaga ngeset batasan personal

Ini juga kebiasaan buruk yang harus adik buang. Kaga ngasih batasan personal yang jelas bisa bikin hidup adik amsyong. Adik kan kadang kalo udah asik ngobrol sama temen bisa jadi bercandanya keliwatan nih, atau temen adik yang bercandanya keliwatan. Nah, adik bisa ngasih batasan yang jelas dan non-negotiable. Contoh : “saya kaga mau dibikin pressure atau kaga nyaman sama informasi pribadi / perasaan yang saya kagak nyaman ngomonginnya.”

Menetapkan batasan personal berarti ngasih tau batasan perilaku orang lain ke adik yang bisa bantu adik menentukan tindakan mana yang bisa diterima dan mana yang gak bisa diterima. Menetapkan dan mengelola batasan personal adalah salah satu bentuk self-care yang harus dilakukan setiap orang. Belajar bilang ‘engga’, tidak mentolerir kebohongan, menjauhi orang-orang toxic adalah beberapa contoh yang bisa dan sebaiknya adik lakukan. 

Hidup di Masa Lalu

Secara tidak disadari ini adalah kebiasaan yang buruk, dik. Masa lalu itu kaga bisa diubah. Yang bisa adik lakukan dengan masa lalu adik adalah belajar dari masa lalu. Kehilangan pekerjaan, bisnis yang gagal, pisah ama cem-ceman, kematian kerabat dan orang terdekat, bisa menimbulkan rasa sedih dan duka yang mendalam. Gak jarang juga kejadian kayak gini berdampak dan membekas banget dalam hidup adik.

Bukan berarti saya nyuruh adik buat mengabaikan rasa sakit dan perasaan negatif yang adik alami di masa lalu. Saya cuman minta biar adik belajar dari kejadian di masa lalu dan kagak terus-terusan terpaku sama kejadian tersebut. Emang butuh waktu berhari-hari, berbulan-bulan, atau bertahun-tahun biar adik bisa menerima masa lalu. Kagak usah buru-buru, dik.

Kaga Jaga Kesehatan

Hidup di era kesibukan yang malas, sering banget adik kagak peduli sama kesehatan fisik dan mental adik sendiri. Mulai dari telat makan atau makan kebanyakan, kagak pernah olahraga, selalu minum yang manis-manis, dan lain-lainnya. Ini semua bisa membahayakan kesehatan adik. Belum lagi begadang, stress dan overwork. Bahaya banget itu, dik. Kalo kelamaan adik diemin dan adik kagak pernah berubah, kesehatan yang kagak terurus bisa bikin adik harus membayar mahal ke depannya. Seperti kata pepatah dik, sehat itu mahal harganya.

Nyalahin Orang Lain atau Keadaan

Ketika adik nyalahin orang lain atau keadaan, mungkin itu merupakan bentuk mekanisme pertahanan yang bertujuan untuk melindungi diri adik sendiri dari situasi yang tidak nyaman. Menyalahkan orang lain juga adalah cara untuk menghindari dan menyangkal perasaan yang adik lagi rasain. Mungkin adik kagak sadar, tapi menyalahkan adalah hal yang adik lakukan biar bisa lepas dari perasaan dan situasi yang adik kagak pengen rasain. Sebisa mungkin buang jauh-jauh dah kebiasaan buruk ini. Karena bakal ngehambat pengembangan diri adik.

Ketika adik bisa menghindari dan membuang jauh-jauh kebiasaan toxic ini, hidup adik akan menjadi lebih baik dan akan lebih mudah menghadapi dunia.

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 5 menit
Dilihat :
49

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait