10 Pertanyaan Anak yang Mungkin Ditanya ke Bapak Tapi Gak Tau Jawabannya

Bacaan 3 menit

Pernah gak ngerasa takut sama pertanyaan-pertanyaan yang anak Bapak tanyain? Bukan karena apa-apa, masalahnya adalah takut kagak bisa dijawab pas anak Bapak tiba-tiba nanya hal tersebut. 10 pertanyaan ini mungkin bakal ditanya sama anak Bapak, coba dibaca Pak biar bisa jawab kalau beneran ditanyain.

Kenapa sih, pup cicak ada putih-putihnya?

Jadi gini dek, cicak itu kan reptil ya dek ya, makanya perutnya beda sama kita. Pas cicak lagi pup, dia itu ngeluarin garem tapi bukan garem buat masak loh ya, beda. Kalau garem yang ini mah gak asin rasanya. Nah, bagian putihnya itu garemnya dek, isinya amonia. Makanya pup cicak bau banget, gara-gara bagian putihnya itu.

Kenapa burung bisa terbang yah?

Burung bisa terbang soalnya punya sayap dek, "Ayam juga punya sayap, tapi gak bisa terbang yah?" Beda dong dek, sayap ayam mah kecil, kalau burung kan lebih gede. Jadinya pas sayap burung mengepak bisa ngedorong angin di bawahnya. Badan burung juga lebih enteng, makanya burung bisa terbang dek.

Mungkin Bapak butuh ini: Strategi buat Ngejawabin Anak Bapak yang Banyak Nanya

Gimana caranya ada pelangi yah?

Pelangi itu muncul biasanya pas abis hujan, soalnya pelangi itu sebenernya dari sinar matahari. Sinar mataharinya nembus butiran air hujan, terus terpecah warnanya jadi warna-warni. Nah, makanya bisa adek liat jadi pelangi.

Ayah, kenapa sih kelelawar tidurnya kebalik?

Kelelawar kan bobonya di alam liar dan pas terang, jadi banyak banget binatang lain yang mau mangsa. Kelelawar tidur kebalik biar gampang kabur kalau ada yang mau makan dia. Jadi kalau ada bahaya tinggal dilepasin aja kakinya yang nyantol. Langsung terjun, terus terbang deh.

Ayah, kok bisa ada petir sih?

Petir itu bisa ada karena ada awan dek. Awan itu kan bergerak ya dek, soalnya kena angin. Nah, makin lama muatan, awan itu bakal jadi makin negatif atau positif. Kalau udah gak muat, muatan positif atau negatif di awan bakalan di buang dek. Nah, pas ngebangun muatan ke bumi, bakal jadi petir yang biasa adek takutin.

Bisa dicoba nih: Tanyakan Pertanyaan Ini ke Anak Laki-Laki Bapak biar Makin Deket

Kenapa air laut asin?

Air laut itu ada garamnya dek, iya garam yang biasa ada di dapur Mama. Garam ini tadinya dibawa air hujan yang turun kena batu-batuan, batu-batu ini kan ada bibit-bibit buat bikin garamnya dek, jadi pas air hujan ngalir di sungai terus berakhir di laut bakal jadi garam. Air yang nyampe laut bakal berubah jadi uap karena panas matahari, tapi garam sama mineralnya tetep ada di laut, makanya air laut jadi asin.

Kenapa ikan gak cebok?

Adek liat kan kalau sirip ikan yang jadi tangan sama kakinya buat berenang gak sampe belakang badannya? Nah, ini juga yang bikin ikan gak bisa cebok. Selain itu dek, ikan cuma punya memori 3 detik doang, cebok belom selesai ikannya udah lupa duluan baru beres pupup. Makanya ikan gak pernah kepikiran buat cebok.

Kenapa angin gak keliatan?

Angin itu punya partikel zat yang berjauhan, kalo adek nanya partikel itu apa, partikel ini kayak benda tapi kecil banget ukurannya sampe gak bisa diliat langsung sama mata adek. Nah, partikel dalam bentuk gas ini yang ada di angin dan jumlahnya sedikit banget jadi pas diliat sama mata kita, jadinya sedikit juga alias gak keliatan. Makanya, adek dan kita semua gak bisa ngeliat angin sama sekali.

AC kan pakai listrik jadi dingin, kenapa setrika jadi panas?

Adek kalau liat AC pasti di bagian luarnya ada benda kotak gede kan? Nah, di dalem benda kotak ini ada yang namanya kompresor, tugasnya buat bikin udara panas dari luar berubah jadi dingin pas masuk ke dalem ruangan. Makanya AC rasanya dingin walaupun sama-sama pake listrik kayak setrika.

Baca mumpung lewat Pak: Pertanyaan-Pertanyaan yang Bisa Bikin Bapak Lebih Dekat dengan Anak Perempuan

Kok bulan gak jatuh? Kan gak ada gantungannya?

Coba liat tempelan magnet yang ada di pintu kulkas, gak jatoh kan dek? Nah, tempelan kulkas itu gak akan jatoh karena ada magnetnya yang nempel ke kulkas walaupun gak digantung. Bulan sama bumi juga sama dek punya magnet, namanya gravitasi. Gravitasi ini yang bikin bulan sama bumi saling tarik-tarikan kayak pas main tarik tambang. Kalau orang main tarik tambang dengan tenaga yang sama pasti bakal di tempat yang sama kan dek? Bulan juga sama, dia bakal tetep di tempatnya gak bakal jatoh walaupun gak ada gantungannya.

Sebisa mungkin pertanyaan anak emang harus dijawab-jawabin dengan jawaban yang mudah dicerna anak seusianya. Kalau anak banyak nanya juga artinya otak mereka berjalan buat berpikir, jadi sebagai orang tua juga sebisa mungkin harus jawab ya. Kalau sama-sama gak tau, coba ajakin anak juga buat cari jawabannya di internet.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 3 menit
Dilihat :
150

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait