10 Rekomendasi Oleh-Oleh dari Luar Kota Yang Pantes dan Aman Buat Bapak Bagi-Bagi ke Kerabat

Bacaan 4 menit

Bapak lagi pulang kampung atau lagi dinas ke kota lain? Terus bapak bingung mau bawain keluarga atau kerabat bapak oleh-oleh apa? Tenang pak, ini saya bakal ngasih 10 rekomendasi oleh-oleh dari luar kota yang pantes dan aman buat bapak bagi-bagi ke kerabat.

1. Pisang Goreng Madu Bu Nanik (Jakarta)

Pisang goreng satu ini udah legend banget, berawal dari catering, bu Nanik akhirnya memutuskan untuk fokus jualan pisang goreng madu. Pada tahun 2015 bu Nanik membuka toko pertamanya di Tanjung Duren, Jakarta Barat. Sampai sekarang, ini jadi jajanan paporip warga Jakarta. Walaupun pisang goreng ini keliatan kek gosong dan agak greasy, pas bapak makan, beuh rasanya manis kayak madu. Kalo lagi di Jakarta bapak bingung mau bawain oleh-oleh apa buat kerabat, Pisang Goreng Madu Bu Nanik ini bisa bapak jadikan pilihan. Selain pisang goreng madu, gorengan lain kek nanas goreng madu, nangka goreng madu hingga ote-ote juga dijual disini. Untuk ketahanannya dia bisa tahan 2 hari di suhu ruang, kalo di kulkas bisa 3-4 hari. 

 

2. Roti Unyil Venus (Bogor)

Toko Roti Unyil asal Bogor ini udah berdiri sejak tahun 1992. Roti yang diproduksi udah pasti fresh, karena diproduksi di hari yang sama tanpa menggunakan bahan pengawet. Seperti namannya, Unyil, roti ini berukuran kecil dan bisa bapak nikmatin dalam sekali lahap. 1 box roti unyil ini berisi 10 roti dengan berbagai macam varian rasa seperti, pisang coklat, talas, smoke beef, coklat keju, nanas, mocca, pisang keju, sosis, sosis keju, dan lain-lain. Selain roti unyil, disini juga tersedia donat, kue pia, roti tawar, roti keset dan roti bunga.

sumber : venusbakery.co.id

 

3. Prima Rasa Bakery (Bandung)

Prima Rasa udah terkenal banget sebagai oleh-oleh makanan Khas Bandung yang dicari banyak orang. Banyak aneka jajanan disini, mulai dari kue kering, kue basah, jajanan dan berbagai macem makanan lainnya. Bolen pisang dan Brownies bakar almond-nya the best pak! Ada pisang sale juga, yang merupakan salah satu oleh-oleh khas Jawa Barat. Saran saya kalo mau kesini jangan dateng kemaleman, ntar browniesnya keburu abis.

 

4. Bolu Meranti (Medan)

Ini udah jadi mandatory kalo bapak dateng ke Medan. Bolu Meranti ini punya tekstur yang lembut dan fresh. Pas masuk mulut, sopan banget, pak. Aroma cakenyaj uga lembut banget. Soal rasa gaperlu diragukan lagi, udah jagoan dah pokoknya. Dia ada after-taste creamy, karena pemakaian butter dan margarin yang dominan, tapi tetep diimbangi sama bahan berkualitas tinggi. Produknya udah pasti fresh karena dia gak jual produk kemaren, pak. Setiap hari produk baru keluar tiap jam 8 pagi dari dapur produksi. Untuk varian rasa ada Bolu Gulung Standar Keju, Bolu Gulung Spesial Double Chocolate, Bolu Gulung Topping Coklat Rasa Keju, dan lain-lain. Tersedia juga varian kue lain kek lapis legit, bika Ambon, Pancake Duren, Bolu, Mini Cake dan lain-lain. Produk roll cake bisa bertahan dua hari di suhu ruang, tapi pas hari ketiga musti disimpan di kulkas, biar rasanya tetap nikmat.

sumber : bolumeranti.co.id

 

5. Malang Strudel (Malang)

Sesuai tagline mereka “Belum ke Malang kalo belum ke Malang Strudel”. Terinspirasi dari Strudel yang merupakan makanan pastry berisi berbagai macam isian buah yang berasal dari Austria. Pak Teuku Wisnu terinspirasi untuk membuat strudel dengan isian Apel Malang, karena memang Malang terkenal sebagai kota penghasil Apel berkualitas. Kalo mau oleh-oleh yang Malang banget, bapak bisa bawain kerabat bapak Malang Strudel Apel. Tapi tenang pak, varian rasa strudel dimari banyak banget, mulai dari Chocolate, Strawberry, Mixfruit, Choco banana, Keju dan lain-lain. Paporip saya sih Choco Banana, pisang candi khas Malang ketemu coklat, gak ada lawan rasanya, pak.

sumber : malangstrudel.com

 

6. Lapis Bogor Sangkuriang (Bogor)

Oleh-oleh andalan dari Bogor lagi nih, pak. Mulut belum ngeganyem lapis bogor tuh rasanya kaga afdhol aja gitu, pak. Emang udah wajib banget ini mah. Apalagi dimakan waktu lagi ngaso, liat ujan, dingin, terus ditemenin ama kopi. Udah kaga ada yang ngalahin ini mah, pak.

 

7. Bakpia Kencana (Yogyakarta)

Kalo ke Jogjakarta pasti Bakpia adalah salah satu makanan yang terlintas di kepala bapak. Walaupun origin-nya berasal dari China, tapi makanan ini berhasil dimodifikasi sama orang Indonesia sehingga menjadi makanan lokal yang bisa diterima masyarakat. Salah satu bakpia yang enak dan udah pasti semua orang suka adalah Bakpia Kencana. Bakpia ini punya karakteristik kulit yang tipis dengan isian yang lembut banget, pas bapak makan teksturnya pas di mulut dan rasa manisnya pas, kagak bikin eneg kalo makan banyak. Buat varian rasanya ada Kacang Ijo, Coklat, Keju, Susu, Kumbu Hitam dan Ubi Ungu.



8. Bolu Kukus Singosari (Malang)

Satu lagi dari kota Apel nih, pak. Tepatnya di daerah Singosari, yaitu Bolu Kukus Singosari. Rasa yang ditawarkan juga beragam, ada Telo Ungu, cokelat, susu, apel malang, telo madu, pandan ketan, blackforest, chocoberry. Kalo bapak mau coba yang unik plus menarik, bapak musti coba Bolu Bakpao Singosari. Bolu, tapi bentuknya bulet-bulet mirip kek perut offside bapak. Isian coklatnya melimpah terus warnanya ungu soalnya dibikin dari telo (ubi) ungu yang bener-bener ngegambarin “Cita Rasa Khas Malang”. Rasa bolunya fluffy dan lembut betul macem sajadah baru.

 

9. Pie Susu Asli Enaaak (Bali)

Ini udah wajib banget buat bapak beli pas ke Bali, Pie Susu Asli Enaaak, iya a-nya ada tiga pak, karena emang seenak itu. Pie Susu ini mirip egg tart cuman lebih tipis, rasa manisnya pas, dan pas dikunyah lembut di mulut, pak. Produknya juga fresh karena kagak pake pengawet. Untuk varian rasanya ada original, coklat dan keju. Buat catatan, biasanya rasa coklat dan keju bapak mesti PO dulu, karena emang dia laku banget. Biar pas dateng kesini, bapak kagak keburu kehabisan dua varian rasa tersebut.

sumber : piesusuaslienaaak.co.id

 

10. Pempek Candy (Palembang)

Kalo bapak lagi berkunjung ke Palembang, udah pasti harus nyobain makanan khasnya yaitu Pempek. Tapi ada satu Pempek yang menurut saya jagoan banget, namanya Pempek Candy. Soal rasa udah kagak perlu diragukan lagi, Pempek Candy ini udah Top Tier. Rasa Ikan tenggirinya berasa banget dan kualitasnya juga mantap. Cukonya juga lejat sekali, ga cuman cocok buat makan pempeknya, tapi bisa buat makan kerupuk atau tambahan lainnya yang tersedia di Pempek Candy.  Buat oleh-oleh dia ada dua jenis paket, paket kecil dan paket besar. Isi paketnya merupakan kombinasi dari jenis pempek seperti Adaan / Bulat, Lenjer Potong, dan Telur. Bapak bisa pilih paketan yang udah disediain sama Pempek Candy. 

sumber : pempekcandyofficial.com

Sekarang bapak kagak perlu bingung mau bawain oleh-oleh apa buat kerabat, kalo ada rekomendasi lain boleh banget ditambahin, pak!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 4 menit
Dilihat :
263

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait